12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |   11:00 . Tingkatkan Populasi Ternak dengan Lomba Sapi Betina Produktif   |   10:00 . Berkah Energi Pertamina, Inilah Lima Pemenangnya   |   09:00 . Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT   |   08:00 . 2 Ekor Sapi Tepanggang Saat Kebakaran di Desa Karangsono   |   07:00 . Persiapan agar Tubuh Tetap Bugar di Musim Hujan   |   06:00 . Belajar Bersama Cak Nun, Ribuan Jamaah Penuhi Lapangan Dukohkidul   |   17:00 . Angin Kencang, 3 Dapur dan 1 Rumah di Baureno Roboh   |   15:00 . BMKG Prediksi Hujan Segera Turun di Bojonegoro   |   14:00 . Inilah Agenda HJB ke-342   |   12:00 . Pengisian Kekosongan Kepala SD Belum Bisa Dipastikan   |   11:00 . Segarnya Dawet Ireng Pelepas Dahaga   |   10:00 . BPKAD: Turunnya DBH Migas Program Prioritas Harus Didahulukan   |   09:00 . Musim Nikah, Pengusaha Rias Kebanjiran Job   |   08:00 . Polhut Bojonegoro Berhasil Amankan Satu Pelaku Diduga Pencurian Kayu   |  
Wed, 16 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 14 August 2019 11:00

Hari Pramuka Ke - 58

Gerakan Pramuka Tempat Menempa Kepribadian Rasional dan Nasional

Gerakan Pramuka Tempat Menempa Kepribadian Rasional dan Nasional

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah yang berkesempatan menjadi pemimpin apel Peringatan Hari Pramuka Ke - 58, di alun-alun kota Bojonegoro, Rabu (14/8/2019). Pada kesempatan tersebut, bupati menyampaikan pentingnya Gerakan Pramuka bagi generasi muda.

Tidak dipungkiri, gerakan pramuka yang merupakan sistem kegiatan pendidikan nonformal selalu mampu berkontribusi untuk membina serta mendidik kaum muda yang berakhlak mulia, berbudi luhur, berpengetahuan dan terampil dengan segala aktifitas yang diterapkan di dalam pramuka.

"Pendidikan yang mendasarkan pada Satya dan Dharma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka dalam bersikap dan berperilaku,"kata Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

Selain itu, gerakan pramuka juga dapat membantu dan melengkapi pendidikan formal. Yakni, sebagai wahana untuk membentuk watak, karakter, kepribadian rasional dan nasional bagi generasi muda. Gerakan pramukan salah satu tempat yang cocok untuk menempa pengetahuan, ketrampilan dan disiplin bagi anggotanya menuju kedewasaan.

"Melalui gerakan pramuka ini mari bersama-sama membangun persatuan dan kesatuan NKRI ditengah perpecahan,"terangnya.

Bupati juga menyayangkan atas kerusakan dan pencemaran lingkungan yang terjadi saat ini. Menurutnya, kerusakan ini termasuk dari kelalaian masyarakat luas akan pentingnya warisan lingkungan bersih dan sejat kepada generasi selanjutnya. Mencintai alam adalah wujud dari rasa sayang dari anggota pramuka.

"pencemaran lingkungan perlu penanganan serius, terutama dalam hal sampah. Pengelolaan saat ini masih belum sesuai dengan teknik dan metode pengawasan lingkungan,"lanjut Bupati

Bupati mengaggap persoalan sampah plastik sekiranya telah menjadi permaslaalahan nasional. Indonesia merupakan produksi sampah terbesar di dunia, terutama sampah plasik. Sebab masa urai alaminya bisa sampai alami 10-80 tahun. Jika dibakar juga akan menghasilkan molekul racun yang juga berbahaya.

Oleh karena itu, Bupati sangat menekankan kesadaran dan inovasi masyarakat agar sampah plastik bisa dikurangi atau diolah kembali menjadi produk yng bermanfaat. Sebab, dengan demikan sampah plastik akan menurun jumlahnya.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh elemen masyarakat Bojonegoro untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai,"tutupnya. [fin/ito]

Tag : bupati, bojonegoro, pramuka

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat