22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |   08:00 . Pasar Buah Banjarejo Mulai Dibongkar   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   22:00 . Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Bertambah 6 Orang   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |   20:00 . Banyak SMP Negeri Kurang Pagu, Disdik Data Siswa yang Masuk Swasta   |   18:00 . Pencetakan KIA di Bojonegoro Sudah Capai 50 Persen   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 04 October 2019 07:00

Kangkung Diolah Jadi Makanan Bayi, Boleh Enggak, Ya?

Kangkung Diolah Jadi Makanan Bayi, Boleh Enggak, Ya?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada untuk makanan bayi. Ada jenis sayuran hijau yang baik untuk kesehatan si kecil seperti bayam dan kangkung, Moms. Selain murah meriah, kangkung mudah ditemui, atau bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di rumah, sebagai tanaman hidroponik lho!

Dilansir dari Nutrion and You, kangkung hijau sangat rendah kalori dan lemak, serta mengandung banyak antioksidan fenolik seperti beta karoten, lutein, xanthin, dan cryptoxanthin. Tak hanya itu, kangkung juga mengandung asam askorbat yang sangat baik untuk tubuh, kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan tinggi mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor, Moms. Lalu, kapan ya tepatnya kita bisa perkenalkan kangkung ke bayi?

"Prinsipnya 6 bulan pertama bayi hanya boleh diberikan ASI eksklusif. Kalau sudah mulai MPASI, perhatikan menu 4 bintang termasuk sayuran apa saja yang boleh konsumsi. Kangkung itu juga termasuk, dan bisa divariasikan dengan sayuran lain. Jadi tidak ada alasan boleh atau enggak bayi diberikan sayur tertentu, kecuali kalau ia memiliki alergi," jelas dokter spesialis konsultasi gizi klinik, dr. Jovita Amelia, Sp.GK, saat dihubungi kumparanMOM, Kamis (3/10).

Meski aman diberikan sejak usianya masih 6 bulan, penting diperhatikan cara mengolahnya, sebab sayuran satu ini mengandung banyak serat. Pastikan dihaluskan sampai hancur, karena jika tidak, si kecil akan berisiko tersedak. Selain itu, hindari mengolah kangkung dengan batangnya, cukup daunnya saja, Moms.

Lantas apa saja manfaat kangkung bagi bayi? Melansir dari T Health, berikut manfaatnya, Moms:

Mencegah Sembelit

Jika si kecil mengalami sembelit, berikan saja makanan bayi dari kangkung, Moms. Sebab sayuran ini dikenal memiliki sifat detoksifikasi sehingga berguna untuk mengatasi sakit perut.

Meningkatkan Imunitas

Kangkung kaya vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga imunitas bayi Anda, Moms. Kangkung juga dipercaya bisa menjadi pencegah penyakit influenza, lho.

Mencegah Parasit Usus

Manfaat kesehatan lainnya dari kangkung adalah membasmi parasit di usus. Tumbuhan air ini bisa membantu mengeluarkan Fasciolopsis buski, cacing parasit di usus manusia dan hewan yang dapat menyebabkan fasciolopsiasis.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat