23:00 . Berkas Lengkap, Dua Calon Rebutkan Kursi Ketua   |   22:30 . Praktek Padamkan Api   |   22:00 . PEPC Turut Berpartisipasi Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat di Purwosari   |   21:00 . Ujian Perades di Balen, Inilah Nama-nama Peraih Nilai Tertinggi   |   20:00 . Desa Prayungan Masuk 5 Besar PPID Award, ini yang Dilakukan   |   19:30 . GP Ansor Ngambon Peringati Hari Santri dengan Donor Darah   |   19:00 . Inilah Pemenang Lomba Dalam Rangka Hari Santri   |   18:30 . Patuh Prokes Upacara Hari Santri Virtual Khidmat   |   18:00 . Harga Telur Ayam Ras Naik Kembali   |   17:30 . Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Permukaan atau Benda?   |   17:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD untuk Nakes di Bojonegoro dan Tuban   |   16:00 . Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang   |   15:00 . BPJS Kesehatan Ikuti Workshop Virtual Anugerah Jurnalistik   |   14:00 . Peringatan HSN, Santri Harus Patuhi Prokes   |   13:30 . 3 Wajib Melawan Covid-19 (Iman, Aman dan Imun)   |  
Fri, 23 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 07 November 2019 12:00

Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Rakor Pengurangan Risiko Bencana

Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Rakor Pengurangan Risiko Bencana

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Potensi bencana di Kabupaten Bojonegoro menjadi ancaman bersama. Sehingga untuk meminimalisir dampak bencana tersebut, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengadakan rapat koordinasi pengurangan risiko bencana.

Kegiatan yang berlangsung di hotel & resto MCM, Kamis (7/1/2019) mengundang lintas sektoral yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), sesuai undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, termasuk peraturan menteri dalam negeri nomor 46 tahun 2008 tentang pendoman organisasi dan tata kerja BPBD. Termasuk Perda nomor 7 tahun 2012 tentang penanggulangan bencana Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto menuturkan, rapat koordinasi ini memberikan pemahaman bersama agar pengurangan resiko bencana dapat dirasakan lingkungan sekitar. Baik pra, saat dan pasca bencana sehingga masyarakat bisa menjadi tangguh bencana.

"Ke depan di lingkungan bencana bisa mampu menghadapi dan mengelola agar tidak menimbulkan korban banyak," paparnya yang juga ketua penyelenggara.

Menurut Pak Eko, bentuk nyata yang dilakukan pemerintah baik pusat, provinsi, daerah sampai desa harus mampu memfasilitasi wadah atau kelompok masyarakat PRB didalam komunitas. "Kita harapkan pengurangan resiko bencana kedepan bisa dimiliki dan bisa ditingkatkan pemahaman sesuai perannya masing-masing," jelasnya saat rapat koordinasi.

Sementara itu Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, Umar Ghoni menyebut, BPBD sudah membentuk desa tangguh setidaknya ada lima desa yang sudah dilatih. "Kalau ada bencana masyarakat bisa mengantisipasi dan tahu caraya, dengan begitu desa bisa menjadi mandiri," ungkapnya.

Diharapkan melalui forum ini bisa merumuskan mencari solusi strategi daerah yang terancam bencana. Pasalnya Bojonegoro daerah risiko bencana, baik banjir, longsor, kebakaran dan yang lainnya.

Tampak selain seluruh forum pengurangan risiko bencana baik dari ormas, perwakilan dinas, LSM, media, pelaku usaha dan yang lainnya. Termasuk Asisten Pemkab Bojonegoro, Djoko Lukito memberikan pemahaman bersama untuk sinergitas semuanya dalam pengurangan risiko bencana. [rud/lis]

Tag : BPBD, risiko, bencana


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat