13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menengok Aktivitas Buruh Tanam di Awal Musim Penghujan

blokbojonegoro.com | Monday, 30 December 2019 08:00

Menengok Aktivitas Buruh Tanam di Awal Musim Penghujan

Reporter: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Matahari terik bersinar, saat itu terlihat enam perempuan tengah  beristirahat di pematang sawah Desa Trenggulunan, Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.

"Lagi istirahat, nanti mulai lagi pukul 13.00 WIB," terang Sutiyem (57), buruh tanam padi, kepada blokBojonegoro.com, Senin (30/12/2019).

Semilir angin menemani mereka menyantap makan siang di tengah sawah nan hijau.Keenam perempuan tersebut adalah buruh tanam borongan.

"Saya sudah satu minggu bekerja tanam padi di sawah di sekitar desa sini saja, tidak pernah di desa lain," imbuhnya.

Berapa upah yang dia terima untuk sehari menanam padi di tengah teriknya matahari? Seorang ibu pun berseloroh dan menjawab sekitar Rp60.000-Rp70.000. Tergantung, apakah pemilik sawah menyediakan makanan atau tidak. Jika menyediakan biasanya dipotong Rp5.000.

"Kalau memakai makan Rp25.000, kalau tidak ya Rp30.000, itu untuk setengah hari dari pukul 06.00 WIB sampai sekitar pukul 11.00 WIB," jelasnya dalam bahasa Jawa.

Sebagian besar keseharian perempuan buruh tanam ini adalah ibu rumah tangga. Saat musim padi tiba mereka menerima tawaran borongan dari pemilik sawah untuk menanam padi.

Mereka menuturkan jika kebutuhan tidak akan bisa terpenuhi, karena keinginan bisa macam-macam dan ada-ada saja.

"Ya secukupnya, dicukup-cukupkan. Ana-anak saya dulu lulusan SMP, SMA. Yang terpenting cucu-cucu saya bisa kuliah," tutur Sutiyem sambil makan.

Jika musim menanam padi telah selesai mereka biasanya membantu suami mereka dengan menjadi ibu rumah tangga.

"Ya, apa saja nanti bisa saya kerjakanlah, yang penting halal," imbuhnya.

Saat mendapat borongan menanam padi, mereka bekerja mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB, dengan waktu istirahat satu jam di siang hari.

"Ini menu makan siangnya sambal, nasi, sama telur dadar, tahu, tempe, dan sayur lodeh," jelas Sutiyem kepada blokBojonegoro.com saat ditemui sedang beristirahat di galengan tengah sawah bersama kelima temannya.

Untuk makan siang, mereka mendapat jatah sendiri dari pemilik sawah.
Terik matahari siang itu tidak terasa sebab sepoi angin membuat siang di galengan sawah ini sejuk dan seolah bebas dari polusi udara.[her/lis]

Tag : Buruh tani, sawah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat