11:00 . 22 Ribu Masyarakat Bojonegoro Terdaftar Progam Kartu Pra Kerja   |   10:00 . Pemuda Sekar Kembangkan Pupuk Organik   |   09:00 . 341 Pasien di Jatim Sembuh, 242 Kasus Baru   |   08:00 . Pasien Sembuh di Bojonegoro 3 Orang, Tambahan 4 Positif Covid-19   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   06:00 . Jalan Mulus Kado Hari Jadi Bojonegoro   |   05:00 . Kampung KB Tanggap Covid-19 Dilaunching   |   23:00 . Adu Serangan, Laga Persahabatan Sepakbola FPKT Balen Tantang Gemini FC   |   22:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   21:00 . Proses Pembangunan Jembatan KaRe dalam Tahap Pengajuan Rekomteks   |   20:30 . Bio Farma Siap Produksi Vaksin 17 Juta per Bulan   |   20:00 . Liga 3 Jatim Ditiadakan, Bojonegoro FC Fokus Kompetisi Tahun Depan   |   19:30 . Presiden Ingatkan Antisipasi Lonjakan Covid saat Libur Panjang   |   19:00 . Bupati Pimpin Prosesi Persemayaman Api Abadi HJB   |   18:30 . Positif Covid, Harus Melakukan Apa?   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 01 August 2020 18:00

Rintis KUB, LPPNU Ngraho Fokus Kembangkan Pertanian

Rintis KUB, LPPNU Ngraho Fokus Kembangkan Pertanian

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro merintis Kegiatan Usaha Bersama (KUB) di bidang pertanian. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di daerah setempat.

Ketua LPPNU Ngraho, Ahmad Sholihin Arinil Haq mengatakan, kegiatan KUB dibangun dengan tujuan untuk mendampingi petani agar bisa mandiri.

"Salah satunya adalah peningkatan SDM petani agar mereka mampu mengaplikasikan teknologi budidaya pertanian sesuai anjuran agar hasil panen meningkat. Ini sangat penting buat petani agar tingkat ekonomi juga meningkat," jelasnya.

Petani yang akrab dipanggil Sholihin menurutkan, KUB yang dirintis bersama pengurus LPPNU Ngraho saat ini sudah memproduksi pupuk organik cair (POC), dari urine kelinci yang digunakan untuk kalangan sendiri. Bahkan sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya dengan produsen benih nasional untuk pembenihan bayam merah, jagung, dan padi.

"Selain itu juga mengandeng pabrikan pestisida dan pupuk untuk memberi penyuluhan teknik pertanian kepada anggota KUB, dan demontrasi plot (demplot)," tuturnya.

Sholihin berharap kegiatan ini bisa menarik perhatian petani milenial NU dan sarjana lulusan pertanian, sehingga bisa ikut andil dalam pembangunan pertanian di Bojonegoro pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

"Seperti diketahui saat ini banyak pemuda yang menjauh dari sawah, dan menganggap sektor pertanian tidak menarik lagi. Mengubah pola pikir dan kebiasaan memang tidak mudah, ini sebagai tantangan kawan-kawan LPPNU Ngraho,"sambung pengasuh pondok pesantren Soko Tunggal Tanbihul Ghofilin Desa Kalirejo, Kecamatan Ngraho.

Bahkan adanya kegiatan usaha bersama LPPNU Ngraho, menarik perhatian Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Bojonegoro, H Zaenal Fanani.

"Kedatangan beliau (Zaenal Fanani) kemarin mengunjungi kebun pembenihan bayam merah. Ini menjadi suntikan semangat kami untuk lebih giat mendampingi petani. Beliau berpesan kepada kami agar KUB LPPNU merintis industri pertanian atau mengolah hasil pertanian baru dijual kepada konsumen," imbuhnya.

Rencana Sholihin bersama pengurus utamanya para petani lainya ke depan akan mendirikan PMartNU (Petani Mart NU) yang bergerak di bidang jual beli hasil pertanian. Termasuk menjual sarana produksi pertanian (pestisida, pupuk,alat perlengkapan pertanian) serta tempat pelatihan petani milenial. [zid/ito]

 

Tag : Nu, ngraho, Bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat