17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 04 February 2019 22:00

Pendapatan Panen Rp1,5 Miliar, Kadisperta Apresiasi HIPPA di Kanor

Pendapatan Panen Rp1,5 Miliar, Kadisperta Apresiasi HIPPA di Kanor

Pengirim: Iskak Riyanto

blokBojonegoro.com - Pendapatan luar biasa dalam Musim Kemarau (MK 2) tahun 2018-2019 ini sebesar Rp1,5 miliar, dihasilkan HIPPA Jaya Tirta Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Raihan ini pun mendapat apresiasi dari Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Jupari mengapresiasi keberhasilan HIPPA Jaya Tirta Desa Gedongarum karena meraih pemasukan sebesar Rp1,5 miliar lebih.

"Alhamdulillah, dan terima kasih atas kekompakan Desa Gedongarum, mulai Kades, Perangkat Desa, BUMDES, Poktan, Gapoktan, pengurus HIPPA dan semua kadang tani yang telah membuktikan (kecerdasannya). Sehingga berhasil dalam pengelolaan irigasi pompanisasi air Sungai Bengawan Solo," ujarnya.

Menurutnya, hasil membanggakan tidak terlepas dari kecerdasan yang dilakukan mulai cerdas dalam komunikasi, bekerjasama dan cerdas dalam menjaga kejujuran atas komitmen yang telah disepakati dalam musyawarah bersama.

"Termasuk cerdas dalam berbagi ilmu pertanian dan cerdas dalam berbagi keuntungan. Sebagai misal, kalau didaerah lain pembagian hasil panen (sebètan) antara pengusaha air irigasi dengan petani 1 : 5 atau 1 : 6, tetapi di Desa Gedongarum 1 : 7," ungkapnya.

Ditambahkan, petani dan HIPPA di Desa Gedongarum juga cerdas dalam mengelola keadilan alam. Artinya kalau musim banjir dapat dikatakan itu musibah, tetapi di saat musim kemarau air Sungai Bengawan Solo dilipatgandakan untuk pertanian dan menjadi berkah.

Bahkan para petani juga cerdas dalam memanajemen risiko dalam berusaha tani, petani Desa Gedungarum semuanya sudah ikut program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). "Semoga keberhasilan Desa Gedongarum ini mudah-mudahan menjadikan inspirasi dan dapat dicontoh oleh desa lain dalam pengelolaan BUMDES maupun HIPPA atau lembaga petani lainnya," harap Pak Djupari. [lis]

Iskak Riyanto, merupakan PPL Disperta Bojonegoro yang bertugas di Kecamatan Kanor.

 

Tag : pembaca, kanor, hippa

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more