14:00 . Terapkan Prokes, 121 Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Wisuda Hari Ini   |   13:00 . Cupang Jadi Primadona saat Pandemi, Sehari Pedagang Raup Minimal Rp1 Juta   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Jual Logam Mulia Naik   |   11:00 . Tingkatkan Pasokan Darah Saat Pandemi, Karta Tri Tunggal Jaya Tumpengan dan Donor   |   10:00 . Gaya Hidup Sehat Agar Liburan Aman   |   09:00 . Musim Penghujan, Petani Selatan Bojonegoro Mulai Tanam Jagung   |   08:00 . Viral....!!! Pengembala Cantik Asal Tambakrejo   |   07:00 . 5 Penyebab Medis yang Memicu Sensasi Pening di Kepala   |   06:00 . Pasien Sembuh di Jatim 215, Tambahan 222 Kasus Baru   |   05:00 . 4 Sembuh, Pasien Covid-19 di Bojonegoro Tambah 3 Orang   |   15:00 . Kapan Pandemi Berakhir? Satgas Covid-19: Kuncinya Kedisiplinan Masyarakat   |   14:00 . Penanganan Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-rata Dunia   |   13:00 . Iman Kuat Libur Panjang Aman   |   12:00 . Kangen Nonton Bioskop? Ini Tips Aman saat Nonton Bioskop   |   11:00 . Harga Daging Ayam di Pasar Kembali Naik   |  
Sat, 31 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 11 April 2020 16:00

Melihat Produksi Jajan Jipang di Ngasem

Melihat Produksi Jajan Jipang di Ngasem

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Mendengar kata jipang, bayangan kita pasti akan langsung tertuju pada camilan khas di kawasan pedesaan. Makanan ringan yang terbuat dari beras itu ternyata masih eksis hingga sekarang.

Jajanan legit berbalut karamel namun renyah tersebut dapat dengan mudah di wilayah Bojonegoro dan sekitarnya, bahkan pengusaha yang memproduksi jipang masih cukup banyak seperti di Dusun Penggek, Desa/Kecamatan Ngasem ini.

Seno (36) menceritakan, awalnya dulu dirinya menjadi sales jipang di Tulungagung. Lama kelamaan dirinya berinisiatif untuk memulai usaha sendiri.

"Karena omset lumayan banyak saya berinisiatif untuk melakukan produksi sendiri dan dibantu teman saya dari Tulungagung hingga bisa seperti sekarang," katanya.

Awal berdiri untuk memulai usaha seno di bantu 10 karyawan dan kini karyawan  seno telah mencapai 36.

"Sedangkan untuk pemasaran Alhamdulillah sudah sampai Semarang, Salatiga, Pati, Rembang  Blora itu sudah ada. Karena di setiap daerah saya punya mitra yang bantu untuk penjualan," katanya.

Menurut dia untuk yang Jawa Timur sendiri pemasarannya sudah masuk di lamongan, gresik, dan jombang. Untuk di wilayah Bojonegoro sendiri hampir setiap pasar sudah ada.

"Purwodadi, Tuban juga sudah masuk, kelihatanya sudah hampir merata di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah," pungkasnya.

Dalam produksinya, beras berkualitas bagus yang menjadi bahan baku utama dimasukkan ke alat masak semi otomatis itu. Setelah itu, proses produksi dilanjutkan dengan mencampurkan butiran berondong dengan karamel, sehingga bisa disatukan dan dicetak sesuai keinginan.

Dengan cekatan, salah seorang karyawan mengaduk bejana berisi berondong dan karamel. Belum sampai mengeras, adonan tersebut dihamparkan pada meja khusus untuk dipadatkan dan diiris sesuai ukuran.[her/ito]

Tag : jajanan, jipang, ngasem, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat