15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jasa Penukar Uang Diserbu Warga, Sehari Bisa Menghabiskan Rp50 Juta

blokbojonegoro.com | Friday, 22 May 2020 20:00

Jasa Penukar Uang Diserbu Warga, Sehari Bisa Menghabiskan Rp50 Juta

Reporter : Muhammad Qomarudi

blokBojonegoro.com - Setiap menjelang Hari Haya Idul Fitri jasa penukaran uang menjamur di Kabupaten Bojonegoro. Banyaknya masyarakat yang hendak menukarkan uang untuk dibagikan pada saat Hari Raya Idulfitri, membuat jasa penukaran uang laris.
 
Jasa penukaran uang yang tersebar di sejumlah jalan di Kabupaten Bojonegoro laris diserbu para warga yang hendak merayakan Lebaran. Uang pecahan mulai Rp2.000 hingga Rp20.000, sebanyak puluhan juta rupiah bisa habis dalam sehari.

Salah seorang penyedia jasa penukaran uang, Munir mengatakan sudah semenjak hari Selasa (19/5/2020) dia menyediakan jasa penukaran uang di utara Alun-alun Bojonegoro. Diakuinya meski tidak dihitung secara pasti, namun setiap harinya ia bisa menghabiskan sampai 50 juta setiap hari.

“Kalau untuk setiap harinya tidak bisa dipastikan, tetapi bisa sampai 20 juta, 30 juta hingga 50 juta dan yang paling laris itu pecahan Rp2.000 dan Rp5.000,” kata dia, Jumat (22/5/2020).
 
Dalam sehari pecahan uang Rp2.000 dan Rp5.000 paling cepat habis, sementara untuk pecahan Rp20.000 paling sedikit peminatnya. Menurutnya memang warga memilih pecahan uang yang lebih kecil lantaran lebih banyak jika dibagikan kepada anak-anak pada saat Lebaran.

“Ya biasanya kan buat angpau untuk anak-anak ataupun keluarga pas Lebaran, jadi ya pada milih pecahan uang yang lebih kecil,” ungkap pria asal Kota Semarang ini.

Lebih lanjut, Munir mengatakan untuk setiap penukaran uang sebanyak Rp100.000, dibebankan untuk membayar jasa Rp10.000. Penghasilannya dari membuka jasa penukaran uang pun lumayan, meskipun dia harus berbagi keuntungan dengan orang lain yang khusus menyetori uang pecahan kepadanya.

Penghasilannya yang lumayan membuat dia tergiur untuk menyediakan jasa penukaran uang. Dan sudah selama 8 tahun terakhir belakangan ini setiap menjelang Lebaran, dia menjadi penjaja jasa penukaran uang di Bojonegoro.

Sebelum memutuskan untuk datang ke Bojonegoro dirinya juga sempat ragu lantaran beredar informasi bahwa di Pasar Kota Bojonegoro sempat beberapa hari ditutup karena adanya pedagang yang positif covid-19. Namun, dirinya tetap berangkat lantaran mengingat Bank Indonesia tidak membuka penukaran uang receh.

"Sebelumnya sempat ragu sebelum memutuskan untuk berangkat ke Bojonegoro, tetapi melihat kondisi yang ada akhirnya tetap berangkat ke Bojonegoro," imbuhnya.

Menurutnya, adanya pandemi covid-19 ini juga sedikit berdampak terhadap masyarakat yang menggunakan jasanya. Pada tahun-tahun sebelumnya ia mampu menghabiskan Rp100 juta dalam satu hari, namun dalam kondisi ini ia hanya mampu menghabiskan paling banyak 50 juta dalam satu hari.

"Saya biasanya mulai beraktifitas pada pukul 08.00 WIB di utara Alun-alun dan sampai sore hari bahkan malam hari, rencananya kita tetap buka sampai H+ lebaran sebelum kembali lagi ke Semarang," jelas Munir.

Sementara itu, salah seorang warga Bubulan, Sutopo mengaku memilih jasa penukaran di jalanan karena BI tidak membuka jasa penukaran uang. Selain itu, ia menukarkan uang dengan alasan sebagai antisipasi jika tetangga atau sanak keluarganya datang ke rumahnya untuk bersilaturahim, walaupun ada imbaun dari pemerintah untuk menuda mudik.

"Ini sebagai antisipasi saja jika ada tetangga ataupun sanak keluarga terdekat silaturahim ke rumah dan bukan untuk keluarga jauh, karena dari pemerintah juga sudah menghimbau untuk menunda mudik," pungkasnya.[din/ito]

Tag : penukaran, uang, baru, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat