Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 22 January 2020 14:00

3 Kampung KB di Bojonegoro ini Layak jadi Percontohan

3 Kampung KB di Bojonegoro ini Layak jadi Percontohan

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com- Sejak diresmikan dua tahun lalu, keberadaan Kampung KB di Kabupaten Bojonegoro memang sangat mendukung dengan kualitas kehidupan masyarakat Bojonegoro hingga ke tingkat desa, sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Kasi Pendayagunaan Petugas Lini Lapangan DP3AKB Bojonegoro, Nurhayati menjelaskan, perkembangan keberadaan kampung KB yang ada di Bojonegoro terus mengalami peningkatan dan dinilai upaya meningkatkan kualitas membangun keluarga cukup berhasil.

"Bahkan ada 3 Kampung KB yang menunjukkan progres paling baik dalam menjalankan penerapan program yang sejalan dengan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)," paparnya kepada blokBojonegoro.com.

Lanjut Nurhayati 3 Kampung KB yang menunjukkan progres paling baik yaitu Kampung KB Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro, Desa Sumberjo kidul Kecamatan Sukosewu dan Desa Wadang Kecamatan Ngasem.

Rata-rata tiga kampung KB itu menjalankan program secara rutin seperti taman posyandu, peningkatan cakupan tertib administrasi kependudukan, pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang), pendampingan ibu hamil resiko tinggi, pembentukan rumah data kependudukan sebagai pusat data intervensi program dan program pembangunan infrastruktur lainnya.

Masih kata Nurhayati,dengan keberhasilan yang telah dijalankan itulah 3 Kampung KB tersebut dijadikan pusat studi tiru oleh kecamatan lainnya, agar ke depan program yang dijalankan oleh Kampung KB yang ada di Bojonegoro bisa terus berjalan maksimal, dan sesuai dengan harapan pemerintah pusat dan daerah.

Adanya kampung KB yang bisa jadi studi tiru itu, diharapkan ke depan semua Kampung KB se Kabupaten Bojonegoro dapat berkembang dengan baik, serta bisa jalankan program Kampung KB. Di antaranya dengan menekan angka kelahiran terus menurun serta angka partisipasi KB wargapun terus membaik.

"Untuk pelaksananaan studi tiru Kampung KB ke 3 Kampung KB percontohan atau Kampung KB yang dinilai baik dilaksnakan dua hari yakni hari ini Rabu dan Kamis (22-23/1/2020) besok," terang Nurhayati.

Dengan dilaksanakan studi tiru itu diharapkan Kampung KB di Bojonegoro bisa lebih mengaktualisasikan 8 fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera.[saf/ito]

 

Tag : Kampung, kb, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini