18:00 . BPK Nilai WTP Laporan Keuangan Bojonegoro   |   17:30 . Cegah Pendangkalan, 6 Kali Dinormalisasi   |   17:00 . Al-Quran Obat Segala Penyakit   |   16:30 . Kick Off 27 Juli, Persibo Jumpa PSM Madiun   |   16:00 . Pastikan Ikut Kompetisi, Bojonegoro FC Seleksi Setelah Lebaran   |   15:00 . Polres Bojonegoro Sidak di Pasar Kota   |   14:00 . Banyak Reseller Geliat Pakaian Bekas di Bojonegoro   |   13:00 . Bulan Mei: Hari Buku dan Kebangkitan Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban   |   12:00 . 403 Bakal Calon Kepala Desa Berebut Kursi   |   10:00 . Kapolres: Tidak Ada Warga yang Berangkat ke Jakarta   |   09:00 . Kejar Target Drilling 2019, Pertamina EP Cepu Lakukan Sinergi dengan PDSI   |   08:00 . BEDUK, Cara Pertamina Berbagi Bareng UKM, Komunitas dan Hiswana Migas   |   07:00 . Selain Makanan, Ini Faktor yang Pengaruhi Pencernaan   |   23:00 . Dua Warga Bojonegoro Terima Santunan dan Piagam Penghargaan dari Gubernur   |   22:30 . 2 Warga Bojonegoro Terima Santunan dari Gubernur   |  
Tue, 21 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 05 November 2018 22:00

Pastikan KIS Sampai ke Tangan Peserta BPJS Kesehatan Sambangi Perdesaan

Pastikan KIS Sampai ke Tangan Peserta BPJS Kesehatan Sambangi Perdesaan

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Untuk memastikan pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah diterima oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berhak, BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro melakukan spotcheck KIS ke pelosok desa di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jumat (02/11/2018).

Sebanyak 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro pun menjadi target BPJS Kesehatan untuk 'dibedah'. Ditemui pada satu kesempatan di Kecamatan Purwosari Desa Punggur, petugas spotcheck KIS nampak mengunjungi langsung salah satu rumah peserta JKN-KIS bernama Patmi. 

Perwakilan Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro Vivien Novarina mengatakan bahwa kegiatan spotcheck KIS ini bertujuan untuk memastikan distribusi KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN yang diserahkan kepada pihak ketiga telah sampai kepada peserta (end user).

“Selain itu, kita juga ingin memberikan edukasi langsung kepada peserta tentang hak dan kewajiban peserta. Kami juga ingin memastikan bahwa peserta yang bersangkutan sudah memahami dengan baik prosedur pelayanan kesehatan, sehingga jika sewaktu-waktu harus pergi ke fasilitas kesehatan, peserta tersebut tidak menemukan kendala karena sudah paham apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Sementara itu, Patmi mengatakan bahwa dirinya telah menerima KIS dari Kepala Desa setempat beberapa waktu yang lalu. Meski telah menerima kartu tersebut, ia mengaku belum pernah memanfaatkannya. Sebisa mungkin ia menjaga kesehatannya agar kondisi fisiknya tetap prima, mulai dari mengatur pola makan hingga istirahat yang cukup.

“Memang saya dengar dari tetangga, kalau sudah jadi peserta JKN-KIS dan mau berobat ke Puskesmas atau rumah sakit, tidak disuruh bayar apapun sama sekali. Tapi Alhamdulilah saya sampai sekarang belum pernah pakai kartu ini. Semoga sehat selalu, kalau bisa tidak perlu menggunakan kartu JKN-KIS ini,” ujar Patmi seraya tersenyum.

Desa Punggur merupakan salah satu desa yang jalan aksesnya sulit untuk dilalui kendaraan. Lokasinya yang berada di pelosok menjadikan Patmi sangat bersyukur masih mendapatkan kesempatan memperoleh kartu JKN-KIS.

"Terima kasih pemerintah dan BPJS Kesehatan, meski kondisi tempat tinggal saya jauh dari pusat kota, nyatanya saya tetap diperhatikan dan dapat jaminan kesehatan seperti masyarakat lainnya," ucapnya. [ani/lis]

 

Tag : kis, bpjs

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat