18:00 . Bupati Wajibkan ASN Penyintas Covid untuk Lakukan Donor Darah   |   16:00 . BLT Subsidi Gaji Akan Kembali Diberikan untuk Pekerja   |   15:00 . UNU Sunan Giri Bojonegoro Tingkatkan Kapasitas Pendidik dengan Hibah dan Reward   |   14:00 . Ramai Pekerja Dapat BSU Rp500.000, BP Jamsostek Masih Tunggu Regulasi Pemerintah   |   13:00 . PT. Pertamina EP Field Cepu Serahkan Bantuan Berupa Sapi   |   12:00 . Terapkan Prokes Ketat Bupati Bojonegoro Lantik PAW Kepala Desa Sumberagung¬†   |   08:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Desa Ngablak Terbakar   |   07:00 . Jangan Asal, Ini 5 Makanan Utama yang Harus Dihindari Ibu Hamil!   |   20:00 . Presiden Kembali Perpanjang PPKM Hingga Agustus   |   09:00 . Nikmatnya Rujak Uleg Legendaris Mak Yat   |   07:00 . Seberapa Besar Untung Perusahaan Sektor Kesehatan dari COVID-19?   |   20:00 . 8 Komunitas di Bojonegoro Bagikan 350 Paket Daging Kurban   |   18:00 . Pascasarjana UNU Sunan Giri Bojonegoro Gelar Workshop Literasi dan Numerasi   |   17:00 . Bupati Anna Hadir Secara Virtual Tekankan Kerukunan Antar Umat Beragama di Bojonegoro   |   15:00 . Pasien Sembuh Melebihi 38 Ribu Orang per Hari, Kumulatifnya Menembus 2,4 Juta   |  
Mon, 26 July 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selingan Bermain agar Anak Tidak Stres Belajar Online

blokbojonegoro.com | Thursday, 17 September 2020 07:00

Selingan Bermain agar Anak Tidak Stres Belajar Online

Redaksi: -

blokBojonegoro.com - Agar tidak memikul stres luar biasa saat mengajarkan anak belajar online di masa pandemi Covid-19, orangtua bisa menyelingi belajar dengan mengajak bermain. Hal itu bisa dilakukan agar tidak terulang lagi kasus orangtua tega membunuh anak saat belajar daring.

Beberapa hari lalu, seorang ibu berinisial LH (26) tega membunuh anaknya berusia 8 tahun di Lebak, Banten. Kejadian itu dikarenakan sang anak sangat susah diajarkan saat belajar online. Bahkan jasad sang anak dikubur oleh kedua orantuanya yakni LH dan IS dengan pakaian lengkap di Kecamatan Cijaku, Lebak, Banten.

Cara mengajarkan anak belajar online dengan diselingi bermain dilakukan oleh orangtua bernama Elizabeth. Dia merupakan karyawasan swasta yang bekerja di Semarang, sebelumnya dia bekerja di Jakarta.

"Ya kalo saya dibawa enjoy aja dan posisikan diri saya sebagai anak, pasti mereka juga jenuh di rumah aja. Paling saya siasati bermain sambil belajar. Ini biar ga stres dan tidak mengganggu mental mereka," kata Elizabeth kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Suami dan istri saling melengkapi

Elizabeth mengatakan, bila dirinya mengalami rasa bosan ketika mengajarkan anak belajar online, maka suaminya yang akan menggantikannya. Pada intinya, orangtua harus saling melengkapi saat masa pandemi seperti ini.

"Kalau bosan, saya gantian sama papanya yang jadi guru. Ngajarin anak jadi ya bersama-sama, saling melengkapi saja, agar anak lancar dalam menjalankan belajar online yang diberikan oleh sekolah," terang Elizabeth.

Pada saat ini, lanjut dia, anaknya sudah kelas 2 SD di Don Bosco, Semarang, Jawa Tengah. Di umur seperti anaknya, memang orangtua harus memiliki sabar dan kekuatan yang penuh, agar emosi tidak diluapkan ke anak-anak.

"Seperti kejadian yang di Lebak, Banten, umur anaknya seumur dengan anak saya. Saya sangat prihatin sekali, kalau dibilang emosi pasti ada rasa itu saat mengajarkan anak, namun orangtua harus paham keadaan anaknya yang saat ini sedang mengalami gejolak luar biasa di pandemi Covid-19," tegas dia.

Sabar dan semangat dampingi anak

Dia berharap kepada seluruh orangtua agar terus sabar dan semangat dalam membimbing anak saat melakukan belajar online. Jangan sampai ada korban yang berjatuhan lagi, karena kejadian yang di Lebak, sudah memukul rasa dan emosi para orangtua dan anak yang ada di negeri ini.

"Saya harap itu, saya sudah baca beritanya. Kejadian itu astaga sekali. Sebagai orangtua ya harus paham anaknya," tutup Elizabeth.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan, sekolah, anak

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Thursday, 22 July 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more