22:00 . Suhu Tubuh Satu Santri Tambakberas Tinggi   |   21:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Nasdem Tergerak Semprot Desinfektan   |   20:00 . Tekan Penyebaran Corona, Jam Buka Pasar Tradisional Dibatasi   |   19:30 . Anggota DPRRI Apresiasi Pemuda Desa Tanggungan   |   19:00 . Warga Bojonegoro Bekerja di Daerah Zona Merah, Ikuti Aturan ini   |   18:00 . Update Hari ini, ODP di Bojonegoro Bertambah 8 Orang   |   17:00 . Jalan Diponegoro Jadi Kawasan Tertib Physical Distancing   |   16:30 . PD DMI Bojonegoro Himbau Takmir Lakukan ini di Tempat Ibadah   |   16:00 . Kreatif, Pemuda Tanggungan Buat Bilik Sterilisasi   |   15:30 . Bilik Sterilisasi Karya Pemuda Ngori-Ngraho   |   15:00 . Tanpa Pelayat, Jenazah PDP Balen Dimakamkan   |   14:00 . Dinkes Tunggu Hasil Lab PDP Asal Balen yang Meninggal   |   13:00 . Tiba di Bojonegoro, Satu Santri Tambakberas Suhu Tubuh Tinggi   |   12:00 . Lagi 126 Santri Putra Tambakberas Sampai di Bojonegoro   |   11:00 . 1 PDP Asal Balen Meninggal di RSUD Bojonegoro   |  
Sun, 29 March 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 24 February 2020 19:00

Bisnis Sosial Raup Keuntungan Sekaligus Bantu Sesama

Bisnis Sosial Raup Keuntungan Sekaligus Bantu Sesama

 
 
Kontributor: Lizza Arnofia
 
blokBojonegoro.com - Beraktivitas menjadi pengajar di salah satu sekolah swasta di Kecamatan Sumberrejo tidak mengurungkan niat Abdul Muntholip, pria 38 tahun untuk menjalani kegiatan sosial entrepreneur. 
 
Dirinya beranggapan bahwa, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Sebagai bentuk wujud bermanfaat bagi sesama yakni melalui kegiatan sosial sekaligus membawa manfaat ekonomi. 
 
Tholip berujar, selama ini petani di desanya yang memiliki usaha sampingan berupa ternak kambing hanya hitungan jari. Terkadang untuk menjaga kebutuhan terdesak pun sering kali kambing mereka, terjual tidak sesuai dengan harapan. 
 
"Tentu menyebabkan para petani di desa menjadi sedikit kecewa. Lantaran kebutuhan yang mendesak tidak terpenuhi dari hasil penjualan," Jelas Tholip. 
 
Berawal dari inilah, sapaan akrab Tholip pemuda 38 tahun ini. Untuk tergerak hatinya berperan membantu petani, yakni melalui kambing milik para petani yang ia beli kemudian dipergunakan untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam bentuk aqiqah, syukuran, walimah maupun pada saat qurban Hari Raya Idul Adha. 
 
"Dari hasil pembelian kambing petani ini nantinya dipergunakan untuk memenuhi permintaan masyarakat, dalam bentuk pemesanan aqiqah maupun walimah. Tentunya saling menguntungkan kedua belah pihak," ungkapnya. 
 
Tholip yang telah mengikuti usaha rumah katering aqiqah sejak 10 tahun ini, telah banyak pihak yang terbantu. Dari petani yang menjual kambing ternak, juru masak, kurir hingga para konsumen yang menikmati sajian masakan aqiqah. 
 
"Dari bisnis ini tentunya tidak hanya menguntungkan satu pihak saja. Namun juga turut membantu petani, juru masak hingga para konsumen. Seperti konsep usaha sosial yakni bermanfaat bagi sesama," imbuhnya.
 
Dirinya juga berujar, melalui paket aqiqah siap saji tentu agenda apapun menjadi lebih praktis. Sebab para konsumen tidak direpotkan dengan membeli kambing sendiri, memasak hingga harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau atau ekonomis. 
 
"Konsumen juga tidak perlu direpotkan sebab lebih terjangkau melalui paket aqiqah. Dalam satu bulan terkadang mampu raup omzet fantastis per bulan," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : bisnis, sosial, sumberrejo


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 March 2020 23:00

    Waspada Corona, Jangan Panik

    Swadaya, MKP dan Warga Cangaan Semprot Disinfektan

    Swadaya, MKP dan Warga Cangaan Semprot Disinfektan Kelompok Pemuda Desa Canga'an "Muda Karya Perkasa" (MKP) Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro bersama masyarakat setempat melakukan penyemprotan disinfektan guna pencegahan virus Corona (Covid-19), Selasa (25/03/2020)...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat