19:00 . Lini Depan Kurang Tajam, Pelatih Persibo Terus Berburu Striker   |   18:00 . 352.567 Rokok Ilegal Dimushakan   |   17:00 . DPMD Pastikan Seluruh Desa Sudah Terima Dana Oprasional Pilkades   |   16:00 . Persiapkan Kondisi Fisik, Tim Futsal Porprov Bojonegoro Check Up Kesehatan   |   15:00 . Tingginya Pengangguran Pencaker Kurang Manfaatkan Media Informasi   |   14:00 . Kurangi Penggangguran Pasca Kelulusan Sekolah, UPT BLK Gelar Job Market Fair 2019   |   13:00 . PU Fraksi DPRD Dijawab Pemkab   |   12:00 . Sejarah Pilkades dari Masa ke Masa   |   11:00 . Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan 352.567 Batang Rokok   |   10:00 . Suporter Persibo Sambut Mantan Pemain Persipura di Juanda Surabaya   |   09:00 . Festival Tari Thengul Internasional, ini Rangkaian Acaranya...   |   08:00 . Juli, di Bojonegoro ada Acara Berskala Internasional   |   07:00 . 8 Cara Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan untuk Anak   |   06:00 . Terima Kasih atas Dukungannya   |   23:00 . Intip Personil blokMedia Group   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 07 September 2018 11:00

Pengembangan Wisata di Bojonegoro Butuh Dukungan Masyarakat

Pengembangan Wisata di Bojonegoro Butuh Dukungan Masyarakat

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro mempunyai sumberdaya alam yang melimpah. Selain sebagai sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia, Kabupaten yang memiliki luas 2.384,02 km persegi ini, ternyata juga mempunyai sebuah potensi yang bisa menjadi kekuatan ekonomi baru Kota Ledre, yaitu melalui sektor pariwisata.

Bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bojonegoro dari sektor pariwisata pada 2017 mencapai 1 miliar. Pendapatan tersebut jauh melampau target yang telah ditentukan sebelumnya, dari Rp350 juta sampai Rp400 juta pada tahun 2016 dan menjadi PAD yang paling tinggi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sendiri, sedang gencar-gencarnya menggalakan pariwisata sebagai aset modal pendapatan daerah, dimana tanpa dukungan masyarakat rencana tersebut tidak akan terwujud. Selain sebagai aset modal daerah, pariwisata juga sebagai cara meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat Kota Ledre.

"Kita membutuhkan dukungan dari banyak elemen, baik masyarakat, pengelola maupun pemerintah juga," terang Plt Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Muhammad Ridwan.

Sebagai upaya untuk peningkatan wisatawan, Disbudpar selalu meningkatkan pembangunan fasilitas di obyek wisata untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi wisatawan yang mengunjungi obyek-obyek wisata di daerah, khususnya wisata yang dikelola oleh Pemkab. Selain pembangunan fasilitas wisata, Sumber Daya Manusia (SDM) di obyek wisata juga ditingkatkan melalui pelatihan agar menjadi pelayan wisata yang baik.

"Kalau peningkatan SDM kita melakukan pelatihan kepada pekerjanya, agar mereka bisa membuat pengunjung lebih nyaman dan menimbulkan sebuah kesan kepada wisatawan agar mau kembali berkunjung lagi," ujar Ridwan.

Ridwan juga mengungkapkan berbagai kendala yang dialami oleh Disbudpar dalam memajukan wisata di Bojonegoro, salah satu terletak pada masyarakat Bojonegoro sendiri, yang dirasa tidak terlalu percaya diri dengan wisata yang dimiliki Bojonegoro. Sehingga, banyak masyarakat Bojonegoro yang lebih suka berwisata di luar Bojonegoro.

"Padahal jika masyarakat Bojonegoro sendiri berlibur di lokal, bisa membantu perputaran ekonomi di daerah tersebut, khususnya yang dikelola oleh Pokdarwis. Serta berwisata itu tidak harus mengeluarkan banyak uang, melainkan bisa menyenangkan," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : wisata, bojonegoro, disbudpar

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 24 June 2019 13:00

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar omunitas Kita Belajar Menulis (KBM) Bojonegoro menggelar halal bihalal sekaligus kopi darat keempat. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman salah satu rumah Anggota KBM, Roni Hardiawan, di Dusun Bakalan, Kepohbaru Bojonegoro....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat