05:00 . Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 329.778 Orang   |   21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:30 . 23 Presenter Nyanyi Mars Tiga Wajib   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 20 May 2019 15:00

Jajanan Khas Kampung Ini Tembus Pasaran Luar Kota

Jajanan Khas Kampung Ini Tembus Pasaran Luar Kota

Kontributor: Maulina Alfiana

blokBojonegoro.com - Sudah jarang sekali warga desa yang mampu membuat jajan tradisional yang biasa disebut gapit kluntung, jajanan khas desa yang ada sejak zaman dulu ini rasanya sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat desa maupun kota.

Salah satu pemilik industri rumahan gapit kluntung, Zuhrotul Millah atau biasa disapa Mbak Njuh, warga Dukuh Bonagung, Desa Kabalan, Kecamatan Kanor mengatakan, dirinya sudah menekuni usaha menjual jajanan tradisional ini sejak tahun 1999 silam.

Dengan berbahan dasar tepung terigu dicampur dengan gula dan telur serta bumbu-bumbu rahasia lainnya, Mbak Njuh mampu menghipnotis lidah masyarakat ketika menikmati gapit buatannya. Gapit buatannya memiliki cita rasa yang khas dengan rasa gurih dan manis.

"Setiap hari pasti selalu ada saja pesanan dari konsumen, apalagi setiap menjelang Lebaran begini, pesanan membludak sampai kuwalahan," ucap Mbak Njuh saat ditemui blokBojonegoro.com

Ditambahkan, gapit kluntung ini jika diamati hampir mirip dengan ledre salah satu makanan khas Bojonegoro. Menurutnya, selain secara fisik, kesamaan lainnya terletak pada cara pengolahannya. Yakni, harus dalam keadaan panas saat menggulungnya dengan menggunakan cetakan pemanas yang tradisional.

"Saat ini saya tidak hanya memproduksi gapit kluntung saja, ada gapit emplek dan beberapa kue kering lainnya," tambah Mbak Njuh.

Bersama dengan empat karyawannya, setiap hari Mbak Njuh dapat membuat puluhan kilogram gapit kluntung maupun emplek dan kue kering lainnya, yang kini pemasarannya telah tersebar di toko-toko besar yang ada di wilayah Bojonegoro serta luar Kota yakni Tuban dan Lamongan.

"Alhamdulillah, produksi rumahan yang saya tekuni ini sudah tembus pasaran luar kota dan telah memiliki merek  sendiri," pungkasnya, Senin (20/5/2019). [lin/lis]

 

Tag : jajanan, lebaran


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat