07:00 . Setop, Jangan Kulum Bibir untuk Ratakan Lipstik   |   22:00 . PN Tolak Praperadilan Kasus Pemalsuan AJB dan Dugaan Penyerobotan Tanah Hotel Bojonegoro   |   18:00 . Belum Ada Intruksi, Cabor Panahan Belum Gelar Latihan   |   17:00 . Lezat Terjangkau, Nikmati Bakso Kerikil Bang Har   |   16:00 . Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan   |   15:00 . Toko Kaset Jadul, Legendaris, Ada Sejak 1979   |   14:00 . Akan Lakukan Aksi, ini Harapan Suporter Persibo   |   13:00 . Masuk Musim Kemarau, BPBD Belum Terima Laporan Kekeringan   |   12:00 . Mekar Merekah, Bunga Bougenville Hiasi Sepanjang Jalan Raya Bojonegoro   |   11:00 . Kejutan dari Pertamina EP Jelang HUT Kemerdekaan RI   |   10:00 . Enak-enak di Kamar Kos, 2 Pasangan Lagi-lagi Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Jaga Kebersihan Sumber Air, Bupati Kerja Bhakti Bareng Warga   |   08:00 . Dapat Suntikan Modal Rp310 Juta, BUMdes Ngujung Diharapkan Segera Bisa Kembalikan Kerugian   |   07:00 . 7 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat   |   06:00 . Inilah Jadwal Donor Darah UDD PMI Bojonegoro Bulan Agustus 2020   |  
Wed, 12 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 10 May 2019 19:00

Program Peningkatan Sanitasi Masyarakat

Antusias, Pemdes Leran Tambah 100 Unit Jamban Sehat Bantuan EMCL

Antusias, Pemdes Leran Tambah 100 Unit Jamban Sehat Bantuan EMCL

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Desa Leran, Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, akan mendapat bantuan jamban sehat dari operator Lapangan Migas Banyu Urip Blok Cepu, Exxon Mobil Cepu Limitid (EMCL). Pemerintah desa (pemdes) Leran antusias untuk menyambut bantuan tersebut. Bahkan dari 82 bangunan yang diberikan, Kades menambah 100 unit dari anggaran desa.

“Sejak awal, cita-cita saya desa ini masyarakatnya harus sehat dan sadar kesehatan,” ujar Kepala Desa Leran, Muttabi’in dalam kesempatan Serah Terima Program Peningkatan Sanitasi Masyarakat  yang dilaksanakan di Dusun Sidokumpul Desa Leran, Jumat (10/5/2019).

Semenjak Juli 2018 dibangun, kini masyarakat Desa Leran bisa menikmati jamban sehat di rumah masing-masing. Selain bantuan jamban, warga juga mendapat bantuan fasilitas air bersih.

“Program ini bukan hanya soal jamban baru, tapi bagaimana membangun semangat hidup bersih dan sehat,” imbuh alumni kampus kesehatan ini.

Kegiatan serah terima dilakukan sebagai rasa syukur masyarakat terhadap bantuan ini. Muttabi’in menghimbau kepada warganya agar fasilitas tersebut dimanfaatkan dan dirawat dengan baik.

Program Peningkatan Sanitasi Masyarakat dilaksanakan EMCL bersama LSM Gemati di Desa Leran dan Sukoharjo. Sebanyak 100 Kepala Keluarga dari dua desa ini mendapatkan toilet permanen dari EMCL.

Selama program, warga secara gotong royong membuat septic tank berupa buis dekker dan membangun jambannya. Partisipasi masyarakat diperlukan agar menumbuhkan kesadaran pentingnya toilet bersih, sehat, dan bermanfaat.

EMCL bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro juga memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan kepada masyarakat. Agar efektif, kampanye kesehatan dilakukan di sela-sela kegiatan informal dan di sekolah.

Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono menyampaikan, pihaknya mengikuti kegiatan-kegiatan jamaah tahlil di masyarakat sembari menyampaikan informasi-informasi kesehatan. "Sedangkan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini, kita masuk ke Sekolah Dasar setempat dan memberikan pembelajaran kepada siswa,” kata Beta, sapaan karibnya.

Untuk menunjang pasokan air bersihnya, EMCL bersama masyarakat sedang membangun fasilitas air bersih dalam Program Penyediaan Akses Air Bersih Untuk Masyarakat Desa Leran. Kata Beta, fasilitas air bersih diperlukan agar masyarakat tetap menggunakan jambannya.

Sementara itu, Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa), Amni Nadya mengatakan, bahwa program ini merupakan kontribusi industri hulu migas dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Kata dia, SKK Migas bersama EMCL terus mendukung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menyukseskan kawasan bebas buang air besar sembarangan (open defecation free/ODF).

“Program ini diharapkan dapat memperkuat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. [ito/lis]

Tag : emcl, leran, kalitidu, sukoharjo


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat