13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Studi: Sebabkan Kanker, Pekerjaan Shift Malam Disebut Karsinogenik

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 March 2021 07:00

Studi: Sebabkan Kanker, Pekerjaan Shift Malam Disebut Karsinogenik

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebuah studi terbaru yang dilakukan peneliti Universitas Negeri Washington menemukan bukti baru bagaimana pekerja shift malam berisiko lebih tinggi terkena jenis kanker tertentu di banding pekerja yang bekerja di jam biasa.

Dilansir Healthshots, temuan menunjukkan shift malam mengganggu ritme alami 24 jam aktivitas gen yang membuat pekerja shift malam lebih rentan mengalami kerusakan DNA,

Diterbitkan secara online dalam Journal of Pineal Research, penelitian tersebut melibatkan eksperimen laboratorium terkontrol menggunakan sukarelawan sehat yang melakukan simulasi shift malam atau jadwal shift siang.

Meskipun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, penemuan ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati kanker pada pekerja shift malam.

"Ada banyak bukti bahwa kanker lebih umum terjadi pada pekerja shift malam, yang membuat Badan Internasional untuk Penelitian Kanker Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengklasifikasikan kerja shift malam sebagai kemungkinan karsinogenik (penyebab kanker),” kata rekan penulis Shobhan Gaddameedhi, seorang profesor Departemen Ilmu Biologi dan Pusat Kesehatan Manusia dan Lingkungan North Carolina State University.

"Namun, masih belum jelas mengapa kerja shift malam meningkatkan risiko kanker, yang ingin diatasi oleh penelitian kami."

Sebagai bagian dari kemitraan antara WSU Sleep and Performance Research Center dan Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) Departemen Energi AS, Gaddameedhi dan ilmuwan lainnya bekerja dengan pakar bioinformatika di PNNL untuk mempelajari potensi masalah pada jam biologis tubuh.

Jam biologis tubuh atau sirkadian merupakan mekanisme bawaan yang membuat manusia tetap dalam siklus siang dan malam selama 24 jam.

Meskipun ada jam biologis sentral di otak, hampir setiap sel dalam tubuh juga memiliki jam bawaannya sendiri.  Jam seluler ini melibatkan gen yang dikenal sebagai gen jam yang ekspresinya berirama, yang berarti tingkat aktivitasnya bervariasi dengan waktu siang atau malam.

Para peneliti berhipotesis bahwa ekspresi gen yang terkait dengan kanker mungkin berirama juga, dan kerja shift malam mungkin mengganggu ritme gen-gen ini.

Untuk mengujinya, mereka melakukan eksperimen simulasi kerja shift yang melibatkan 14 peserta yang menghabiskan tujuh hari dalam laboratorium tidur di WSU Health Sciences Spokane. Separuh dari mereka menyelesaikan simulasi jadwal shift malam selama tiga hari, sedangkan setengah lainnya berada pada jadwal shift hari simulasi tiga hari.

Setelah menyelesaikan giliran kerja yang disimulasikan, semua peserta dipertahankan dalam protokol rutin yang konstan yang digunakan untuk mempelajari ritme biologis yang dibuat secara internal oleh manusia, terlepas dari pengaruh eksternal apa pun.

Sebagai bagian dari protokol, mereka tetap terjaga selama 24 jam dalam posisi setengah bersandar di bawah paparan cahaya dan suhu ruangan yang konstan dan diberi makanan ringan yang sama setiap jam. Setiap tiga jam sampel darah diambil.

Analisis sel darah putih yang diambil dari sampel darah menunjukkan bahwa banyak ritme gen terkait kanker berbeda pada kondisi shift malam dibanding dengan kondisi shift siang. Khususnya gen yang terkait dengan perbaikan DNA yang menunjukkan ritme berbeda pada kondisi shift siang kehilangan ritme mereka dalam kondisi shift malam.

Kerusakan DNA terlihat pada pekerja shift malam

Para peneliti kemudian melihat apa konsekuensi dari perubahan ekspresi gen terkait kanker. Mereka menemukan bahwa sel darah putih yang diisolasi darah peserta shift malam menunjukkan lebih banyak bukti kerusakan DNA dibanding dengan partisipan shift siang.

Terlebih lagi, setelah para peneliti memaparkan sel darah putih yang terisolasi ke radiasi pengion pada dua waktu berbeda dalam sehari, sel yang dipancarkan di malam hari menunjukkan peningkatan kerusakan DNA pada kondisi shift malam dibandingkan dengan kondisi shift siang.

Artinya, sel darah putih dari peserta shift malam lebih rentan mengalami kerusakan eksternal akibat radiasi, faktor risiko yang diketahui untuk kerusakan DNA dan kanker.

"Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa jadwal shift malam membuang waktu ekspresi gen terkait kanker dengan cara yang mengurangi efektivitas proses perbaikan DNA tubuh saat paling dibutuhkan," kata rekan penulis Jason McDermott, seorang ilmuwan komputasi dari Divisi Ilmu Biologi Laboratorium Nasional Pacific Northwest.

Langkah para peneliti selanjutnya adalah melakukan eksperimen yang sama dengan pekerja shift di dunia nyata yang telah secara konsisten bekerja pada shift siang atau malam selama bertahun-tahun untuk menentukan apakah pada pekerja malam, kerusakan DNA yang belum diperbaiki menumpuk dari waktu ke waktu, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko kanker.

Jika apa yang terjadi pada pekerja shift dunia nyata konsisten dengan temuan saat ini, pekerjaan ini pada akhirnya dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pencegahan dan obat-obatan yang dapat mengatasi kesalahan waktu pada proses perbaikan DNA.

Ini juga bisa menjadi dasar strategi untuk mengoptimalkan waktu terapi kanker sehingga pengobatan diberikan saat efektivitas paling tinggi dan efek samping minimal, prosedur yang disebut kronoterapi yang perlu disesuaikan dengan ritme internal pekerja malam.

"Pekerja shift malam menghadapi kesenjangan kesehatan yang cukup besar, mulai dari peningkatan risiko penyakit metabolik dan kardiovaskular hingga gangguan kesehatan mental dan kanker," kata rekan penulis senior Hans Van Dongen, seorang profesor di WSU Elson S. Floyd College of Medicine dan direktur WSU Sleep and Performance Research Center.

“Sudah saatnya kami menemukan solusi diagnosis dan pengobatan untuk kelompok pekerja esensial yang kurang terlayani ini sehingga komunitas medis dapat mengatasi tantangan kesehatan unik mereka.”

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat