13:00 . Tokoh Intelektual Banyak Dilahirkan Dari Ma'arif   |   12:00 . Target Sapu Bersih, ini Jadwal Persibo Putaran ke Dua   |   11:00 . IAI Sunan Giri Bojonegoro Gelar Pemilu Raya Ala Pilpres   |   09:00 . Nusantara CSR Award 2019, Pertamina Raih 4 Penghargaan   |   08:00 . Prioritas Berdayakan Kader, Advokasi Kebijakan   |   07:00 . 5 Tips Menghentikan Kebiasaan Anak yang Suka Memukul   |   18:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Tandatangani Komitmen Implementasi Inklusi Kesadaran Pajak   |   16:00 . Berikut Hasil Rekonsiliasi terkait IMB Pasar Ngampel   |   15:00 . Lupa Matikan LPG Usai Masak, 3 Rumah Warga Kedungadem Terbakar   |   11:00 . Bojonegoro Memiliki Kesamaan dengan 5 Kota Kreatif di Dunia   |   10:00 . Hingga Kini, Belum Ada Komunikasi Terkait Penambahan SR Baru   |   09:00 . BMKG Memprediksi Musim Kemarau dan Hujan Akan Mundur   |   08:00 . Bojonegoro Menuju Kota Kreatif   |   07:00 . 7 Saran yang Bisa Orang Tua Lakukan saat Anak Gagap Bicara   |   06:00 . Ribuan Warga Tumpah Ruah Dalam Kemeriahan Senam Gojo   |  
Fri, 20 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 23 April 2019 20:00

Masih Lesu, Budaya Literasi di Bojonegoro Harus Digalakkan

Masih Lesu, Budaya Literasi di Bojonegoro Harus Digalakkan

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Setiap tanggal 23 April, diperingati hari buku sedunia yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta. Sehingga budaya literasi di Kabupaten Bojonegoro juga harus digalakkan, agar tidak lesu dan semakin digemari masyarakat.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Bojonegoro, Yogi Prana Izza melihat geliat budaya literasi di Bojonegoro khususnya masih belum menggembirakan. Berbeda dengan negara-negara lain maupun kota-kota lain seperti Jogjakarta, Malang dan yang lainnya begitu masif budaya membaca dan diskusi tentang buku.

"Di Bojonegoro dapat dilihat dari indikasi yang terlihat jelas adalah intensitas dan akitivitas di perpustakaan yang masih rendah. Sepi peminat. Meskipun bermunculan komunitas-komunitas baca," jelas ustadz Yogi yang juga dosen IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bojonegoro itu juga menyoroti, minimnya kelompok-kelompok diskusi dan kajian disiplin keilmuan di kampus maupun sekolah. "Jarang sekali ada even atau perlombaan tingkat kabupaten yang berkaitan dengan peningkatan minat baca," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com, Selasa (23/4/2019).

Ditambahkan, semua itu juga merujuk pada banyak faktor yang menyebabkan budaya literasi masih rendah. Mulai budaya 'santai' dan malas berfikir yang seakan sudah menjadi 'tradisi' turun temurun. Misalkan nongrong di warung kopi berjam-jam, bermaim game dan yang lainnya.

Belum lagi ditopang kemajuan teknologi yang membuat malas berproses, tapi lebih suka hasil instant yg disajikan di media-media. Padahal seharusnya perkembangan teknologi menjadi sarana mengembangkan literasi atau budaya membaca dimana saja.

"Terlebih budaya baca belum dimulai dari rumah. Masih jarang orang tua yang misalnya menjadikan hadiah buku sebagai hadiah istimewa. Serta orang tua yang jika bepergian, mengajak anaknya mampir ke toko-toko buku," pungkas alumni Mesir itu. [aim/ito]

Tag : literasi, buku, hari, bojonegoro, unesco, isnu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat