16:00 . BPBD Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   15:00 . Penyesuaian Tatanan Baru, Jam Kunjung Perpusda Dikurangi   |   13:00 . Pedagang Sayur di Pasar, Patuh Protokol Kesehatan   |   12:00 . Update Terbaru Perkembangan Covid di Indonesia   |   11:00 . Momentum Sumpah Pemuda, Satlantas Gandeng FKOB Bagikan Masker   |   10:00 . Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Bojonegoro Banjir   |   09:00 . Sempat Merugi Puluhan Juta dan Berhenti Produksi Saat Awal Pandemi Covid-19   |   08:00 . Hari Ke-3 Pencarian, Orang Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan di Balen   |   07:00 . Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal   |   06:00 . 2 Pasien Sembuh, 5 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   05:00 . Razia Pelanggar, Tetap Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19   |   04:00 . Satgas Covid-19: Tingkat Kesembuhan Pasien di Indonesia Terus Meningkat   |   23:00 . Jatim Bebas Merah, Bojonegoro Zona Risiko Rendah   |   22:00 . Kemenag isi Kekosongan Jabatan dan Merotasi Kepala KUA   |   21:00 . Libur Panjang Saat Pandemi, Kapolres Himbau Liburan Sehat di Rumah Saja   |  
Wed, 28 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 25 September 2019 07:00

6 Makanan yang Bisa Merusak Gigi Balita

6 Makanan yang Bisa Merusak Gigi Balita

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Di usia balita, anak biasanya penasaran dengan berbagai rasa makanan. Mulai dari manis, asin, pedas, hingga asam, rasanya ingin dicicipi anak.

Tapi tunggu dulu, Moms. Jangan asal anak balita senang, lantas Anda memberikan semua makanan yang disukainya. Faktanya, memang ada beberapa makanan yang justru bisa membahayakan kesehatan dan gigi si kecil. Makanan yang buruk bisa saja membuat gigi balita berlubang dan merusak enamel giginya.

Ya Moms, gigi anak memang harus dirawat sejak gigi susu pertamanya muncul. Meski kelak tanggal dan digantikan dengan gigi permanen, gigi susu anak tidak boleh dianggap sepele. Bila tidak dirawat, gigi susu rentan mengalami masalah.

Dilansir Todays Parent, berikut daftar makanan yang ternyata bisa membahayakan gigi balita.

1. Buah-buahan Sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain sebagainya memang kaya dengan vitamin C dan baik untuk tubuh. Tapi di sisi lain, aneka buah ini juga tidak baik untuk gigi anak, Moms.

Mengapa? Sebab buah sitrus punya asam yang tinggi dan hal inilah yang jadi bumerang untuk enamel gigi anak.

"Asam dari buah jeruk dapat mengikis enamel gigi sehingga membuatnya lebih lemah dan rentan berlubang," ujar Bryan Lazarus, seorang dokter gigi di Highview Dental di Aurora, seperti dikutip dari The Bumps.

Meski begitu bukan berarti si kecil tidak boleh menkonsumsi buah sitrus lagi, Moms. Tetap boleh, hanya saja, ajak balita untuk selalu menyikat giginya segera setelah makan buah sitrus.

2. Kerupuk dan Keripik Kentang

Di balik lezatnya kerupuk dan keripik kentang ternyata juga menyimpan bahaya. Kandungan kanji pada kentang dapat berubah menjadi gula yang menghasilkan asam sehingga dapat merusak gigi anak.

Tak hanya itu, kedua makanan ini juga berisiko bisa menyelip di celah gigi yang menjadi pemicu gigi berlubang.

“Makanan bertepung ini juga dapat menempel di gigi dalam jangka waktu yang lama. Makin lama terpapar makanan makin mudah terbentuknya gigi berlubang,” kata Lazarus.

Maka dari itu, Lazarus menyarankan setelah selesai menyantap krupuk ataupun keripik pastikan anak balita gosok gigi dengan benar. Untuk itu, Anda perlu mengawasi dan memastikan si kecil sudah menggosok giginya ya, Moms.

3. Acar

Siapa sangka acar juga dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Bukan pada buah atau sayurnya, justru yang menjadi biang keladinya terletak pada cuka yang digunakan dalam proses pengawetan.

Sebab cuka pada acar memiliki pH rendah yakni sebesar 2,4, angkanya sama dengan tingkat keasaman lemon. Selain itu, asam asetat dalam cuka juga dapat melemahkan enamel gigi, menghilangkan mineral gigi, dan menyebabkan kerusakan gigi.

"Cuka dapat mengikis enamel gigi, membuat gigi lebih lemah dan lebih rentan terhadap gigi berlubang," tambah Lazarus.

4. Popcorn

Moms, apakah balita Anda suka makan popcorn sebagai camilan? Selain rasanya yang gurih atau manis, popcorn juga terbuat dari jagung yang tinggi serat dan mengandung antioksidan yang bermanfaat.

Meski begitu, sama halnya dengan keripik kentang, sisa popcorn juga bisa menyelip ke dalam gigi bahkan gusi. “Popcorn jadi masalah ketika terjebak di bawah gusi karena dapat menyebabkan infeksi gusi,” ungkap Lazarus.

5. Es Batu

Meski bukan camilan, namun banyak anak yang suka memakan es batu dan tidak sedikit pula orang tua yang mengizinkannya. Ya, sensasi dingin pada es batu biasanya disukai anak-anak. Padahal ternyata, makan es batu berbahaya untuk gigi si kecil.

"Mengunyah es dapat melemahkan gigi dan membuatnya patah," kata Lazarus.

Ya Moms, gigi bisa mudah patah akibat mengkonsumsi es batu. Selain itu, pada gigi balita yang sensitif, makan es batu juga bisa menimbulkan rasa ngilu.

6. Permen Jelly

Permen jelly memang begitu menggoda bagi anak balita. Bentuknya yang lucu menggemaskan dan rasanya yang manis, biasanya disukai anak.

Tapi permen jelly juga bisa menjadi masalah pada gigi susu anak karena mengandung gula yang dapat menempel pada celah gigi, sehingga menyebabkan plak, Moms. Tak hanya itu saja, kandungan asam yang sangat tinggi juga dapat mengikis enamel gigi.

*Sumber: kumparan.com.

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat