21:00 . Hingga Awal Agustus, Inilah Progres Pembangunan Jalan di Bojonegoro   |   20:00 . 3 Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   19:00 . Akomodir Milenial, Bu Mit Agandakan Silaturrohimi Para Tokoh   |   17:00 . Adaptasi New Normal, Bus Donor Darah UDD PMI Sudah Beroperasi   |   16:00 . Santunan Korban Cacat Jasa Raharja Menempati Posisi Paling Rendah   |   15:00 . Aklamasi, Srikandi Tambakrejo Kembali Nahkodai Partai Beringin   |   13:00 . Yuk Belajar Ala Millenial di Taman Kunto Wijoyo Mojodeso   |   12:00 . Anggota DPR RI serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Singgah di Taman Kalianyar Mumbul   |   11:00 . PMI Bojonegoro Kirim 50 Kantong Darah untuk Korban Ledakan   |   10:00 . Pertamina Siap Distribusikan 35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan & Petani   |   09:00 . Digrebek saat Asyik di Kamar Kos, 3 Orang Berstatus Menikah   |   08:00 . Bikin Ketawa, Petugas Bujuk Seorang Wanita Diduga Depresi   |   07:00 . Yuk, Lakukan 6 Rutinitas Pagi demi Hari yang Produktif dan Tak Lesu   |   22:00 . Pertegas Nasib Persibo, Curva Nord Bakal Gelar Aksi   |   21:00 . Sembuh 1 Orang, 4 Orang Terkonfirmasi Positif   |  
Fri, 07 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 01 August 2020 18:00

Rintis KUB, LPPNU Ngraho Fokus Kembangkan Pertanian

Rintis KUB, LPPNU Ngraho Fokus Kembangkan Pertanian

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro merintis Kegiatan Usaha Bersama (KUB) di bidang pertanian. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di daerah setempat.

Ketua LPPNU Ngraho, Ahmad Sholihin Arinil Haq mengatakan, kegiatan KUB dibangun dengan tujuan untuk mendampingi petani agar bisa mandiri.

"Salah satunya adalah peningkatan SDM petani agar mereka mampu mengaplikasikan teknologi budidaya pertanian sesuai anjuran agar hasil panen meningkat. Ini sangat penting buat petani agar tingkat ekonomi juga meningkat," jelasnya.

Petani yang akrab dipanggil Sholihin menurutkan, KUB yang dirintis bersama pengurus LPPNU Ngraho saat ini sudah memproduksi pupuk organik cair (POC), dari urine kelinci yang digunakan untuk kalangan sendiri. Bahkan sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya dengan produsen benih nasional untuk pembenihan bayam merah, jagung, dan padi.

"Selain itu juga mengandeng pabrikan pestisida dan pupuk untuk memberi penyuluhan teknik pertanian kepada anggota KUB, dan demontrasi plot (demplot)," tuturnya.

Sholihin berharap kegiatan ini bisa menarik perhatian petani milenial NU dan sarjana lulusan pertanian, sehingga bisa ikut andil dalam pembangunan pertanian di Bojonegoro pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

"Seperti diketahui saat ini banyak pemuda yang menjauh dari sawah, dan menganggap sektor pertanian tidak menarik lagi. Mengubah pola pikir dan kebiasaan memang tidak mudah, ini sebagai tantangan kawan-kawan LPPNU Ngraho,"sambung pengasuh pondok pesantren Soko Tunggal Tanbihul Ghofilin Desa Kalirejo, Kecamatan Ngraho.

Bahkan adanya kegiatan usaha bersama LPPNU Ngraho, menarik perhatian Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Bojonegoro, H Zaenal Fanani.

"Kedatangan beliau (Zaenal Fanani) kemarin mengunjungi kebun pembenihan bayam merah. Ini menjadi suntikan semangat kami untuk lebih giat mendampingi petani. Beliau berpesan kepada kami agar KUB LPPNU merintis industri pertanian atau mengolah hasil pertanian baru dijual kepada konsumen," imbuhnya.

Rencana Sholihin bersama pengurus utamanya para petani lainya ke depan akan mendirikan PMartNU (Petani Mart NU) yang bergerak di bidang jual beli hasil pertanian. Termasuk menjual sarana produksi pertanian (pestisida, pupuk,alat perlengkapan pertanian) serta tempat pelatihan petani milenial. [zid/ito]

 

Tag : Nu, ngraho, Bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat