21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |   18:00 . Dinilai Terlalu Lama Kotor, Erick Thohir Ingin Bersihkan Sepakbola Indonesia   |   17:00 . Terpeleset saat Mandi di Sungai, Anak asal Soko Tenggelam di Kapas   |   16:00 . Besok, 16 Kecamatan di Bojonegoro Diprakirakan Akan Hujan Petir di Sore Hari   |   12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |  
Thu, 02 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gelar Simulasi: Kereta BBM Pertamina Terbakar dan Diserang Teroris

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 September 2019 14:00

Gelar Simulasi: Kereta BBM Pertamina Terbakar dan Diserang Teroris

 

Reporter: M Yazid

 

blokBojonegoro.com - Pertamina melalui unit operasi Marketing Operation Region V menggelar Major Emergency Drill Level 1 berupa simulasi penanganan kebakaran dan counter terrorism yang dilaksanakan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya Group pada Kamis (12/9/2019).

 

Simulasi diawali dengan adanya kecelakaan pada kereta pengangkut BBM (Rail Tank Wagon / RTW) di Stasiun Benteng, Surabaya yang membawa Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga terjadi kebocoran BBM pada salah satu gerbong tersebut. Tidak berhenti disana, keadaan diperparah ketika terjadi sabotase dengan adanya oknum tidak dikenal yang membuang puntung rokok pada BBM yang tercecer sehingga terjadi kebakaran hebat pada gerbong tersebut.

 

Sigap dan tanggap atas kejadian darurat, tim HSSE Pertamina segera meluncur ke lokasi kejadian dan memisahkan rombongan kereta yang terbakar agar kebakaran tidak meluas ke tempat lain. Berkoordinasi dengan Unit Damkar dari Pemerintah Kota dan TNI AL, Pertamina dengan personil terlatihnya melakukan pemadaman api yang muncul di kereta BBM tersebut serta melakukan pengamanan lokasi agar pihak yang tidak berkepentingan tidak mendekati lokasi kejadian.

 

Dalam menangani korban luka, Pertamina juga berkoordinasi dengan Rumah Sakit PHC Surabaya menggunakan ambulance untuk diberikan tindakan penyelamatan dan perawatan intensif.

 

Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji menyatakan bahwa tujuan dilakukan simulasi penanganan keadaan darurat tersebut adalah untuk melatih pemahaman tugas dan tanggung jawab setiap fungsi terhadap kondisi emergency. “Simulasi ini juga sebagai sarana upskilling dan terus melatih kewaspadaan seluruh pekerja Pertamina, serta Tim Penanggulangan Keadaan Darurat dan HSSE dari Pertamina,” ujarnya.

 

Tidak hanya kondisi emergency kebakaran, Pertamina juga melakukan emergency drill serangan terorisme yang menyerang Terminal BBM Surabaya Group pada waktu yang bersamaan. Dalam kondisi ini, semua pihak dilatih bagaimana caranya untuk tetap tenang walau dalam kondisi yang mengancam.

 

Bekerjasama dengan TNI dan POLRI, Pertamina melakukan koordinasi dan negosiasi secara intensif agar serangan terorisme dapat ditangani dengan baik dan meminimalisir korban yang jatuh.

 

“Pada akhirnya, aspek HSSE selalu menjadi dasar dari seluruh insan Pertamina dalam menjalankan area operasi bisnisnya. Karena industry migas juga adalah industry yang penuh dengan risiko tinggi, baik itu resiko investasi maupun resiko operasional,” tutup Rustam. [lis]

 

 

Tag : simulasi, bbm, pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more