22:00 . Diduga Akibat Obat Nyamuk, Rumah di Desa Banjaran Terbakar   |   21:00 . Bojonegoro Siaga Merah, Bupati Himbau Warga Tetap di Rumah   |   20:30 . 1 Positif Covid-19, Bojonegoro Zona Merah   |   20:00 . Harga Emas Antam Merosot Rp8.000 Per Gram   |   19:00 . Tinjau CPP Gundih, GM Pertamina EP Asset 4 Pastikan Kondisi Aman   |   18:00 . 5 Orang Selesai Pemantauan, 4 Tambahan ODP Baru di Bojonegoro   |   17:00 . Peringati Nisfu Sya'ban, Generasi Muda PPP Berbagi Sembako   |   16:00 . BPS Perpanjang Sensus Online Hingga 29 Mei 2020   |   14:00 . Bentuk Kepedulian Kapolres Kunjungi Posko di Perbatasan   |   13:00 . Kapolres Kunjungi Posko Covid-19 di Perbatasan   |   12:00 . Pasar Hewan Ditutup, Pedagang Kambing Pilih Jual Online   |   11:00 . CPP Gundih Terbakar, Pertamina EP Tangani Cepat   |   10:00 . Bersama PMI, Stikes Rajekwesi Amalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi   |   09:00 . LIVE: Musrenbang Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021   |   08:00 . Update Perkembangan Covid-19 Daerah Sekitar Bojonegoro Per 8 April   |  
Fri, 10 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 10 January 2019 19:00

PATRA DAYA EMCL

Tim Pelaksana 4 Desa Ikuti Pelatihan

Tim Pelaksana 4 Desa Ikuti Pelatihan

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (PATRA DAYA), Tim Pelaksana (Timlak) 4 desa mengikuti pelatihan, Kamis (10/1/2019) di Wisma Toyo Aji, Desa Wedi, Kecamatan Kapas.

Masing-masing 5 orang dari timlak Desa Sumbertlaseh, Wedi, Tikusan dan Campurejo, Kabupaten Bojonegoro mengikuti pelatihan dari pendamping mitra program dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), yakni Society Education Centre (SEC).

Ketua SEC, Parto Sasmito menyampaikan, karena program berbasis partisipasi dari masyarakat, maka masyarakat yang merencanakan, melaksanakan, mengawasi, hingga bertanggungjawab dan merawatnya.

"Salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah pelatihan tim pelaksana ini," jelas Parto.

Perwakilan dari EMCL, Joni Wicaksono mengatakan, selain menjalankan tugas sebagai operator minyak dan gas bumi (migas), juga  memberikan program pemberdayaan masyarakat, namun tidak mengganti peran dari pemerintah.

"Selain infrastruktur, sejak 2007, EMCL juga memberikan program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi,"  papar Joni.

Dalam pelatihan ini, Joni berharap timlak bisa memaksimalkan kesempatan untuk mengembangkan kapasitas. Serta, dalam pelaksanaan pembangunan nanti, tetap mengutamakan keselamatan pekerja, tanpa meninggalkan tradisi dan nilai-nilai budaya dalam desa. 

Camat Kota Bojonegoro, M. Farid Naqib berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada EMCL, yang mana selain menjalankan tugasnya sebagai operator migas tetap memberikan perhatian bagi masyarakat di wilayah operasi.

"Terimakasih untuk program yang telah diberikan. Semoga penerima manfaat bisa menjalankan program ini dengan maksimal dan manfaat dari pembangunan infrastruktur bisa dirasakan secara berkelanjutan," harap camat.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Manajer Program dari Yayasan Sedulur Pena (YSP), Muslimin yang mengampanyekan keselamatan dan menjaga aset negara di jalur pipa. Termasuk 4 desa yang akan melaksanakan pembangunan infrastruktur ini adalah desa-desa yang dilalui minyak mentah dari Lapangan Banyuurip, Gayam sampai lepas pantai di Palang, Tuban.

Sementara itu, dalam pelatihan ini selain materi tentang tertib administrasi dan perencanaan pembangunan, Agus Salim melalui diskusi langsung dengan peserta memancing untuk memahami langsung terkait perencanaan dan pelaksanaan pembangunan partisipatif. [saf/mu]

 

Tag : patra daya, emcl, sec


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat