07:00 . 4 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet dengan Pasangan di Era Digital   |   19:00 . Emak-emak Nekat Tabrak Palang Pintu KA   |   18:00 . Target Curi Poin, Persibo Bawa 22 Pemain ke Gresik   |   17:00 . Dirangkai Berbagai Acara, Haul Mbah Singonoyo Sukorejo Meriah   |   16:00 . Patuhi Sanksi, Suporter Persibo Tak Akan Berangkat Ke Gresik   |   15:00 . Palang Pintu KA Patah Dipasang dengan Didriling dan Diikat Karet Ban   |   14:00 . Viral, Emak-Emak Tabrak Palang Pintu Kereta Api Hingga Patah   |   13:00 . Jelang Pelantikan Presiden, Polres Bojonegoro Apel Gelar Pasukan Pengamanan Imbangan   |   12:30 . Badan Mobil di Tengah Jalan, Macet Total   |   12:00 . Penumpang Pickup Jagal Sapi Asal Mabang   |   11:00 . Truk Vs Pickup di Proliman, Banyak Korban   |   10:00 . Sebelum Pengambilan Api Abadi, Bupati dan Wabup Ziarah Makam Leluhur   |   07:00 . Cara Pakai Bra yang Tepat Agar Payudara Selalu Sehat   |   18:00 . Selisih Gol, Awas Persibo Bisa Tergeser dari Puncak Klasemen   |   17:00 . Siswa SMAN 1 Kalitidu Belajar Energi Migas dengan EMCL   |  
Sat, 19 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 August 2019 15:00

26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

Reporter: Ali Imron / blokTuban.com

blokBojonegoro.com - Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7 Agustus 2019, 26 peserta dinyatakan kompeten dan tiga peserta belum kompeten.

Salah satu peserta, Ririn Wedia mengatakan, selama dua hari ini dirinya sempat grogi, nano-nano (campur aduk), dan ngebut menghafal buku saku wartawan, sekaligus membayangkan tes yang akan ia jalani bagaimana.

Ketika masuk ruangan, kebetulan juga satu tim dengan teman-teman sendiri. Dengan penguji Samsul Huda, para penguji bersyukur sebelumnya diberi motivasi sehingga hati menjadi tenang.

"Beliau pemaaf karena dua kali nyebut salah nama," kata Ririn yang disambut gelak tawa peserta lain, Rabu (7/8/2019).

Salah satu reporter media online di Kabupaten Bojonegoro ini menambahkan, UKW sangat berarti secara pribadi khususnya wartawan daerah. Selama ujian banyak mendapat ilmu dan pengalaman bersama penguji yang sangat berkompeten.

"Semoga media di Bojonegoro jadi media kompeten dan wartawannya semua kompeten di bidangnya," terang Ririn.

Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim mnegucapkan selamat bagi peserta yang berhasil. Secara praktis dan moral harus semakin bagus. Memang aspek moral dan etika tak diujikan langsung, tapi ada sharing penguji ke peserta tentang pentingnya menjaga moral.

Bagi peserta yang belum berhasil jangan putus asa. PWI akan menggelar UKW lagi, tapi waktunya belum pasti. PWI bersama stakholder akan terus meningkatkan kompetensi wartawan.

ukw-bb

*Foto peserta ukw dari redaksi blokBojonegoro.com (Parto Sasmito dan M. Yazid) dan blokTuban.com (Mochamad Nur Rofiq, Ali Imron, dan M. Anang Febri).

Pelaksanaan UKW di Jatim dari aspek peserta sangat antusis dan bisa dibilang tidak ada masalah, tapi ada beban yang berat ketika masuk ujian. Pasti ada rasa nervous dan lain-lain, itu wajar karena fitrah manusia.

"Aspek geografi di Jatim sangat terjangkau. Dibandingkan daerah dari Maluku, Papua, Ambon, Merauke, dan Waropen pasti naik pesawat dan berhari-hari," beber Pak Air sapaan akrabnya.

Banyak aspek yang disampaikan penguji dalam dua hari ini. Diharapkan peserta dapat menelaah maknanya, supaya kedepan dapat berkarya dengan jurnalistik yang baik serta berkualitas.

"Aspek administrasi di 2019 ini saya akui ribet, tapi waktu UKW dipastikan semuanya lancar," tegasnya.

Perwakilan PWI Pusat, Joko Tetuko mengatakan, Jawa Timur sudah berhasil melaksanakan UKW angkatan ke-27. Angkatan ini memang tidak terbanyak secara nasional, karena Jatim sendiri UKW-nya tertinggal 2 tahun. Tapi gerbongnya Jatim, kalau melaksanakan UKW rata-rata angkatan besar 50-40 orang.

Saat ini tercatat ada 1.097 wartawan Jatim yang berkompeten, dan 11 ribu lebih wartawan PWI secara nasional yang berkompeten. Harapannya mereka semua menjaga marwah PWI.

"Terimakasih atas peran serta dan dukungan SKK Migas dalam UKW kali ini. Semoga sinergi juga berlanjut ke PWI Peduli," ujarnya.

Tak ketinggalan, Kepala Humas SKK Migas Jabanusa, Doni Arianto juga mengucapkan selamat bagi peserta yang lulus, semoga kedepan lebih kompeten dan sukses.

Pada intinya dari SKK Migas mengucapkan terimakasih kepada PWI dan penguji. Ucapan terimakasih juga kepada peserta karena telah berpartisipasi mengikuti uji kompetensi.

"Kalau ada berita-berita negatif mohon dikonfirmasikan dulu ke kita. Pasti dijawab saat ada simpang siur informasi," janjinya.

SKK Migas akan selalu berkoordinasi dengan Pemkab dan wartawan untuk menjaga kegiatan hulu Migas lebih baik untuk bangsa dan negara. [ali/rom]

Tag : ukw, wartawan, pers, pwi, skk migas

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat