12:00 . Bupati Kunjungi Exit Tol Nganjuk ini Tujuannya   |   11:00 . Bak Moto GP, Ibu-Ibu Ikut Balap Traktor di Desa Tejo   |   10:00 . Mancing Merdeka, Berebut Ikan Dengan Bobot Terberat   |   08:00 . Ratusan Pemancing Turut Mancing Merdeka   |   07:00 . Apakah Asma Menular?   |   18:00 . Sutrac Bantu Droping Air Bersih di Tlogohaji   |   17:00 . Besok, Desa Tejo Kembali Gelar Lomba Balap Traktor   |   15:00 . MI Islamiyah Sarangan Sabet Juara Satu di Pesta Siaga Kwaran Kanor   |   14:00 . Pengusaha NU Bojonegoro Berkumpul, Mau Apa?   |   13:00 . 3 Perusahaan Tetapkan Harga Pembelian Tembakau ke Petani   |   12:00 . Pesta Siaga Kwartir Kecamatan Kanor Kembali Digelar   |   11:00 . Bupati Bojonegoro Menggiatkan Olahraga Tradisional   |   10:00 . Santri Se-Bojonegoro Berebut Tiket Pospeda Provinsi Jatim   |   09:00 . Diduga Akibat Puntung Rokok, Rumpun Bambu di Campurrejo Terbakar   |   08:00 . Wadah Bagi Insan Kreatif, Bojonegoro Creative HUB Diresmikan   |  
Sun, 15 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 24 September 2018 16:30

Bupati-Wabup Bojonegoro 2018-2023

Demi Mengejar Liputan Bupati Perempuan Pertama

Demi Mengejar Liputan Bupati Perempuan Pertama

Oleh: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Pelantikan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah  dan Wakil Bupati Budi Irawanto terasa istimewa. Sebab, sejak awal berdirinya kabupaten ini, baru sekali ini bupati dijabat perempuan. Jadi Bu Anna menjadi ibu nomor satu pertama di Bumi Angling Dharma.

Oleh karena itu, saat ada perintah dari pemilik Blok Media Group (BMG), Muhammad Abdul Qohhar untuk meliput khusus pelantikan di Grahadi Surabaya, saya bersemangat.

Bisa dibilang mendadak, tapi itu tidak masalah untuk seorang reporter. Sebab, Minggu (23/9/2018) malam penugasan baru sampai ke saya, karena hasil rapat redaksi Minggu sebelumnya liputan khusus akan diambil sendiri Pak CEO, sapaan karib Chief Executif Officer/CEO BMG yang sekalian ada acara di Surabaya.

“Karena anak saya sakit, Mas Parto bisa ke Surabaya ya liputan khusus pelantikan bupati perempuan pertama di Bojonegoro?” begitu tulis Mas Koko, panggilan lain Pak CEO lewat aplikasi WA.

Tanpa pikir panjang, saya pun langsung menjawab, “Siap Pak CEO”. Karena, menjadi bagian dari sejarah, pelantikan Bupati Bojonegoro perempuan pertama akan sangat indah.

Penugasan yang baru sampai tengah malam, sekitar pukul 23.00 WIB, akhirnya saya menyiapkan semua perangkat, mulai Press Card blokBojonegoro.com, seragam kebesaran liputan, mengisi full batre handphone hingga memasang alarm pukul 03.00 Wib.

Setelah semua siap, saya bergegas merebahkan badan di rumah Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Penting juga untuk mengisi energi agar bisa fit liputan seharian.

Belum terasa lama tidur, alarm di handphone telah nyaring berbunyi. Terkesiap, saya langsung berangkat ke kamar mandi untuk membersihkan badan. Mengambil wudhu sekaligus agar bisa bersiap menunaikan salat.

Kebingungan mulai menghampiri saat akan berangkat. Sebab, jika mengemudi sendiri mobil ke Surabaya pasti energi akan habis di jalan. Karena perlu menyiapkan planning liputan, mulai tema update per jam, sampai draf pertanyaan, akhirnya moda transportasi bus yang dipilih. Mobil terpaksa diparkir di Terminal Rajekwesi Bojonegoro.

Adzan Subuh berkumandang, dan segera salat ditunaikan. Bus yang akan ditumpangi cukup lama menunggu calon penumpang. Tujuan ke Terminal Bungurasih dipilih agar bisa cepat berpindah untuk mencari mobil boking online dengan jarak tempuh lebih dekat dengan grahadi.

Seperti tertera di Google Maps, jarak Terminal Bungurasih dengan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo No.3 Kota Surabaya sejauh 12,9 kilometer (Km) dengan waktu tempuh 27 menit. Sedangkan jika dari Terminal Tambak Osowilangun jaraknya mencapai 13,4 Km dan ditempuh dengan waktu normal 31 menit.

Bus kurang berpihak ke saya. Karena baru berangkat sekitar pukul 04.45 Wib. Lajunya pun melambat, tidak seperti biasa kita jumpai di jalanan Bojonegoro-Surabaya yang kadang lebih tepat disebut ugal-ugalan untuk mendapat penumpang. Hati mulai gelisah, karena membayangkan macetnya Kota Surabaya.

Ternyata benar, sekitar pukul 07.45 Wib baru sampai di Terminal Bungurasih. Pilihan cepat harus dibuat jika tidak ingin terlambat lambat sampai Grahadi, sebab jalanan Surabaya mulai merayap. Tidak mungkin memakai taksi atau mobil carteran online seperti yang diinginkan Pak CEO.

“Harus memakai ojek online (ojol) ini agar bisa cepat,” gumamku dalam hati.

Tak lama, ojol mendekat dan langsung melesat meliuk-liuk di jalan raya Kota Pahlawan. Sekitar 30 menit sudah sampai di pintu gerbang sisi kiri Grahadi. Alhamdulillah, tepat saat masuk lokasi pelantikan bersamaan dengan Bu Anna dan Pak Wawan bersiap di menuju ke upacara.

“Sudah sampai mas?” tanya Pak CEO lewat WA.

“Alhamdulillah Pak CEO, ini bareng Bu Anna dan Pak Wawan yang baru masuk beriringan,” jawab saya sekenanya sambil mengambil foto-foto yang dibutuhkan untuk berita.

Momentum tersebut sangat pas, karena setelah itu ruang pelantikan hanya untuk tamu khusus. Awak media, Forkopimda dan undangan lain berada di terop sebelah gedung Grahadi. Setelah semua tahap dan acara pelantikan usai, siang hari saat memasuki ramah tamah, saya menjadi reporter yang berkesempatan mewawancarai pertama Bupati Anna. Setelah itu baru Pak Wawan.

Senang sekali rasanya berproses menjadi reporter di hari ini. Walaupun kompetensi kewartawanan saya Madya dan jika di redaksi blokBojonegoro.com juga bertugas sebagai editor, namun saya juga enjoy membantu tugas di lapangan.

Sampai tulisan ini dibuat ketika naik bus menuju ke kota kelahiran Bojonegoro, saya senyum-senyum sendiri telah ikut meliput bingkai sejarah di Kabupaten Bojonegoro. Selamat bertugas Bupati Perempuan pertama dan untuk Pak Wawan juga. Semoga bisa benar-benar menjadikan “Bojonegoro INTAN” sesuai janjinya.

Sekian.

Tag : pelantikan bupati, bupati bojonegoro pertama

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat