15:00 . Ada Penyaluran Beras Bansos ke KPM, ini Tanggapan Bulog   |   14:00 . Rapid Test Gratis Masyarakat Bojonegoro Didominasi Pekerja   |   13:00 . Pemohon Akta Kematian Rata-rata 20-25 Orang Per Hari   |   12:00 . Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau   |   11:00 . Baksos Wujud Kejari Bojonegoro Hadir Bantu Kepedulian Sesama   |   10:00 . Pastikan KBM Tetap Berjalan, Guru Tetap Beri Tugas ke Siswa   |   09:00 . Kelompok Unggul dan Produktif, Jaga Ketahanan Ekonomi dan Pangan   |   08:00 . Sepakbola, Kebanggaan dan Kemanusiaan   |   07:00 . Berapa Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Bersepeda?   |   20:00 . Hari Ini, 14 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19   |   19:00 . Seniman Reog Pilih Bertani di Masa Pandemi   |   18:00 . DPRD: Pedagang Hewan dan Panitia Penyembelihan Agar Patuhi Protokol Kesehatan   |   17:00 . PMI dan Tim KKN Unesa Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19   |   16:00 . Hingga Hari Keenam, Peserta Rapid Test Umum Capai 182   |   15:00 . Waspadai Polaritas Interaksi Virtual   |  
Wed, 15 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 22 October 2018 10:00

HSN 2018

Santri Punya Peran Penting Dalam Kemerdekaan Indonesia

Santri Punya Peran Penting Dalam Kemerdekaan Indonesia

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Ribuan Santri dari berbagai pondok pesantren di Bojonegoro, mengikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di lapangan alun-alun kota Bojonegoro.  Pada kesempatan itu seluruh santri memakai sarung dan peci saat mengikuti rangkaian upacara. Pada upacara HSN 2018, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah bertindak sebagai inspektur.

Dalam amanatnya momentum HSN erupakan salah satu sejarah atas perjuangan merebutkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karenanya, berdasarkan Perpres ditetapkan tanggal 22 Oktober sebagai HSN. Selain itu, HSN ini muncul karena ada resolusi jihad peperangan 10 November agar santri untuk bela negara.

"Peran santri mempunyai peran penting dalam merebut kemerdekaan Negara Indonesia terlebih saat ikut perang menumpas sekutu pada 10 November," ujar Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dalam sambutannya.

Bu Anna sapaan akrab Bupati Bojonegoro, momentum HSN 2018 ini mengambil tema "Bersama Santri Damailah Negeri" yakni dengan harapan agar santri turut menjaga dan merespon isu-isu yang saat ini berkembang. Salah satunya ikut memerangi maraknya berita hoaks.

Pada upacara HSN diikuti seluruh Jajaran OPD Bojonegoro, Jajaran Kemenag Bojonegoro, 15 ribu santri, Siswa maupun mahasiswa yang ada di Bojonegoro. Pada upacara HSN itu pula juga dibacakan ikrar santri untuk ikut menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Usai pelaksanaan upacara, sebuah atraksi kolosal disuguhkan oleh 120 pelajar yang menggambarkan perjuangan santri dalam merebut kemerdekaan di Kota Surabaya. Drama kolosal itu mendapat tepuk tangan meriah saat pertumjukan itu dimulai bahkan membuat decak kagum peserta upacara yang menyaksikannya.[saf/ito]

Tag : hari, santri, nasional


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat