21:00 . Wakili Kodim, Siswa SMAN 1 Padangan Juara 3 Lomba Fotografi Tingkat Kodam   |   20:00 . Diknas Bojonegoro Didatangi Tim Siber Pungli   |   19:00 . Kenapa Ada Gerakan 18.21?   |   18:00 . Menuju Kota Kreatif, Bupati Teken MoU dengan ICCN   |   17:00 . Ayo..! Gerakan 18.21 di Bojonegoro   |   16:00 . Dua Warga Kedungadem Diduga Tewas Bunuh Diri   |   14:00 . Pimpinan DPRD Dikukuhkan, AKD Masih Menunggu   |   13:00 . Siswa SD Hanya Bisa Baca Buku di Perspusda   |   12:00 . Persibo Jajal Kekuatan Persekam di Partai Uji Coba   |   11:00 . Para Pendonor Aktif Dapat Piagam Penghargaan   |   10:00 . Demi Pembaca, Perpusda Tambah 1.732 Buku   |   09:00 . Apel HUT PMI Jadi Penyemangat Gerakan Kemanusiaan   |   08:00 . Bojonegoro Dapat Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Olahraga   |   07:00 . Tak Mau Beri Anak Susu Formula? Tapi Jangan Lakukan 3 Hal Ini, Moms!   |   18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |  
Wed, 18 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 26 May 2019 07:00

Teh Manis Buat Buka Puasa, Sehat Nggak Sih?

Teh Manis Buat Buka Puasa, Sehat Nggak Sih?

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Ada banyak pilihan minuman atau makanan untuk takjil. Nah, teh manis hangat masuk salah satu minuman yang kerap dijadikan menu berbuka. Hal ini pun diungkap oleh pengakuan dari sejumlah orang yang menjalankan ibadah puasa. Salah satunya Dek Maya (25), karyawan swasta.

"Kalau di rumah pasti pas buka langsung teh manis hangat. Kata mama gue biar perutnya anget, kan seharian nggak ada isinya tuh," ujar Dek Maya.

Tapi ada juga yang memilih untuk minum minuman lain saat berbuka puasa, salah satunya Silmia Putri (22), karyawati sebuah perusahaan swasta yang lebih suka minum segelas air putih.

"Di rumah sih iya (minum teh hangat --red) tapi aku pribadi tuh lebih suka air putih, karena itu (teh --red) kafein," ujar wanita yang akrab disapa Mia ini. Alasannya?

"Tetap kayaknya tuh untuk menganti ion-on yang hilang itu air putih atau kelapa. Tapi enak juga minum teh hangat, enak badannya jadi anget, tapi menurut aku bukan hal yang harus," lanjutnya.

Nah kalau kata dokter soal kebiasaan minum teh hangat saat berbuka puasa bagaimana, sudah tepat belum sih? dr Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru, pernah menjelaskan kalau sebaiknya menenggak air dengan suhu yang hangat agar terhindar dari sakit tenggorokan. Jadi teh hangat sebenarnya tidak masalah.

"Yang penting hangat biar tenggorokannya enggak sakit, enggak papa teh panas manis karena biasanya orang puasa gula darahnya turun. Kita naikkan lagi dengan teh manis, kecuali dia diabetes mungkin jangan terlalu manis," tutur dokter dengan panggilan hangat dr Titi tersebut.

Selain itu, dr Titi juga menekankan untuk tidak keterusan mengonsumsi makanan manis saat berbuka. Ia merekomendasikan untuk meminum segelas teh hangat atau bisa juga dengan kolak setelah itu beri jeda untuk makan besar.

"Tapi jangan jadi keterusan manis terus, tahu-tahu berat badan naik. Batasi segelas (teh manis hangat) sehabis itu kue sepotong. Langsung solat, habis itu baru makan berat, jangan nunggu terlalu malam," tutupnya. [lis]

sumber: detik.com

Tag : teh, manis

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat