15:00 . Usulkan 1000 Formasi, 615 untuk CPNS dan 385 PPPK   |   14:00 . Tahun 2021, Pemkab Bojonegoro Anggarkan 18 Milyar untuk Santunan Kematian   |   13:00 . Warga Ngumpakdalem Gotong Royong Bangunkan Rumah untuk Disabilitas   |   12:00 . BUMDES Lohjinawe Sarangan Perkuat Ekonomi Desa Melalui UMKM   |   11:00 . 190 KM Jalan Cor dan 20 KM Jalan Aspal Bakal Dibangun Tahun Ini   |   10:00 . Santunan Korban Catat Tetap Jasa Raharja 2020 Menurun   |   09:00 . Tingkatkan Layanan Masyarakat, Kesra Gunakan Aplikasi SANDUK   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |   06:00 . Manfaat Vaksin COVID-19   |   23:00 . Gandeng Kantor Pos, RSUD Bojonegoro Luncurkan Layanan Antar Obat   |   22:00 . Inilah Susunan Kepengurusan DPC Partai Gerindra Bojonegoro   |   21:00 . Warga Ngrejeng Purwosari Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Gandong   |   20:00 . 30 Pasangan Mesum Terjaring Razia, 1 Pelajar Hamil 2 Bulan   |   20:00 . Begini Virus Corona Menyerang dan Menyebar   |   19:00 . Pelaku Pencurian 12 Laptop di SDN 1 Bakung Diamankan Polisi   |  
Tue, 19 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gathering, UDD PMI Minta Masukan Koordinator Donor Darah

blokbojonegoro.com | Saturday, 05 October 2019 21:00

Gathering, UDD PMI Minta Masukan Koordinator Donor Darah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro menggelar gathering koordinator donor darah di Batu, Malang, Sabtu - Minggu (5-6/10/2019). Sekaligus meminta masukan pendonor, agar ketersediaan darah di Kota Ledre semakin baik lagi.

Selain diikuti dewan kehormatan dan pengurus PMI, serta UDD PMI Kabupaten Bojonegoro mengikuti gathering. Setidaknya ada seratusan koordinator donor darah yang rutin mengadakan donor se-Kabupaten Bojonegoro.

"UDD PMI sekarang ini mengalami peningkatan drastis, baik fasilitas maupun layanan darah," kata ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Herry Sudjarwo.

Pak Herry menuturkan, terbukti UDD PMI Kabupaten Bojonegoro sudah berstandart ISO, peningkatan kapasitas pegawai terus dilakukan dan yang lainnya. Sehingga masyarakat semakin percaya, pelayanan darah yang dilakukan semakin baik lagi.

"Namun dengan bantuan koordinator donor darah, ketersediaan darah di Bojonegoro bisa diatasi yang mau menggerakkan pendonor dan mensosialisasikannya," tutur Pak Herry yang baru pensiun dari jabatannya Kepala Dispenda Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu Kepala UDD PMI Kabupaten Bojonegoro, dr. Hernowo mengungkapkan gathering ini salah satu bentuk apresiasi donor darah yang rutin dilakukan. Pasalnya darah sangat penting untuk kelangsungan hidup.

"Kebutuhan darah di Bojonegoro sangat tinggi, setiap bulan kebutuhan darah rata-rata dua ribu kantong. Lebih tinggi dibandingkan Tuban dan Lamongan," terangnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro juga menambahkan, geliat donor darah di masyarakat sangat tinggi, terbukti 60 persen mengambil darah atau mobile unit sedangkan 40 persen pendonor datang ke UDD PMI.

"Untuk itu UDD PMI bekerjasama dengan Akes Rajekwesi Bojonegoro membuka D3 tranfusi darah, karena setiap rumah sakit belum punya bank darah," imbuhnya.

Selain itu darah sangat dibutuhkan mengingat angka kematian ibu dan anak, setidaknya angka kematiannya di Jawa Timur tertinggi di Indonesia, sedangkan Bojonegoro nomor tiga di Jawa Timur.

"UDD PMI sangat berterimakasih para pendonor, yang membantu ketersediaan darah di Bojonegoro. Semoga menjadi amal ibadah dan ladang amal buat semuanya," pungkasnya.

Tampak dalam jaring aspirasi, banyak masukan yang disampaikan termasuk keutaman donor, pentingnya sosialisasi donor darah dan yang lainnya. Sehingga masukan tersebut menjadi program selanjutnya UDD PMI Kabupaten Bojonegoro.  [zid/ito]

Tag : Udd, Pmi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat