21:00 . Berikut, Cabor Andalan Bojonegoro pada Porprov Mendatang   |   20:00 . Isi Liburan, MAI At-Tanwir Talun Adakan Pelatihan Fasilitator PMR   |   19:00 . Resah Ulat Bulu, Tangani dengan Damkar   |   18:00 . KONI: Meski Sudah Bagus, Performa Atlet Porprov Terus Ditingkatkan   |   17:00 . Gokil, Ajang Promosi Kebun Belimbing   |   16:00 . Wabup Bojonegoro Tutup Kejurda Drum Band/Marcing Band   |   15:00 . Anggaran untuk 55 Jembatan di Bojonegoro Capai 80 Miliar   |   14:00 . Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa   |   13:00 . Antusias Penonton, Jalan PUK Kanor Macet   |   12:00 . Wooww...! KEJURDA DRUMBAND MARCING BAND MERIAH   |   11:00 . Tak Patuhi UMK Baru, Perusahaan Akan Dapat sanksi Tegas   |   10:00 . Harga Gabah Capai Rp5000, Petani di Kanor Sumringah   |   09:30 . Drum Band/Marcing Band Tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA   |   09:00 . Kejuaraan Drum Band/Marcing Band Kejurda Tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA Meriah   |   08:30 . Drum Band/Marcing Band Tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA   |  
Mon, 17 December 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 13 November 2018 16:30

Menteri ESDM Serahkan 200 Paket Konverter Kit ke Nelayan Kecil

Menteri ESDM Serahkan 200 Paket Konverter Kit ke Nelayan Kecil

Reporter: Sri Wiyono

blokBojonegoro.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, menyerahkan 200 paket perdana konverter kit di tahun 2018 kepada nelayan kecil dari Kecamatan Jenu, Tambak Boyo dan Widang Kabupaten Tuban, Selasa (13/11/2018) sore.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Mangrove Center, Kecamatan Jenu. Turut hadir Bupati Tuban Fathul Huda, wabup Noor Nahar Hussien, anggota DPR RI, Direktur Infrastruktur Migas, dan pejabat pemerintah daerah setempat.

Paket perdana yang diberikan terdiri atas 1 (satu) unit mesin/motor penggerak, 1 (satu) unit konverter kit dan aksesori pendukungnya, 2 (dua) buah tabung LPG 3 kg beserta isinya, serta 1 (satu) unit as panjang, baling-baling, dan aksesorisnya. Konversi BBM ke LPG membuat nelayan lebih hemat dalam hal operasional.

Sebelumnya dengan menggunakan bensin, nelayan merogoh kocek sekitar Rp 135.450,- dengan asumsi penggunaan kapal selama 10 jam atau setara dengan 21 liter (Rp 6.450/liter). Namun, setelah konversi menggunakan LPG, nelayan hanya memerlukan Rp 64.000,- atau lebih hemat 50 persen..

 "Paket perdana ini yang telah diberikan, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman nelayan dan bisa meminimalisasi beban operasional. Saya juga berterima kasih kepada Pertamina yang telah membantu kami dalam merealisasikan konversi ini," ujar Ignasius Jonan.

Pendistribusian paket perdana di wilayah Pertamina MOR V (Jatim-Bali-Nusa Tenggara) direncanakan sebanyak 6.740 paket. Untuk wilayah Jawa Timur sendiri mendapatkan pendistribusian sebanyak 3.738 paket. Tahun 2017 sudah terealisasi pendistribusian sebanyak 566 paket perdana dan di tahun ini ditargetkan selesai pendistribusian pada akhir bulan November 2018.

Pertamina ditugaskan oleh Kementerian ESDM sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Republik Indonesia No. 294 K/10/MEM/2018 tentang Penugasan Penyediaan, Pendistribusian, dan Pemasangan Paket Perdana Liquefied Petroleum Gas untuk Kapal Perikanan Bagi Nelayan Kecil Tahun Anggaran 2018. Dalam hal ini, Pertamina berkomitmen untuk melaksanakan penugasan yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh tim Kementerian ESDM.

Sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0116.K/10/DJM.I/2018 bahwa terdapat beberapa kriteria penerima paket perdana Konverter Kit, antara lain yaitu nelayan pemilik kapal lebih kecil atau sama dengan 5 GT, kapal yang dimiliki berbahan bakar bensin, dan kapal yang digunakan memiliki daya mesin lebih kecil atau sama dengan 13 HP (Horse Power).

Selain itu, nelayan tersebut harus menggunakan jenis alat tangkap yang ramah lingkungan, belum pernah menerima bantuan sejenis, dan memiliki identitas yang terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan dan/atau surat keterangan dari dinas kelautan dan perikanan setempat apabila belum memiliki kartu identitas yang dimaksud.

Pasokan LPG 3 kg tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan nelayan. Pertamina bermitra dengan dua agen baik di Widang dan Kota Tuban yang secara khusus melayani kebutuhan nelayan di Kecamatan Jenu. Di Kabupaten Tuban sendiri memiliki 18 agen dan 724 pangkalan yang menyediakan LPG 3 kg untuk masyarakat.

Pertamina juga sangat menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan LPG 3 kg sesuai haknya, dan bagi mereka yang mampu diharapkan untuk segera beralih ke Bright Gas.[ono]

Tag : esdm, menteri, pertamina

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 05 December 2018 08:00

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya! erkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 13 December 2018 09:00

    Gadget Sebagai Pengganti Buku

    Gadget Sebagai Pengganti Buku Gadget? Siapa yang tidak tahu dengan perangkat mobile satu ini? Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa bahwa dirinya sangat tergantung dengan gadget....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more