Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kayangan Api

KPU Jatim Targetkan Partisipasi Pemilih Meningkat

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 April 2017 17:00

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menargetkan tingkat pertisipasi pemilih semakin meningkat ke depannya. Hal itu akan terwujud dengan adanya Rumah Pintar Pemilu (RPP) di semua daerah sebagai media edukatif kepada masyarakat.

"Tingkat partisipasi pemilih bisa meningkat se-Jatim (Jawa Timur). Kalau tahun 2015 di Jatim tingkat partisipasi 51 persen sampai 80 persen. Sedangkan target nasional 77,5 persen sekarang ini," kata ketua KPU provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito saat meresmikan RPP Kayangan Api di KPU kabupaten Bojonegoro, Selasa (11/4/2017).

Menurutnya, RPP ini merupakan program nasional se-Indonesia yang dibuat KPU pusat. Setidaknya di Jawa Timur sudah ada sekitar 12  RPP yang sudah diresmikan termasuk diantaranya Trenggalek, Pacitan Mojokerto,  Sidoarjo dan Nganjuk. Sedangkan sekarang inu ada Blitar dan Bojonegoro, serta rencanya besok RPP di KPU Sampang juga akan diresmikan.

"Target triwulan pertama selesai, tapi di Jawa Timur awal April semuanya kemungkinan akan selesai," jelasnya kepada media usai peresmian dan meninjau langsung didalam RPP Kayangan Api.

Ditambahkan, RPP ini menjadi pusat edukasi tentang kepemiluan serta tempat belajar demokrasi dan pemilu. Pasalnya didalamnya ada data-data info pemilu mulai tahun 1955 sampai sekarang ini dan juga modul kurikukum pendidikan politik.

"Tujuan pokok RPP sebagai proses edukasi tentang kepemiluan, demokrasi dan bahan pertanggung jawaban KPU pada masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu perwakilan Bupati Bojonegoro, Tedjo Supono mengharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini masyarakat Bojonegoro mengetahui esensi Pemilu dan paham memilih agar tidak hanya mencoblos saja. [zid/lis]

Tag : program, rpp, pemilu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini