18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |   17:00 . As Roda Belakang Mobil Dump Truk Patah, Lalu Lintas Tersendat   |   16:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Lantik Organisasi Kemahasiswaan   |   15:00 . Punya Harga Jual Tinggi Dibalik Limbah Tanaman Kedelai   |   12:00 . Zakat Upaya Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga Sangat Miskin   |   11:00 . Sempat Viral di Medsos, Kakek Pengemis Diamankan Satpol PP   |   10:00 . Diantar Keluarga untuk Mengemis, Seorang Kakek dan Wanita Muda Ditangkap?   |   09:00 . Fuul: Kampus Ungu Bersholawat Bareng Gus Azmi   |   08:00 . Ditinggal Nonton Hiburan, Rumah di Ngasem Terbakar   |   07:00 . Waspada Bila Anak Tampak Begitu Lamban dan Mudah Jatuh   |   21:00 . Bus Baru Pemkab Bojonegoro Khusus untuk Pelayanan dan Sosial   |   20:00 . Live: Kampus Ungu Bersholawat Bersama Gus Azmi   |   19:00 . Kader Baureno Nahkodai PDPM Bojonegoro   |   18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |  
Mon, 16 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 13 December 2018 09:00

Gadget Sebagai Pengganti Buku

Gadget Sebagai Pengganti Buku

Pengirim: Ima Kulama

Gadget? Siapa yang tidak tahu dengan perangkat mobile satu ini? Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa bahwa dirinya sangat tergantung dengan gadget.

Mahasiswa menjadi salah satu objek aktif dalam penggunaan teknologi ini. Bisa dikatakan segalanya, gadget merupakan fitur untuk menyederhanakan semua kebutuhan dan aktivitas manusia.

Gadget sangat popular dan pilihan berbagai kalangan, terutama kalangan mahasiswa saat ini. Karena kita mendapat banyak informasi dari gadget dan juga sebagai gaya hidup dan eksistensi diri. Mereka beranggapan bahwa gadget saat ini seperti teman mereka sendiri, bagaimana tidak, karena gadget memiliki aplikasi dan update yang mempermudah mahasiswa mendapatkan informasi.

Kehadiran gadget sangatlah berpengaruh kepada kehidupan manusia. Menurut para remaja, kehadiran gadget sangat membantu dalam kehidupan disamping juga sebagai alat komunikasi.

Selain alat komunikasi gadget juga bertujuan sebagai penyambung silaturrahmi, sebagai hiburan dan juga bisa sebagai alat bekerja atau berbisnis. Di kalangan mahasiswa gadget justru bisa dibilang sebagai alat yang wajib untuk dimiliki. Karena gadget tidak pernah lepas dari dunia perkuliahan.

Banyak dosen yang memberikan tugas lewat surat elektronik (e-mail) maupun yang lainnya. Tak hanya memberi informasi gadget memang sangat membantu aktivitas kuliah, mulai dari info jadwal kuliah, komunikasi dengan dosen pembimbing dan lainnya.

Dengan gadget kita bisa menggunakan waktu lebih efisien dari pada menunggu untuk bertatap muka. Saat ini jam mengajar dosen tidak hanya di satu kampus, melainkan juga bekerja di lain tempat. Oleh karena itu gadget bisa mempermudah dosen untuk memberikan tugas kepada mahasiswanya. Dan di zaman yang modern ini buku sudah jarang digunakan dalam aktivitas pembelajaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih pembelajaran banyak dilakukan secara online. Untuk membaca pelajaran pun tidak perlu lagi bingung mencari buku, karena kita bisa mencari materi yang lebih efektif di e-book dan browsing di internet pun sudah bisa. Biasanya dosen membuat grup di akun media sosial seperti WhatsApp yang beranggotakan mahasiswanya agar mempermudah memberikan tugas baik itu berupa file, powerpoint atau yang lainnya.

Bahkan mengumpulkan tugas tidak perlu lagi berupa kertas, kita bisa mengirim tugas lewat e-mail. Memang sangat berpengaruh dalam kehidupan mahasiswa untuk mempermudah pembelajaran dan memperoleh informasi.

Jika saja tidak mempunyai gadget pasti akan merasa kesusahan dan sulit memperoleh informasi. Tetapi tidak hanya berpengaruh positif bagi mahasiswa, gadget juga bisa berpengaruh negativ yaitu menyebabkan mahasiswa malas belajar karena adanya gadget yang memudahkan mahasiswa mengakses internet sehingga seseorang bisa melakukan plagiat atau menyalin ide dan karya orang lain.

Mahasiswa memang tak bisa lepas dari gadget. Keduaya seperti memiliki keterkaitan yang sangat erat. Kebutuhan memperoleh informasi mengakibatkan timbulnya ketergantungan terhadap gadget. Ketergantungan itu memang bisa dinilai positif dan negativ, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Semuanya kembali kepada individu masing-masing, bagaimana kita dapat memanfaatkan gadget dengan baik dan benar. (*)

Tag : gadget, mahasiswa, kuliah

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat