18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |   17:00 . As Roda Belakang Mobil Dump Truk Patah, Lalu Lintas Tersendat   |   16:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Lantik Organisasi Kemahasiswaan   |   15:00 . Punya Harga Jual Tinggi Dibalik Limbah Tanaman Kedelai   |   12:00 . Zakat Upaya Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga Sangat Miskin   |   11:00 . Sempat Viral di Medsos, Kakek Pengemis Diamankan Satpol PP   |   10:00 . Diantar Keluarga untuk Mengemis, Seorang Kakek dan Wanita Muda Ditangkap?   |   09:00 . Fuul: Kampus Ungu Bersholawat Bareng Gus Azmi   |   08:00 . Ditinggal Nonton Hiburan, Rumah di Ngasem Terbakar   |   07:00 . Waspada Bila Anak Tampak Begitu Lamban dan Mudah Jatuh   |   21:00 . Bus Baru Pemkab Bojonegoro Khusus untuk Pelayanan dan Sosial   |   20:00 . Live: Kampus Ungu Bersholawat Bersama Gus Azmi   |   19:00 . Kader Baureno Nahkodai PDPM Bojonegoro   |   18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |  
Mon, 16 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 12 September 2019 14:00

Gelar Simulasi: Kereta BBM Pertamina Terbakar dan Diserang Teroris

Gelar Simulasi: Kereta BBM Pertamina Terbakar dan Diserang Teroris

 

Reporter: M Yazid

 

blokBojonegoro.com - Pertamina melalui unit operasi Marketing Operation Region V menggelar Major Emergency Drill Level 1 berupa simulasi penanganan kebakaran dan counter terrorism yang dilaksanakan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya Group pada Kamis (12/9/2019).

 

Simulasi diawali dengan adanya kecelakaan pada kereta pengangkut BBM (Rail Tank Wagon / RTW) di Stasiun Benteng, Surabaya yang membawa Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga terjadi kebocoran BBM pada salah satu gerbong tersebut. Tidak berhenti disana, keadaan diperparah ketika terjadi sabotase dengan adanya oknum tidak dikenal yang membuang puntung rokok pada BBM yang tercecer sehingga terjadi kebakaran hebat pada gerbong tersebut.

 

Sigap dan tanggap atas kejadian darurat, tim HSSE Pertamina segera meluncur ke lokasi kejadian dan memisahkan rombongan kereta yang terbakar agar kebakaran tidak meluas ke tempat lain. Berkoordinasi dengan Unit Damkar dari Pemerintah Kota dan TNI AL, Pertamina dengan personil terlatihnya melakukan pemadaman api yang muncul di kereta BBM tersebut serta melakukan pengamanan lokasi agar pihak yang tidak berkepentingan tidak mendekati lokasi kejadian.

 

Dalam menangani korban luka, Pertamina juga berkoordinasi dengan Rumah Sakit PHC Surabaya menggunakan ambulance untuk diberikan tindakan penyelamatan dan perawatan intensif.

 

Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji menyatakan bahwa tujuan dilakukan simulasi penanganan keadaan darurat tersebut adalah untuk melatih pemahaman tugas dan tanggung jawab setiap fungsi terhadap kondisi emergency. “Simulasi ini juga sebagai sarana upskilling dan terus melatih kewaspadaan seluruh pekerja Pertamina, serta Tim Penanggulangan Keadaan Darurat dan HSSE dari Pertamina,” ujarnya.

 

Tidak hanya kondisi emergency kebakaran, Pertamina juga melakukan emergency drill serangan terorisme yang menyerang Terminal BBM Surabaya Group pada waktu yang bersamaan. Dalam kondisi ini, semua pihak dilatih bagaimana caranya untuk tetap tenang walau dalam kondisi yang mengancam.

 

Bekerjasama dengan TNI dan POLRI, Pertamina melakukan koordinasi dan negosiasi secara intensif agar serangan terorisme dapat ditangani dengan baik dan meminimalisir korban yang jatuh.

 

“Pada akhirnya, aspek HSSE selalu menjadi dasar dari seluruh insan Pertamina dalam menjalankan area operasi bisnisnya. Karena industry migas juga adalah industry yang penuh dengan risiko tinggi, baik itu resiko investasi maupun resiko operasional,” tutup Rustam. [lis]

 

 

Tag : simulasi, bbm, pertamina

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat