14:00 . Teror Warga, Ular Sanca Batik Muncul di Warkop Bu Tiok   |   13:00 . PT KAI Belum Wajibkan Penumpang Gunakan Masker Medis   |   12:00 . Arderan, Cadangan Pakan Sapi dari Jerami   |   10:00 . Wanita Asal Sumberrejo Ini Kreasikan Tas dari Talikur   |   08:00 . Suporter Ingin SKK Migas Jadi Salah Satu Manajemen Persibo   |   07:00 . Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi   |   19:00 . Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPNNU Ngambon Adakan Rakerancab   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Ini Kondisi Sumur Bor Keluarkan Gas di Padasmalang   |   16:00 . Besok Menteri Desa PDTT Kunjungi Desa Pejambon   |   15:00 . Bupati Buka Acara Pelatihan Hidroponik Warga Binaan Lapas   |   14:00 . Warga Binaan Lapas Kelas II A Bojonegoro Diberikan Pelatihan Tehnik Hidroponik   |   13:00 . Harga Jual Turun, Buyback Justru Stagnan   |   12:00 . RS 'Aisyiyah Siap Beri Dukungan Pelayanan Kesehatan   |   11:00 . Tak Kenal Lelah, Tanpa Pamrih, Mengabdi Amalkan Ilmu   |  
Fri, 25 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 04 October 2019 07:00

Kangkung Diolah Jadi Makanan Bayi, Boleh Enggak, Ya?

Kangkung Diolah Jadi Makanan Bayi, Boleh Enggak, Ya?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada untuk makanan bayi. Ada jenis sayuran hijau yang baik untuk kesehatan si kecil seperti bayam dan kangkung, Moms. Selain murah meriah, kangkung mudah ditemui, atau bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di rumah, sebagai tanaman hidroponik lho!

Dilansir dari Nutrion and You, kangkung hijau sangat rendah kalori dan lemak, serta mengandung banyak antioksidan fenolik seperti beta karoten, lutein, xanthin, dan cryptoxanthin. Tak hanya itu, kangkung juga mengandung asam askorbat yang sangat baik untuk tubuh, kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan tinggi mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor, Moms. Lalu, kapan ya tepatnya kita bisa perkenalkan kangkung ke bayi?

"Prinsipnya 6 bulan pertama bayi hanya boleh diberikan ASI eksklusif. Kalau sudah mulai MPASI, perhatikan menu 4 bintang termasuk sayuran apa saja yang boleh konsumsi. Kangkung itu juga termasuk, dan bisa divariasikan dengan sayuran lain. Jadi tidak ada alasan boleh atau enggak bayi diberikan sayur tertentu, kecuali kalau ia memiliki alergi," jelas dokter spesialis konsultasi gizi klinik, dr. Jovita Amelia, Sp.GK, saat dihubungi kumparanMOM, Kamis (3/10).

Meski aman diberikan sejak usianya masih 6 bulan, penting diperhatikan cara mengolahnya, sebab sayuran satu ini mengandung banyak serat. Pastikan dihaluskan sampai hancur, karena jika tidak, si kecil akan berisiko tersedak. Selain itu, hindari mengolah kangkung dengan batangnya, cukup daunnya saja, Moms.

Lantas apa saja manfaat kangkung bagi bayi? Melansir dari T Health, berikut manfaatnya, Moms:

Mencegah Sembelit

Jika si kecil mengalami sembelit, berikan saja makanan bayi dari kangkung, Moms. Sebab sayuran ini dikenal memiliki sifat detoksifikasi sehingga berguna untuk mengatasi sakit perut.

Meningkatkan Imunitas

Kangkung kaya vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga imunitas bayi Anda, Moms. Kangkung juga dipercaya bisa menjadi pencegah penyakit influenza, lho.

Mencegah Parasit Usus

Manfaat kesehatan lainnya dari kangkung adalah membasmi parasit di usus. Tumbuhan air ini bisa membantu mengeluarkan Fasciolopsis buski, cacing parasit di usus manusia dan hewan yang dapat menyebabkan fasciolopsiasis.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat