07:00 . Yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Anak Berteman   |   20:00 . Peringati HPSN, SMPN 6 Gelar Gerebek Sampah   |   19:00 . Gunakan Kunci T, Komplotan Curanmor Beraksi saat Hiburan Elekton   |   18:00 . Harga Jual Dan Buyback Logam Mulia Merangkak   |   17:00 . Kembangkan Skill, SMK Pemuda Taruna Bojonegoro Luncurkan SMK MINI   |   16:00 . Musim Tanam, Petani Dominasi Agunan Ajuan Gadai   |   15:00 . Rp38 M untuk Peningkatan Fasilitas Sekolah   |   14:00 . Pengangkatan PPPK Belum Jelas   |   13:00 . Judi saat Pilkades, Dua Orang Diamankan   |   12:00 . Jogging Track Tingkatkan Kesehatan Sekaligus Kenyamanan Warga   |   11:00 . Transfer dari Pusat Telat, Bantuan Pangan Non Tunai Terlambat   |   10:00 . Jumat Pahing Penjual Bunga Boreh Pasang Lapak   |   09:00 . Fokus Keselamatan Kerja, Pertamina EP Gelar Puncak Peringatan Bulan K3   |   08:00 . DLH Beserta Perangkat Desa Gelar Jumat Bersih   |   07:00 . Anak Pendiam, Apakah Mungkin karena Faktor Keturunan?   |  
Sat, 22 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 16 December 2019 20:00

Wanita 50 Tahun ini Mengabdikan Diri Mengajar di Daerah Terpencil

Wanita 50 Tahun ini Mengabdikan Diri Mengajar di Daerah Terpencil

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka rela mengorbankan banyak hal demi memberikan pendidikan yang layak kepada muridnya, termasuk mengajar di daerah pedalaman.

Seperti salah satu guru ini. Adalah Sumini, meski usianya terbilang tak lagi muda, api semangat yang berkobar dalam diri untuk memberikan manfaat bagi masyarakat tertinggal di negeri ini tidak diragukan lagi. Wanita 50 tahun itu, adalah pejuang tangguh yang mengikhlaskan dirinya untuk mengajar anak-anak di daerah tertinggal.

Sumini mengabdikan diri  di Sekolah Dasar (SD) Negeri Turi IV Dusun Sokosewu, Desa Turi, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Setiap hari dirinya harus berjuang melintasi jalan setapak berjalan kaki dengan jarak tempuh satu kilometer, untuk tiba di sekolah yang berada di daerah terpencil di Bojonegoro, namun Sumini tidak mengenal lelah demi berbagi ilmu pengetahuan pada anak-anak di tanah kelahirannya.

"Saya dibesarkan di desa ini, jadi saya ingin membagikan ilmu yang ada pada diri saya dengan adik-adik ini untuk nantinya mereka dapat menjadi orang yang berkualitas sebagai penerus perjuangan dan sebagai anak bangsa," ungkapnya.

Meskipun begitu semangatnya untuk mencerdaskan anak-anak didik di Desa Turi tidak pernah surut. Menurutnya, sekolah yang memiliki bangunan kurang layak ini sangat membutuhkan bantuan materi untuk membantu peningkatan mutu dan kualitas anak-anak agar mendapatkan pendidikan dan tempat belajar yang layak.

Bahkan gedung sekolah ini merupakan tempat andalan warga menitipkan anak-anaknya menimba ilmu, meskipun begitu murid-murid di SDN Turi IV ini tidak kalah prestasinya dengan SD lain. Dengan dibuktikan bisa menduduki juara dua dalam lomba cerdas cermat tingkat kecamatan.

"Harapan saya agar fasilitas sekolah ditambah seperti buku pelajaran dan ruangan kelas, kalau seperti ini susah sistem mengajarnya," harapnya. [her/ito]

Tag : turi, tambakrejo, sukosewu, sdn


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat