20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Tahap Latihan Olahraga di Bulan Ramadhan

blokbojonegoro.com | Friday, 26 May 2017 07:00

4 Tahap Latihan Olahraga di Bulan Ramadhan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bulan puasa seharusnya tak menjadi halangan untuk tetap melakukan rutinitas olahraga. Bila Anda memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat, maka tak perlu takut letih dan mengganggu ibadah berpuasa.

Menurut National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dr. Alia Basalamah, selama bulan Ramadhan, olahraga di bulan puasa harus dilakukan bertahap.

Di minggu pertama adalah ketahanan stabilitas. Latihan ini untuk memperbaiki postural tubuh, sehingga terbiasa memiliki kontrol gerak yang lebih baik saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Di pekan kedua, Anda bisa melakukan adaptasi otot yang berguna untuk membangun dan ketahanan otot agar bisa tetap aktif melakukan latihan fisik. Di pekan ketiga, Anda bisa total melakukan body tension untuk menjaga dan meningkatkan koordinasi tubuh melalui gerakan tubuh yang bergerak ke segala arah.

Di minggu terakhir adalah aktivasi otot inti. Intensitas latihan pada minggu ini akan berkurang dan difokuskan untuk menguatkan otot inti.

"Latihan untuk empat tahapan ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja. Apabila membutuhkan alat, maka bisa ditemukan dengan mudah, tak perlu ke tempat fitness. Misalnya di tangga kantor," kata Alia dalam acara temu media di Fitness First Platinum mal Senayan City, Jakarta Selasa (23/5/2017).

Bila ingin menggunakan beban di tangan, kita bisa memanfaatkan botol yang berisi air atau pasir. Selain itu, Anda tak perlu pusing untuk mencari matras, cukup dilakukan di karpet.

Ke-4 tahapan latihan ini merupakan bagian dari Blisfully Fit For Ramadhan dan Fitness First Indonesia. Anda bisa lebih mengeksplorasi berbagai jenis latihan serta tips berolahraga selama bulan puasa dengan mengunduh aplikasi CustomFit di iOS atau Android seharga Rp 15.000.

Kompas Lifestyle berkesempatan mengikuti sesi workout untuk ramadhan dari Fitness First Indonesia. Ada 10 gerakan yang dilakukan, antara lain reverse step with arm drive,  dumbell squat with press, hingga push-up to plank row. Seluruh gerakan itu juga terdapat dalam aplikasi CustomFit.

Gerakan-gerakan tersebut memiliki tingkat intensitas berbeda. Gerakan dengan intensitas paling tinggi adalah dumbell squat with press. Dalam gerakan ini, kita membawa beban di kedua tangan, kemudian di pegang sejajar bahu. Perlahan, tekuk lutut sampai posisi setengah duduk, lalu kembali ke posisi berdiri sambil mengangkat beban ke atas. Lakukan beberapa kali.

Dijelaskan oleh Trainer Fitness First, Cisco, secara keseluruhan ke-10 gerakan tersebut memiliki intensitas ringan ke sedang, sehingga cocok untuk jenis olahraga saat bulan puasa.

Sumber: www.kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat