08:00 . Pelantikan Kades Digelar Online   |   07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   06:00 . Perjalanan Kereta Dikurangi, Ribuan Tiket Dibatalkan   |   22:00 . DPRD Pertanyakan Kesiapan Dinkes Tanggulangi Corona   |   21:00 . Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan   |   20:00 . Sejumlah Komoditi Alami Penurunan Harga, ini Sebabnya   |   19:00 . Respon Instruksi Bupati, Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   18:00 . Gedung Pusdiklat Dander Bakal Jadi Rumah Sakit Sementara   |   17:00 . Peduli Saat Social Distancing, Bagi-bagi Nasi Bungkus   |   16:00 . 10 Orang Selesai Pemantauan, 44 Orang Dinyatakan ODP   |   15:00 . Waspada Kecelakaan, Tambah 2 Palang Pintu KA di Kapas dan Kalitidu   |   14:00 . Suwarto: Kampung Lontong Lodeh Ditutup Sementara   |   13:00 . 18 Perjalanan Kereta Dibatalkan   |   12:00 . Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh   |   11:00 . Dampak Corona, Omzet Pedagang Lontong Lodeh Turun   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 24 February 2020 19:00

Bisnis Sosial Raup Keuntungan Sekaligus Bantu Sesama

Bisnis Sosial Raup Keuntungan Sekaligus Bantu Sesama

 
 
Kontributor: Lizza Arnofia
 
blokBojonegoro.com - Beraktivitas menjadi pengajar di salah satu sekolah swasta di Kecamatan Sumberrejo tidak mengurungkan niat Abdul Muntholip, pria 38 tahun untuk menjalani kegiatan sosial entrepreneur. 
 
Dirinya beranggapan bahwa, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Sebagai bentuk wujud bermanfaat bagi sesama yakni melalui kegiatan sosial sekaligus membawa manfaat ekonomi. 
 
Tholip berujar, selama ini petani di desanya yang memiliki usaha sampingan berupa ternak kambing hanya hitungan jari. Terkadang untuk menjaga kebutuhan terdesak pun sering kali kambing mereka, terjual tidak sesuai dengan harapan. 
 
"Tentu menyebabkan para petani di desa menjadi sedikit kecewa. Lantaran kebutuhan yang mendesak tidak terpenuhi dari hasil penjualan," Jelas Tholip. 
 
Berawal dari inilah, sapaan akrab Tholip pemuda 38 tahun ini. Untuk tergerak hatinya berperan membantu petani, yakni melalui kambing milik para petani yang ia beli kemudian dipergunakan untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam bentuk aqiqah, syukuran, walimah maupun pada saat qurban Hari Raya Idul Adha. 
 
"Dari hasil pembelian kambing petani ini nantinya dipergunakan untuk memenuhi permintaan masyarakat, dalam bentuk pemesanan aqiqah maupun walimah. Tentunya saling menguntungkan kedua belah pihak," ungkapnya. 
 
Tholip yang telah mengikuti usaha rumah katering aqiqah sejak 10 tahun ini, telah banyak pihak yang terbantu. Dari petani yang menjual kambing ternak, juru masak, kurir hingga para konsumen yang menikmati sajian masakan aqiqah. 
 
"Dari bisnis ini tentunya tidak hanya menguntungkan satu pihak saja. Namun juga turut membantu petani, juru masak hingga para konsumen. Seperti konsep usaha sosial yakni bermanfaat bagi sesama," imbuhnya.
 
Dirinya juga berujar, melalui paket aqiqah siap saji tentu agenda apapun menjadi lebih praktis. Sebab para konsumen tidak direpotkan dengan membeli kambing sendiri, memasak hingga harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau atau ekonomis. 
 
"Konsumen juga tidak perlu direpotkan sebab lebih terjangkau melalui paket aqiqah. Dalam satu bulan terkadang mampu raup omzet fantastis per bulan," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : bisnis, sosial, sumberrejo


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat