07:00 . 5 Kebiasaan Baik yang Sering Dianggap Masalah dalam Hubungan   |   14:00 . PMI Gelar Latihan Gabungan di Sekolah   |   13:00 . Muleh Omah Project ABC Gelar Uji Coba SBMPTN 2020   |   12:00 . Gerakan Pramuka Kwarcab Bojonegoro Kembali Gelar Diklatsar Brigade Penolong   |   11:00 . Kopi Darat - Car Free Day Bareng Penyiar Radio   |   10:00 . Seribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat SMPN 1 Kapas   |   09:00 . Bertabur Gambar Cakades di Desa Canga'an   |   08:00 . Peringati Hari Ulang Tahun Aston dan Fave Gelar Flashmob Bersama Bupati   |   07:00 . Anak Tidak Punya Teman, Inilah yang Harus Orangtua Lakukan   |   21:00 . Bupati Anna Santai dan Nyanyi di KDS   |   18:00 . IAI Sunan Giri Latih Rawat Jenazah di Sarangan   |   17:00 . PEPC Raih Penghargaan Zero Accident dari Pemrpov Jatim   |   16:00 . Masa Kampanye Belum Dimulai, Banyak Cakades Curi Start   |   15:00 . Bersama Alumni Lintas Angkatan, Meriahkan HUT SMPN 1 Kapas ke 36   |   14:00 . Malam, Jembatan Sosrodilogo Makin Ramai   |  
Mon, 20 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 13 December 2018 09:00

Gadget Sebagai Pengganti Buku

Gadget Sebagai Pengganti Buku

Pengirim: Ima Kulama

Gadget? Siapa yang tidak tahu dengan perangkat mobile satu ini? Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa bahwa dirinya sangat tergantung dengan gadget.

Mahasiswa menjadi salah satu objek aktif dalam penggunaan teknologi ini. Bisa dikatakan segalanya, gadget merupakan fitur untuk menyederhanakan semua kebutuhan dan aktivitas manusia.

Gadget sangat popular dan pilihan berbagai kalangan, terutama kalangan mahasiswa saat ini. Karena kita mendapat banyak informasi dari gadget dan juga sebagai gaya hidup dan eksistensi diri. Mereka beranggapan bahwa gadget saat ini seperti teman mereka sendiri, bagaimana tidak, karena gadget memiliki aplikasi dan update yang mempermudah mahasiswa mendapatkan informasi.

Kehadiran gadget sangatlah berpengaruh kepada kehidupan manusia. Menurut para remaja, kehadiran gadget sangat membantu dalam kehidupan disamping juga sebagai alat komunikasi.

Selain alat komunikasi gadget juga bertujuan sebagai penyambung silaturrahmi, sebagai hiburan dan juga bisa sebagai alat bekerja atau berbisnis. Di kalangan mahasiswa gadget justru bisa dibilang sebagai alat yang wajib untuk dimiliki. Karena gadget tidak pernah lepas dari dunia perkuliahan.

Banyak dosen yang memberikan tugas lewat surat elektronik (e-mail) maupun yang lainnya. Tak hanya memberi informasi gadget memang sangat membantu aktivitas kuliah, mulai dari info jadwal kuliah, komunikasi dengan dosen pembimbing dan lainnya.

Dengan gadget kita bisa menggunakan waktu lebih efisien dari pada menunggu untuk bertatap muka. Saat ini jam mengajar dosen tidak hanya di satu kampus, melainkan juga bekerja di lain tempat. Oleh karena itu gadget bisa mempermudah dosen untuk memberikan tugas kepada mahasiswanya. Dan di zaman yang modern ini buku sudah jarang digunakan dalam aktivitas pembelajaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih pembelajaran banyak dilakukan secara online. Untuk membaca pelajaran pun tidak perlu lagi bingung mencari buku, karena kita bisa mencari materi yang lebih efektif di e-book dan browsing di internet pun sudah bisa. Biasanya dosen membuat grup di akun media sosial seperti WhatsApp yang beranggotakan mahasiswanya agar mempermudah memberikan tugas baik itu berupa file, powerpoint atau yang lainnya.

Bahkan mengumpulkan tugas tidak perlu lagi berupa kertas, kita bisa mengirim tugas lewat e-mail. Memang sangat berpengaruh dalam kehidupan mahasiswa untuk mempermudah pembelajaran dan memperoleh informasi.

Jika saja tidak mempunyai gadget pasti akan merasa kesusahan dan sulit memperoleh informasi. Tetapi tidak hanya berpengaruh positif bagi mahasiswa, gadget juga bisa berpengaruh negativ yaitu menyebabkan mahasiswa malas belajar karena adanya gadget yang memudahkan mahasiswa mengakses internet sehingga seseorang bisa melakukan plagiat atau menyalin ide dan karya orang lain.

Mahasiswa memang tak bisa lepas dari gadget. Keduaya seperti memiliki keterkaitan yang sangat erat. Kebutuhan memperoleh informasi mengakibatkan timbulnya ketergantungan terhadap gadget. Ketergantungan itu memang bisa dinilai positif dan negativ, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Semuanya kembali kepada individu masing-masing, bagaimana kita dapat memanfaatkan gadget dengan baik dan benar. (*)

Tag : gadget, mahasiswa, kuliah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 14 January 2020 16:00

    HUT YPPRT Ke-44 Balen

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat Dalam rangka memperingati hari kelahiranya yang ke-44 tahun Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen mengadakan gerakan tanam pohon serentak di 3 desa, yakni Desa Pilanggede, Sobontoro, dan Balenrejo, semua...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat