18:00 . PTSL 2020, Kabupaten Bojonegoro Tempati Urutan ke-2 Se-Jatim   |   13:00 . Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November   |   12:00 . Jelang Idul Adha, Harga Telur Ayam Turun   |   11:00 . Polres dan Dishub Bojonegoro Siapkan Grid Bagi Pengendara Motor   |   10:00 . Intip Kuliner Khas Arab di Teras Alfaros   |   09:00 . Tingkatkan Pembangunan Desa, DPMD Bersama P3MD Fasilitasi Penyusunan RKPDes   |   08:00 . 16 Pot Bunga di Kota Dirusak Orang   |   07:00 . Kesalahan Pakai Masker yang Amat Berbahaya Tapi Sering Dilakukan Keluarga   |   21:00 . Sehari, 16 Orang di Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Covid 19   |   20:00 . Sumur Bor di Margomulyo Keluar Gas, Gegerkan Warga   |   15:00 . Ada Penyaluran Beras Bansos ke KPM, ini Tanggapan Bulog   |   14:00 . Rapid Test Gratis Masyarakat Bojonegoro Didominasi Pekerja   |   13:00 . Pemohon Akta Kematian Rata-rata 20-25 Orang Per Hari   |   12:00 . Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau   |   11:00 . Baksos Wujud Kejari Bojonegoro Hadir Bantu Kepedulian Sesama   |  
Thu, 16 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 31 July 2019 13:00

Bercirikan Pesantren, Kampus STAI Al-Hikmah Tuban Tanamkan Nilai Nahdliyah

Bercirikan Pesantren, Kampus STAI Al-Hikmah Tuban Tanamkan Nilai Nahdliyah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah menjadi salah satu perguruan tinggi yang bercirikan pesantren. Bahkan kampus yang berada di Desa Binangun, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban ini menanamkan nilai-nilai nahdiyin dengan mengajarkan mata kuliah keaswajaan pada mahasiswanya.

"Kampus ini (STAI Al-Hikmah) bercorak pesantren, termasuk ada mata kuliah keaswajaan," kata salah satu dosen STAI Al-Hikmah, Niswatin Nurul Hidayati saat prosesi yudisium di salah satu hotel di Bojonegoro, Rabu (31/7/2019).

Dosen asal Bangilan Tuban itu menjelaskan, dalam prosesi yudisium selain mahasiswa berhijab, seluruh mahasiswa diminta mengenakan songkok hitam. Namun dalam proses belajar mengajar perkuliahan para mahasiswa diwajibkan bersongkok dan memakai jas almamater.

"Kalau hari biasa tidak mengenakan (songkok dan beralmamater) akan ditegur untuk memakai, dan mereka akan mengambil di pondok, karena mayoritas tinggal di pondok. Jika ujian, mahasiswa akan disanksi," terang dosen Bahasa Inggris kepada blokBojonegoro.com.

Bu Niswatin panggilannya juga menuturkan, selain muatan lokal keaswajaan, materi lainnya seperti pada kampus umumnya termasuk usul fiqih dan lain-lain. Tetapi di lingkungan kampus sesuai syariat karena ada materi di lingkup pondok tersebut.

"Mahasiswa juga banyak menjuarai lomba-lomba keagamaan seperti MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur'an), pidato, kaligrafi dan yang lainnya di Tuban. Sehingga ada yang dikirim ke tingkat provinsi," tutur dosen lulusan magister Bahasa Inggri Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta itu.

Ditambahkan Bu Niswatin yang juga ketua panitia yudisium ke-5, setidaknya ada 138 mahasiswa-mahasiswi. Mereka terbagi menjadi empat program studi (Prodi), yakni 6 mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), 100 mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 18 mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) dan sisanya 14 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah (ES).

Pasca prosesi yudisium ini, seluruh mahasiwa-mahasiswi dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar sesuai prodi masing-masing. Setelah itu kampus menjadwalkan tanggal 29 Agustus 2019 nanti, akan dilakukan prosesi wisuda di kampus setempat.

"Sejak berdiri tahun 2010, banyak mahasiswa selain Tuban dan Bojonegoro juga ada yang dari Kalimantan, Madura, Sulawesi dan Jakarta yang mayoritas NU sekaligus menetap di pondok pesantren," pungkas dosen yang sudah membuat 25 karya buku ini.

Seperti diketahui kampus STAI Al-Hikmah bernaung di yayasan yang menangui mulai jenjang RA, MI, MTs, MA dan STAI. Sehingga sudah banyak lulusan yang mengabdi di masyarakat, termasuk bekerja di pemerintahan. [zid/mu]

Tag : stai al hikmah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat