17:00 . Kartar Sumberrejo Tanamkan Semangat Nasionalisme Lewat Lomba Mewarnai   |   16:00 . 17 Group Drumband se Dander Turut Meriahkan HUT RI ke 74   |   15:00 . Dua Kepala OPD Masuk Masa Pensiun, Kekosongan Kursi Bakal Bertambah?   |   14:00 . Kesulitan Ajukan Pengisian Kepala OPD, BKPP Tunggu Sekda Baru   |   13:00 . Buruh Kupas Ketela, Pekerjaan Sampingan Menambah Pundi Rupiah   |   12:00 . Mariono Masuk Daftar Top Skor Liga 3 Jatim   |   11:00 . Wujud Syukur, Jalin Silaturahim   |   10:00 . Warganet Ramai-Ramai Puji Penari Thengul   |   09:00 . Rampungkan Pemberkasan, Kejari Resmi Perpanjang Masa Tahanan SH   |   08:00 . Bojonegoro Sapa Dunia dengan Thengul   |   07:00 . Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Terbentuknya Batu Empedu   |   23:00 . Jan Ethes Gemesin Ikut Presiden Jokowi Upacara HUT ke 74 RI   |   22:00 . Pelatihan Kepemimpinan Active Citizens di Padepokan ASA   |   21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |  
Sun, 18 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 11 January 2019 07:00

Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat

Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Organ ginjal berperan penting dalam menyaring zat-zat racun dalam tubuh. Itulah kenapa kita perlu benar-benar menjaga organ yang satu ini supaya tubuh tidak keracunan. Tidak melulu harus minum obat atau vitamin, masih ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Apa saja? 

1. Penuhi kebutuhan cairan Ilustrasi minum air

Sering disepelekan, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Ini karena air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang tertampung di dalam ginjal. Meski begitu, James Simon, MD, selaku ahli saraf dari Cleveland Clinic, mewanti-wanti supaya jangan sampai kita minum air putih kebanyakan. Cukup minum 8 gelas air putih setiap hari supaya fungsi ginjal tetap optimal. 

2. Jaga pola makan

Sebagian besar masalah ginjal ternyata berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Maka itu, pastikan tekanan darah dan kadar gula tetap normal setiap hari. Caranya, jaga pola makan dengan memperbanyak makan sayur, buah, dan biji-bijian. Selain itu, batasi juga asupan garam dan gula supaya terhindar dari diabetes dan hipertensi. 

3. Olahraga rutin Ilustrasi olahraga bersama

Selain bikin tubuh tetap bugar, rutin berolahraga juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Tenang, kamu tak perlu repot-repot melakukan olahraga intensitas tinggi supaya badan tetap sehat. Pilihlah jenis olahraga ringan yang kamu sukai. Entah itu jogging, bersepeda, berenang, atau yoga setidaknya selama 20 menit setiap hari. Hal ini bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal sekaligus mengendalikan tekanan darah. 

4. Jangan sembarang minum vitamin atau obat

Kita harus benar-benar memperhatikan setiap dosis vitamin, obat medis, maupun obat herbal yang dikonsumsi. Hati-hati, minum obat melebihi dosis bisa membahayakan ginjal. Beberapa obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen, ternyata dapat memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Maka itu, konsultasikan dulu ke dokter sebelum minum obat jenis apa pun. 5. Berhenti merokok 

Zat-zat racun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat menghambat aliran darah. Akibatnya, jantung harus kerja ekstra untuk memompa darah dan menyebabkan hipertensi. Lagi-lagi, hipertensi adalah penyebab sakit ginjal yang paling umum. Maka itu, sebaiknya berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan ginjal. 

6. Lakukan pemeriksaan ginjal 

Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan ginjal sedini mungkin. Terlebih jika punya diabetes atau hipertensi yang berisiko terkena sakit ginjal. Dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes untuk mengukur kerusakan fungsi ginjal. Mulai dari tes GFR, tes darah, hingga tes urin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat", https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/10/203200820/menjaga-ginjal-tetap-sehat-tanpa-minum-obat. 

 

Tag : ginjal, sakit

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat