Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 22 May 2020 12:00

Berangkat atau Tidak? Arab Belum Beri Kabar Haji

Berangkat atau Tidak? Arab Belum Beri Kabar Haji

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Pemerintah Arab Saudi hingga tanggal 20 Mei belum memutuskan atau memberi jawaban apakah haji tahun 2020 ini bisa diberangkatkan atau tidak. Dengan kondisi seperti ini, terkait kepastian jamaah haji akan berangkat atau tidak ke tanah suci belum bisa dipastikan.

Kepala Kemenag Bojonegoro, M. Syamsuri mengatakan, Pemerintah Arab belum memberi kepastian terkait dibukanya kembali masjidil haram untuk pelaksanaan jamaah haji tahun 2020 ini, karena tanggal 20 Mei lalu yang rencananya pemerintah Arab akan memberi kepastian juga belum ada kabar.

"Pemerintah arab belum memberi kabar, jadi kita tidak bisa memastikan tahun ini berangkat atau tidak," ungkap Syamsuri.

Kemenag RI mengambil sikap untuk menunda sekaligus menunggu jawaban dari pemerintah arab hingga awal Juni, dengan menyiapkan tiga opsi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi atas kebijakan pemerintah arab.

Ada 3 opsi yang disiapkan untuk sementara, pertama yakni pemerintah tetap akan memberangkatkan seluruh jemaah jika Saudi menyelenggarakan haji seperti biasa.

Kedua, pemerintah membatasi jumlah jemaah yang berangkat jika Saudi menerapkan social distancing dalam haji kali ini.

"Dan Ketiga, pemerintah juga menyiapkan skenario jika haji tahun ini dibatalkan karena msih dalam pandemi corona," tandas Syamsuri saat ditemui blokBojonegoro.com.

Hingga kini tahapan-tahapan administrasi haji di daerah tetap berjalan, untuk Bojonegoro tahap pelunasan BPIH tahap II, setelah itu jamaah yang lunas akan segera dibuatkan paspor.

"Ya mudah-mudahan awal Juni Pemerintah Arab sudah berikan keputusan terkait pelaksanaan haji tahun 2020 ini," pungkasnya. [saf/mu]

Tag : Haji, ibadah haji, Arab


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini