22:00 . Tingkatkan Kepuasan Pelayanan, Satlantas Polres Bojonegoro Resmikan Gedung Baru   |   21:00 . Sebelum Injeksi Sumur, Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Gelar Sosialisasi   |   20:00 . Air Tidak Keluar, Warga Desa Ini Kompak Turunkan Mesin Pompa Air   |   19:00 . Produksi Pertamina EP Sukowati Field di Angka 9.000 BPH   |   18:00 . Penerimaan Naker Melalui Pemerintah Desa   |   17:00 . Berikan Suport, Kapolres Silaturrohimi Disabilitas Bojonegoro   |   16:00 . Akibat Angin Kencang, Kerugian Rp3,5 Miliar   |   15:00 . Kuasa Hukum GKJTU: Sempat Dilakukan Mediasi, Tiga Ruko Tetap Dirobohkan   |   14:00 . Bupati Serahkan Alat Rekam Data Kependudukan Tingkat Kecamatan   |   13:00 . Kalah Gugatan, 3 Ruko Dirobohkan Oleh PN Bojonegoro   |   12:00 . 46 Pohon Tumbang di 11 Kecamatan   |   11:00 . Kebutuhan Naker untuk Rig, ini yang Dibutuhkan   |   10:30 . Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan   |   10:00 . Pertamina EP Field Asset 4 Sosialisasi Pengeboran Lokasi Sukowati i003   |   09:30 . Literasi di Kampus Ungu Terus Mewarnai   |  
Wed, 20 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 August 2019 07:00

Kapan Bayi Tahu Namanya Sendiri?

Kapan Bayi Tahu Namanya Sendiri?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Berdiskusi bersama suami untuk memberi nama kepada bayi memang bisa jadi momen yang menyenangkan. Selain memilih nama yang indah, terselip pula doa dan harapan orang tua di baliknya. Tak heran bila setelah si kecil lahir ke dunia, Anda dan pasangan akan selalu memanggil namanya. Tapi sebenarnya, kapan bayi mengetahui namanya sendiri?

Sabar, Moms! Anda perlu menunggu hingga beberapa bulan. Pasalnya meski kadang seolah menoleh atau menatap saat namanya dipanggil, bayi yang baru lahir belum paham saat dipanggil atau namanya disebut. Ia juga tidak menyadari adanya korelasi dari nama yang sering Anda sebutkan itu dengan dirinya.

Menurut laman Baby Centre, umumnya bayi mengetahui namanya sendiri pada usia 6 hingga 9 bulan. Bila namanya dipanggil, bayi akan meresponnya dengan tawa atau senyuman. Selain sudah tahu namanya, di usia ini pula bayi menyukai bermain dengan orang yang sudah dikenalnya dan merasa sedih jika jauh dari mereka.

Meski begitu, dijelaskan oleh Julie Capiola, MD, seorang dokter anak dari Premier Pediatrics, New York, Amerika Serikat, perkembangan setiap bayi berbeda. Sehingga kapan tepatnya bayi benar-benar mengerti dalam rentang usia tersebut di atas bisa bervariasi. Ada yang lebih cepat, ada juga yang lambat. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Yang penting adalah perkembangan sosial bayi mengalami kemajuan dan melakukan hal-hal seperti menanggapi yang Anda katakan dan lakukan dan membuat suara sendiri agar dan mendapatkan perhatian Anda," katanya seperti dilansir The Bump.

Lantas, adakah cara untuk membantu bayi untuk mengenali namanya?

Ada, Moms! Caranya dengan terus memanggil nama buah hati berulang kali dan menyebutkan namanya setiap melakukan sesuatu. Misalnya katakan, “Ini mainanmu, Arka,” atau, "Ini buah untuk Arka, yang ini buah untuk Ibu," sambil menunjuk dirinya dan diri Anda sendiri sehingga bayi mudah memahami.

Kelak ketika memasuki usia 15 hingga 18 bulan, bayi mungkin sudah bisa mengingat dan menyebut namanya. Namun bila belum, bersabarlah lagi. Hingga berumur 24 bulan kemampuannya akan terus bertambah hingga bisa mengucapkan setidaknya 100 kata, yang salah satunya menyebutkan namanya.

Namun jika pada usia 9 bulan bayi Anda terlihat tidak menanggapi saat namanya dipanggil, cobalah bawa ke dokter. Mengutip Essential Parent, dokter akan memeriksa pendengaran, penglihatan dan mungkin melakukan beberapa tes lain untuk mengamati perkembangan lainnya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat