14:00 . Penanganan Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-rata Dunia   |   13:00 . Iman Kuat Libur Panjang Aman   |   12:00 . Kangen Nonton Bioskop? Ini Tips Aman saat Nonton Bioskop   |   11:00 . Harga Daging Ayam di Pasar Kembali Naik   |   10:00 . Hingga Oktober 2020, Korban Tenggelam di Sungai Capai 24 Jiwa   |   09:00 . Yang Muda yang Disiplin   |   08:00 . Wabup: Berwisata Harus Tetap Patuhi Prokes   |   07:00 . Cegah Sakit Punggung dengan 6 Cara Mudah Ini   |   06:00 . Hujan Lebat, Air Sungai Naik Gerus Tebing Bantaran   |   05:30 . Pasien Sembuh di Jatim 254, Kasus Baru 268 Orang   |   05:00 . Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 329.778 Orang   |   04:00 . 4 Pasien di Bojonegoro Sembuh, 3 Tambahan Kasus Baru   |   21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 30 April 2020 13:00

Viral, Tahu Susu Asal Jombang yang Gurih dan Praktis

Viral, Tahu Susu Asal Jombang yang Gurih dan Praktis

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Belakangan ini Tahu Susu atau Tasu, tengah viral di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Bojonegoro. Tahu yang diproduksi dari Kabupaten Jombang itu kini tengah menjadi incaran banyak masyarakat, baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Awal viralnya tasu tersebut bulan Maret lalu, namanya kini terus melejit di tengah masyarakat, karena Tasu dijual secara online melalui sosial media seperti WhatsApp dan Facebook.

Salah satu reseller asal Kecamatan Baureno, Intan menyebutkan, makanan yang berasal dari kacang kedelai itu penampilannya tak jauh berbeda dengan tahu biasa. Tasu dipotong-potong segi empat seperti tahu pada umumnya, namun teksturnya lebih padat. Warnanya ada yang putih, ada juga yang kuning.

"Tasu tersebut dijual dalam kemasan plastik dan box. Untuk isinya bervariasi, mulai 10 biji sampai 50 biji, bahkan ada yang lebih," jelas Intan.

Tahu yang khas dari Kabupaten Jombang ini selain memakai bahan baku kedelai, Tasu juga dicampuri susu sapi. Sehingga rasanya terasa lebih gurih dibandingkan dengan tahu biasa.

Cara menikmatinya cukup digoreng dengan minyak yang panas dan banyak, hingga tasu tenggelam di dalam minyak. Setelah dirasa cukup matang, tasu langsung bisa diangkat dari minyak dan bisa langsung disantap.

"Biasanya tahu ini paling enak dimakan sesaat setelah digoreng, karena teksturnya akan terasa renyah di luar dan sangat lembut di dalam," lanjutnya.

Terpisah, Mila, salah satu penikmat asal Kecamatan Balen mengaku ketahigan dengan rasa khas dari Tasu saat pertama kali dia mencoba. Menurutnya, rasa dari Tasu lebih legit dan gurih dari tahu pada umumnya.

"Tanpa ditambah bumbu apapun rasanya sudah gurih. Selain menjadi cemilan, biasanya saya mengolah tasu menjadi hidangan seperti ditumis, dibuat tahu telur, dijadikan sampuran sup atau siomay," beber Mila kepada blokBojonegoro.com. [lin/ito]

Tag : Tahu, susu, bojonegoro, reseller


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat