18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 17 November 2018 11:00

FPN Edukasi Siswa Mencintai dan Memahami Budaya

FPN Edukasi Siswa Mencintai dan Memahami Budaya

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com- Festival Pusaka Nasional (FPN) selain untuk memamerkan aneka pusaka, juga sebagai pusat edukasi bagi para siswa dalam mengenalkan warisan budaya yang dipunyai oleh masing-masing daerah yang ada di Indonesia, terkhususnya budaya pusaka keris.

Pada kegiatan ini ratusan siswa dari berbagai SMA maupun SMK yang ada di Bojonegoro, Sabtu (17/11/2018) diberikan edukasi tentang segala hal maupun sejarah keris oleh perwakilan Senopati Nusantara. Sehingga siswa bisa bangga serta menjaga budaya aslinya sendiri.

"Pameran keris ini juga sebagai edukasi siswa SMA/SMK bisa tahu bahwa keris itu sebuah mahakarya yang dalam pembuatannya memiliki filosofi dan harapan," ungkap Budi Santoso, salah satu perwakilan dari Senopati Nusantara.

Lanjut pria yang juga polisi ini, tidak lagi menganggap setiap pusaka atau keris itu dipandang ada mistisnya, namun yang terpenting kandungan nilai sejarah keris sehingga keris itu terbuntuk dengan elok dan indah.

"Berharap eduskasi ini siswa terus bisa menjaga selalu mencintai benda bersejarah sebagai adat kebudayaan," beber Budi.

Nampak siswa SMA/SMK begitu semangat mengikuti edukasi pembejaran perihal pusaka serta budaya lainnya, bahkan beberapa siswa cukup antusias dengan melontarkan beberapa pertayaan.Usai mengikuti materi siswa diajak melihat berbagai koleksi pusaka keris yang dipamerkan.

Siswa SMAN 1 Bojonegoro, Citra mengatakan, edukasi budaya pusaka keris sangat menarik. Bahkan setiap keris itu mempunyai arti dan pembuatannya pun sangat memerlukan waktu agar menghasilkan sebuah keris yang baik.

"Keris ini juga merupakan cagar budaya yang perlu untuk dilestarikan," tambah siswi kelas X SMAN 1 Bojonegoro.[saf/ito]

Tag : Festival, budaya, pusaka

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more