14:00 . Terapkan Prokes, 121 Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Wisuda Hari Ini   |   13:00 . Cupang Jadi Primadona saat Pandemi, Sehari Pedagang Raup Minimal Rp1 Juta   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Jual Logam Mulia Naik   |   11:00 . Tingkatkan Pasokan Darah Saat Pandemi, Karta Tri Tunggal Jaya Tumpengan dan Donor   |   10:00 . Gaya Hidup Sehat Agar Liburan Aman   |   09:00 . Musim Penghujan, Petani Selatan Bojonegoro Mulai Tanam Jagung   |   08:00 . Viral....!!! Pengembala Cantik Asal Tambakrejo   |   07:00 . 5 Penyebab Medis yang Memicu Sensasi Pening di Kepala   |   06:00 . Pasien Sembuh di Jatim 215, Tambahan 222 Kasus Baru   |   05:00 . 4 Sembuh, Pasien Covid-19 di Bojonegoro Tambah 3 Orang   |   15:00 . Kapan Pandemi Berakhir? Satgas Covid-19: Kuncinya Kedisiplinan Masyarakat   |   14:00 . Penanganan Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-rata Dunia   |   13:00 . Iman Kuat Libur Panjang Aman   |   12:00 . Kangen Nonton Bioskop? Ini Tips Aman saat Nonton Bioskop   |   11:00 . Harga Daging Ayam di Pasar Kembali Naik   |  
Sat, 31 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 August 2019 07:00

Kapan Bayi Tahu Namanya Sendiri?

Kapan Bayi Tahu Namanya Sendiri?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Berdiskusi bersama suami untuk memberi nama kepada bayi memang bisa jadi momen yang menyenangkan. Selain memilih nama yang indah, terselip pula doa dan harapan orang tua di baliknya. Tak heran bila setelah si kecil lahir ke dunia, Anda dan pasangan akan selalu memanggil namanya. Tapi sebenarnya, kapan bayi mengetahui namanya sendiri?

Sabar, Moms! Anda perlu menunggu hingga beberapa bulan. Pasalnya meski kadang seolah menoleh atau menatap saat namanya dipanggil, bayi yang baru lahir belum paham saat dipanggil atau namanya disebut. Ia juga tidak menyadari adanya korelasi dari nama yang sering Anda sebutkan itu dengan dirinya.

Menurut laman Baby Centre, umumnya bayi mengetahui namanya sendiri pada usia 6 hingga 9 bulan. Bila namanya dipanggil, bayi akan meresponnya dengan tawa atau senyuman. Selain sudah tahu namanya, di usia ini pula bayi menyukai bermain dengan orang yang sudah dikenalnya dan merasa sedih jika jauh dari mereka.

Meski begitu, dijelaskan oleh Julie Capiola, MD, seorang dokter anak dari Premier Pediatrics, New York, Amerika Serikat, perkembangan setiap bayi berbeda. Sehingga kapan tepatnya bayi benar-benar mengerti dalam rentang usia tersebut di atas bisa bervariasi. Ada yang lebih cepat, ada juga yang lambat. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Yang penting adalah perkembangan sosial bayi mengalami kemajuan dan melakukan hal-hal seperti menanggapi yang Anda katakan dan lakukan dan membuat suara sendiri agar dan mendapatkan perhatian Anda," katanya seperti dilansir The Bump.

Lantas, adakah cara untuk membantu bayi untuk mengenali namanya?

Ada, Moms! Caranya dengan terus memanggil nama buah hati berulang kali dan menyebutkan namanya setiap melakukan sesuatu. Misalnya katakan, “Ini mainanmu, Arka,” atau, "Ini buah untuk Arka, yang ini buah untuk Ibu," sambil menunjuk dirinya dan diri Anda sendiri sehingga bayi mudah memahami.

Kelak ketika memasuki usia 15 hingga 18 bulan, bayi mungkin sudah bisa mengingat dan menyebut namanya. Namun bila belum, bersabarlah lagi. Hingga berumur 24 bulan kemampuannya akan terus bertambah hingga bisa mengucapkan setidaknya 100 kata, yang salah satunya menyebutkan namanya.

Namun jika pada usia 9 bulan bayi Anda terlihat tidak menanggapi saat namanya dipanggil, cobalah bawa ke dokter. Mengutip Essential Parent, dokter akan memeriksa pendengaran, penglihatan dan mungkin melakukan beberapa tes lain untuk mengamati perkembangan lainnya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat