21:00 . Wakili Kodim, Siswa SMAN 1 Padangan Juara 3 Lomba Fotografi Tingkat Kodam   |   20:00 . Diknas Bojonegoro Didatangi Tim Siber Pungli   |   19:00 . Kenapa Ada Gerakan 18.21?   |   18:00 . Menuju Kota Kreatif, Bupati Teken MoU dengan ICCN   |   17:00 . Ayo..! Gerakan 18.21 di Bojonegoro   |   16:00 . Dua Warga Kedungadem Diduga Tewas Bunuh Diri   |   14:00 . Pimpinan DPRD Dikukuhkan, AKD Masih Menunggu   |   13:00 . Siswa SD Hanya Bisa Baca Buku di Perspusda   |   12:00 . Persibo Jajal Kekuatan Persekam di Partai Uji Coba   |   11:00 . Para Pendonor Aktif Dapat Piagam Penghargaan   |   10:00 . Demi Pembaca, Perpusda Tambah 1.732 Buku   |   09:00 . Apel HUT PMI Jadi Penyemangat Gerakan Kemanusiaan   |   08:00 . Bojonegoro Dapat Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Olahraga   |   07:00 . Tak Mau Beri Anak Susu Formula? Tapi Jangan Lakukan 3 Hal Ini, Moms!   |   18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |  
Wed, 18 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 23 March 2019 09:00

Desa Rendeng Siap Gelar Festival Gerabah Kedua

Desa Rendeng Siap Gelar Festival Gerabah Kedua

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Untuk kedua kalinya, Pemerintah Desa Rendeng, Kecamatan Malo akan menggelar Festival Gerabah pada 27 April mendatang. Festival Gerabah bakal dirangkum dengan berbagai kegiatan dan tidak jauh berbeda dengan festival sebelumnya, seperti lomba mewarnai gerabah untuk anak Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

"Festival besok ada sedikit beda,jika sebelumnya mengarak Si Gogor (Maskot Bojonegoro), kali ini akan ada juga arak-arakan, tetapi dengan menabuh terbang gerabah dengan memanfaatkan kertas semen," terang Kepala Desa Rendeng, Muslih.

Untuk peserta arak-arakan sendiri, ungkap Muslih, adalah pengrajin gerabah Desa setempat. Tercatat ada sekitar 130 pengrajin gerabah tradisional dan 80 pengrajin modern yang akan meramaikan festival tersebut, dan tentunya saling bersinergi untuk memajukan wisata edukasi gerabah.

"Bedanya pengrajin tradisional dengan modern itu terletak pada model gerabahnya, kalau tradisional lebih kecelengan berupa hewan ataupun sejenis cobek dan layah, sedangkan yang modern sudah berbentuk boneka di film-film, seperti Hello Kitty, Spongsbob dan kartun lainya," ujar muslih.

Dikatakan, festival yang sudah diselenggarkan pada tahun 2018 tersebut, telah mampu mengangkat citra Wisata di Bojonegoro, khususnya wisata di Edukasi Gerabah. Bahkan setelah digelar, wisata edukasi gerabah semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik dari Bojonegoro maupun luar daerah, seperti Lamongan, Tuban dan Blora Jawa Tengah.

"Pengunjung wisata edukasi gerabah yang notabenya dari kalangan siswa terus meningkat, rata-rata 1.000 pengunjung setiap libur akhir pekan," ungkap Muslih kepada blokBojonegoro.com.

Dirinya juga berharap, dengan adanya festival tersebut mampu mendongkrak ekonomi masyarakat Desa Rendeng yang notabenya adalah petani dan orang pinggiran. Serta turut mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Rendeng.[din/mu]

Tag : gerabah, wisata edukasi, wisata

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat