22:00 . Banyu Bening Pamerkan Lukisan di Thamrin, Disbudpar : Bukan Sekadar Pameran   |   21:00 . Komunitas Banyu Bening, Pamerkan Hasil Lukisan di Thamrin Park   |   18:00 . BBM dari Sampah Plastik Dimanfaatkan Warga Sekitar TPA Banjarsari   |   17:00 . Impara UIN Walisongo Semarang Berbagi Ilmu Sepenuh Hati, Menginspirasi Setulus Hati   |   16:00 . Mario Aji Launching Helm Batik yang Akan Dipakai pada Moto3 2023   |   11:00 . Gus Miftah Orasi Kebangsaan di MAN Bojonegoro   |   10:00 . Live Gus Miftah Talkshow Kebangsaan di MAN Bojonegoro   |   09:00 . Miliki Penangkaran Cucak Ijo, Mujito Raup Omzet Jutaan Rupiah   |   08:00 . Masjid Megah di Perbatasan Bojonegoro Ngawi Sudah Dibangun   |   07:00 . Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Indonesia: Menkes Budi Gunadi Segera Umumkan Endemi?   |   06:00 . Politisi, Konstituen dan Penistaan Agama: Rasmus Paludan   |   18:00 . Disdukcapil Jemput Bola Perekaman KTP-El Bagi Pelajar   |   13:00 . Warga Mulai Antusias Daftar Pantarlih   |   12:00 . Bekerja 38 Hari, Inilah Jadwal Pembentukan Pantarlih   |   11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |  
Sun, 29 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Semai Bibit, Petani Balen Pilih Varietas Ini

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 December 2018 12:00

Semai Bibit, Petani Balen Pilih Varietas Ini

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Dasarian pertama Desember 2018 ini wilayah Desa Balenrejo Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro sudah memasuki musim penghujan. Sehingga para petani mulai turun ke sawah untuk membuat lahan persemaian bibit padi.

Rata-rata mereka menanam padi varietas unggul baru (VUB) Inpari 32. Benih padi ini mulai banyak dilirik petani. Mereka mulai sadar betapa pentingnya ganti varietas padi baru.

Dalam setiap pertemuan kelompok tani, penyuluh pertanian lapangan (PPL) selalu menganjurkan ada pergantian varietas. Lewat penyuluhan pertanian di radio pemerintah atau swasta Dinas Pertanian (Disperta) juga tidak bosan mengingatkanya.

Kalau ingin hasil maksimal dan toleran hama penyakit harus ganti varietas padi, yang dalam bahasa Bojonegoro disebut ganti oyot/akar.

Di Bojonegoro secara umum mayoritas petani masih tanam varietas eksistensi Ciherang, lebih dari 50%, IR 64, Situbagendit dan varietas lainnya.

Menanam varietas baru selain untuk memutus siklus penyakit padi juga untuk meningkatkan produktivitas. Di beberapa wilayah yang sudah menanam varietas inpari 32 ini memang ada kenaikan hasil panen yang signifikan. Satu hektar ada yang tembus 9,8 ton GKG. Ada juga petani yang bilang hasil panen musim kemarau lebih baik daripada musim hujan tahun lalu.

"Niki kulo tanem inpari telu loro, terose teng mriko-mriko sae hasile, kiat kaleh serangan penyakit (ini saya tanam inpari 32, katanya hasil panennya baik, dan kuat serangan hama penyakit)", kata Bakri salah satu petani setempat.

Kepala UPT Pertanian Balen-Sukosewu, Qomarudin dalam beberapa penyuluhan juga mengatakan, varietas ini layak ditanam petani, hasil panen tinggi, rendemen juga tinggi. Selain itu juga tahan kresek, toleran potong leher, rasa nasi pulen seperti Ciherang.

Varietas yang dilepas kementan tahun 2013 ini memang istimewa. Tahan penyakit hawar daun bakteri (HDB) atau kresek menurut petani Bojonegoro juga toleran blas atau potong leher, 2 penyakit padi yang ditakuti petani.

"Untuk mendapatkan hasil panen yang baik tentu harus ada kombinasi penggunaan pupuk organik yang maksimal, tanam jajar legowo, pemupukan berimbang dan pengamatan mingguan hama penyakit," tambah Qomarudin. [mu]

*Penyuluh Pertanian Lapangan Dinsperta Bojonegoro, Sekretaris LPPNU Bojonegoro, Seksi Pertanian Ikatan Sarjana NU (ISNU) Bojonegoro.

Tag : tanam padi, petani, tanaman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more