22:00 . PN Tolak Praperadilan Kasus Pemalsuan AJB dan Dugaan Penyerobotan Tanah Hotel Bojonegoro   |   18:00 . Belum Ada Intruksi, Cabor Panahan Belum Gelar Latihan   |   17:00 . Lezat Terjangkau, Nikmati Bakso Kerikil Bang Har   |   16:00 . Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan   |   15:00 . Toko Kaset Jadul, Legendaris, Ada Sejak 1979   |   14:00 . Akan Lakukan Aksi, ini Harapan Suporter Persibo   |   13:00 . Masuk Musim Kemarau, BPBD Belum Terima Laporan Kekeringan   |   12:00 . Mekar Merekah, Bunga Bougenville Hiasi Sepanjang Jalan Raya Bojonegoro   |   11:00 . Kejutan dari Pertamina EP Jelang HUT Kemerdekaan RI   |   10:00 . Enak-enak di Kamar Kos, 2 Pasangan Lagi-lagi Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Jaga Kebersihan Sumber Air, Bupati Kerja Bhakti Bareng Warga   |   08:00 . Dapat Suntikan Modal Rp310 Juta, BUMdes Ngujung Diharapkan Segera Bisa Kembalikan Kerugian   |   07:00 . 7 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat   |   06:00 . Inilah Jadwal Donor Darah UDD PMI Bojonegoro Bulan Agustus 2020   |   05:00 . Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75 Tahun   |  
Wed, 12 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 18 July 2019 08:00

Jagong Pitulasan Gusdurian Bojonegoro Angkat Tema Manusia dan Muaranya

Jagong Pitulasan Gusdurian Bojonegoro Angkat Tema Manusia dan Muaranya

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia menghadapi tantangan serius akibat menyempitnya ruang toleransi. Konflik dan ketegangan masyarakat, semakin hari makin meningkat, lantaran diakibatkan dari cara memahami orientasi keagamaan, persaingan kepentingan dan sebagainya.

Ruang-ruang sosial yang dahulu bisa menjadi perjumpaan sosial, tiba-tiba menjadi gaduh dan dipersoalkan. Penyempitan ruang toleransi ini, berbahaya jika dibiarkan terus berkembang, klaim Indonesia sebagai negara moderat akan semakin dipertanyakan.

Berangkat dari kondisi tersebut, Gusdurian Bojonegoro mengangkatnya sebagai bahan diskusi bersama, atau biasa disebut 'Jagong Pitulasan' yang digelar di Aula FKUB Kabupaten Bojonegoro, Rabu (17/7/2019) malam.

Koordinator Gusdurian Bojonegoro, Hery Puji Santoso mengungkapkan, bagi Gus Dur harga kemanusiaan di atas segalanya, nilai-nilai kemanusiaanlah yang sanggup mengatasi segala perbedaan.

Gus dur menilai, bahwa inti dari setiap agama adalah cinta kasih kepada sesama manusia. Atau muara dari seluruh ajaran Agama adalah cinta kasih terhadap manusia.

"Pada jagong pitulasan ketiga ini, kita mengundang narasumber dari akademisi yaitu M. Taufik dan seorang penulis M. Ikhwan," ujar pria yang akrab disapa Kaji Heri tersebut.

Para narasumber percaya bahwa masyarakat Indonesia pada dasarnya adalah masyarakat yang toleran, dan sudah terbukti ratusan tahun silam. Penyebaran islam yang  berdimensi isoterik, kata M. Ikhwan, bisa menjadikan islam lebih bisa diterima.

Namun meskipun demikian, sebagian besar dari mereka tidak mempunyai daya tangkal atau imunitas dari pengaruh indoktrinasi atau intoleransi.

Melihat hal tersebut, Gusdurian harus mengoperasionalkan nilai-nilak yang sudah tertuang dalam sembilan nilai utama Gus Dur. Tentunya, dengan mengajak kelompok masyarakat yang lain untuk terus menjaga moderatisme indonesia dan menggelorakan toleransi.

"Kita juga harus terus menerus memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya sikap toleran dan moderat dalam hidup berbangsa dan bernegara," sambung M. Taufik.

Sebelum acara selesai, kedua narasumber berpesan, bahwa Gusdurian juga harus selalu membangun komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat maupun pengelola pemerintahan. Agar tidak dikendalikan oleh kekuatan-kekuatan yang mempersempit ruang toleransi. [din/mu]

Tag : gusduran, jagong pitulasan, gus dur, komunitas gusdur, toleransi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat