10:00 . Pertamina EP Field Asset 4 Sosialisasi Pengeboran Lokasi Sukowati i003   |   09:00 . SKK Migas Jabanusa Perlu Media Menyampaikan Informasi dari Masyarakat   |   07:00 . Siapa yang Tahu, Lompong Punya Khasiat Menurunkan Tekanan Darah   |   06:00 . 4 Hari, 1.544 Rumah Rusak Disapu Angin   |   20:00 . Komplotan Pencuri Antar Provinsi Incar Nasabah Bank di Bojonegoro Berhasil DIbekuk   |   19:00 . DPRD Dorong Pemberian Intensif Guru Madrasah   |   18:00 . Ali Fauzi: Terorisme Bukan Hanya Terlihat dari Penampilan Fisik   |   17:00 . Pohon yang Ditebang, Akan Diganti dengan Jenis ini   |   16:00 . KIA di Bojonegoro Masih Tercetak 40 Persen   |   15:00 . Sering Nonton Film Porno, Kakek di Sukosewu Cabuli Anak 8 Tahun   |   14:00 . Siswa SMPLB Putra Harapan Raih Juara Pertama di Peparpenas 2019   |   13:00 . Pentingnya 3 Pilar di Era 4.0   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ajukan UMK 2020 Sebesar Rp 2.016.720   |   11:00 . Mendorong Generasi Muda Menjadi Energi Penggerak Bangsa   |   10:00 . Awal Pekan, Harga Logam Mulia Naik Rp 1.000 per Gram   |  
Tue, 19 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 05 November 2019 21:00

Siswa SMKN 5 Belajar Energi Migas Bareng EMCL

Siswa SMKN 5 Belajar Energi Migas Bareng EMCL

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur memiliki lapangan minyak dan gas bumi (Migas) sangat banyak sekali, salah satunya adalah lapangan Banyu Urip yang dikelola operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di Kecamatan Gayam. Selain itu Bojonegoro juga punya SMK yang memiliki jurusan yang bergerak di bidang industri migas yaitu SMK Negeri 5 Bojonegoro.

Selain membantu negara Indonesia memenuhi kebutuhan energi, EMCL juga turut membantu mengedukasi para siswa khususnya yang ada di Kabupaten Bojonegoro dengan program 'Belajar Energi Migas' di beberapa sekolah.

Selasa (5/10/2019), giliran SMK Migas Bojonegoro nama lain SMKN 5 belajar bareng EMCL tentang dunia industri migas. Turut hadir perwakilan Humas ECML Karin berserta pemateri dan perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro.

Kepala SMKN 5 Bojonegoro, Suyono mengucapkan terima kasih kepada ECML, karena selama ini telah ikut membantu mencerdaskan siswa-siswi, utamanya siswa SMK Migas, selain itu siswa SMKN 5 Bojonegoro juga diizinkan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di ExxonMobil Cepu Limited.

energi-migas-1

"Kami sangat senang sekali dan berterima kasih kepada ECML, karena selama ini sudah turut membantu dan juga menerima siswa untuk PKL. Semoga kerjasama ini bisa terus terjalin dengan baik dan bisa ditingkatkan," jelas Suyono saat sambutan.

Selain itu, kepala sekolah humanis ini memaparkan, apabila di ECML membutuhkan tenaga kerja, tentu para siswa SMKN 5 siap untuk ikut seleksi sesuai dengan aturan yang ada. "Siswa kami siap mengikuti seleksi apabila ada kebutuhan lowongan kerja, selain itu Jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas (TPMG) menjadi pilot projek Kemenko Perekonomian RI," terang kepala SMK Migas Bojonegoro.

Perwakilan Cabang Dinas Wilayah Bojonegoro (Cabdin), Jaswadi mengapresiasi EMCL karena telah ikut membantu pendidikan yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Tentu, kata Kepala TU Cabdin, kedatangan ECML ke SMKN 5 Bojonegoro sangat tepat sekali, karena di SMKN 5 ada jurusan migas.

"Kegiatan ini tentu sangat memberikan dampak yang sangat positif bagi siswa-siswa SMKN 5, karena mereka di jurusan migas dan EMCL perusahan migas yang sangat besar, semoga kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tapi bisa dikembangkan dan ditingkatkan," jelas Jaswadi.

emcl-1

Askarina, perwakilan humas EMCL mengatakan, kegiatan belajar energi migas sudah sering dilakukan oleh operator lapangan Banyu Urip ExxonMobil Cepu Limited, sebagai bentuk kepedulian dalam dunia pendidikan. Kegiatan seperti ini, kata Karin sapaannya, sudah dilakukan mulai tahun 2013.

"Selain itu juga ada program PKL di berbagai devisi yang ada di EMCL, tentu dengan seleksi terlebih dahulu," jelasnya.

Hadir sebagai pemateri belajar energi migas, A. Putra sebagai Construction Lead dari Proyek Kedung Keris lapangan migas ExxonMobil, dan Sabilul hudaya Quality Assurance koordinator.

Setelah siswa terlibat keseruan diskusi energi migas dengan pemateri, selanjutnya para siswa SMK migas mendapat materi terkait 'public speaking' oleh Rian Priyo Hardi. Dan terakhir ditutup dengan lomba berbicara di depan umum. [mu]

Tag : pendidikan, ecml, belajar energi migas, smkn 5 bojonegoro, smk migas bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat