12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |   11:00 . Tingkatkan Populasi Ternak dengan Lomba Sapi Betina Produktif   |   10:00 . Berkah Energi Pertamina, Inilah Lima Pemenangnya   |   09:00 . Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT   |   08:00 . 2 Ekor Sapi Tepanggang Saat Kebakaran di Desa Karangsono   |   07:00 . Persiapan agar Tubuh Tetap Bugar di Musim Hujan   |   06:00 . Belajar Bersama Cak Nun, Ribuan Jamaah Penuhi Lapangan Dukohkidul   |   17:00 . Angin Kencang, 3 Dapur dan 1 Rumah di Baureno Roboh   |   15:00 . BMKG Prediksi Hujan Segera Turun di Bojonegoro   |   14:00 . Inilah Agenda HJB ke-342   |   12:00 . Pengisian Kekosongan Kepala SD Belum Bisa Dipastikan   |   11:00 . Segarnya Dawet Ireng Pelepas Dahaga   |   10:00 . BPKAD: Turunnya DBH Migas Program Prioritas Harus Didahulukan   |   09:00 . Musim Nikah, Pengusaha Rias Kebanjiran Job   |   08:00 . Polhut Bojonegoro Berhasil Amankan Satu Pelaku Diduga Pencurian Kayu   |  
Wed, 16 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 22 August 2019 07:00

Tips Anti Stres untuk Ibu Bekerja yang Baru Jadi IRT

Tips Anti Stres untuk Ibu Bekerja yang Baru Jadi IRT

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Karena berbagai pertimbangan, Anda memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT). Tentu saja ada perasaan senang, karena sekarang Anda bisa lebih sering bersama si kecil. Tapi karena pada kenyataannya, selain rasa senang bisa jadi Anda pun merasa stres, lho. Maklum saja, rutinitas Anda sehari-hari akan berubah drastis!

Inilah yang harus Anda waspadai, Moms. Rasa cemas serta stres yang berlebih tentu dapat berdampak pada kondisi kesehatan. Entah itu buat Anda jadi susah tidur, susah makan, hingga berpengaruh pada kehidupan seksual Anda. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan agar tidak merasa stres saat harus berada di rumah?

Buat Jadwal Harian

Agar semuanya rencana bisa aman terkendali, sebaiknya buatlah jadwal kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya. Pilihlah kegiatan yang menjadi prioritas seperti membayar tagihan listrik, air, dan membeli keperluan rumah tangga.

Selain memudahkan Anda untuk mengingat rencana apa saja yang akan dilakukan, jadwal yang terstruktur juga bisa membantu Anda agar tidak panik dan stres.

Jaga Komunikasi dengan Suami

Karena lelah dengan semua pekerjaan rumah yang dilakukan, Anda jadi malas untuk berkomunikasi dengan suami di malam hari. Ingat, Moms, salah satu kunci keharmonisan Anda dengan suami adalah komunikasi.

Begitu juga bila saat sama-sama bekerja Anda sering menyempatkan diri untuk pulang bersama atau mampir di resto favorit untuk ngobrol dengan suami misalnya. Cobalah untuk tetap melakukannya. Buat janji makan siang atau 'kencan' setelah waktu suami bekerja.

Minta Bantuan

Jika Anda merasa tidak sanggup untuk melakukan semua pekerjaan rumah sendirian, jangan gengsi untuk meminta bantuan suami atau asisten rumah tangga maupun bantuan lainnya. Jika Anda terus merasa gengsi dan selalu merasa bisa melakukan semuanya sendiri, maka tidak heran jika Anda jadi cepat stres dan memiliki emosi yang tidak terkontrol.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga tidak bisa bersenang-senang? Setelah mengikuti jadwal yang telah Anda buat, sisipkan waktu untuk diri sendiri, meski hanya 30 menit sehari. Anda bisa pergi refleksi, tidur siang, pergi ke mal, atau pergi ke salon untuk menata rambut Anda.

Tetap Jaga Relasi

Meski sudah berhenti bekerja, bukan berarti Anda harus berhenti berhubungan dengan teman-teman atau relasi Anda.
Tetaplah menjaga relasi dan silaturahmi, Moms! Ini penting dan akan mencegah Anda stres karena merasa 'tercabut dari dunia' yang selama ini Anda kenal.

Terus Baca Berita

Selain relasi, Anda juga perlu terus membaca berita agar tetap tahu apa-apa yang tengah terjadi di luar urusan anak, rumah dan keluarga. Dengan mengikuti berita, Anda juga jadi tidak merasa bosan, bisa menambah wawasan dan punya banyak bahan percakapan. Asyik, kan?

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat