15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Sun, 26 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Santri Nasional 22 Oktober

Refleksi, Saatnya Santri Perbanyak Literasi

blokbojonegoro.com | Sunday, 22 October 2017 09:00

Refleksi, Saatnya Santri Perbanyak Literasi

Pengirim: Diki Alamzyah
 
blokBojonegoro.com - Sabtu malam, (21/10/3017), Pimpinan Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Giri Bojonegoro mengadakan "Refleksi Hari Santri" di Pondok Pesantren (PONPES) Al-Ubaidillah, Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas.
 
Dengan mengambil tema "Santri Pergerakan menjadi Aktivis Sosial dengan Spiritual yang Tinggi" kegiatan dilakukan dengan menonton bareng dan bedah film " SANG KIAI" menghadirkan pembedah Agus Sholahudin, S.Pd.I., M.H.I.
 
Dalam pelaksananannya Rohman Huda selaku Ketua 3 Bidang Keagamaan PK PMII menjelaskan acara ini baru di konsep tiga hari, namun Alhamdulillah acara berjalan lancar dan dihadiri 39 sahabat/i.
 
"Bahwa saatnya kader pergerakan menjadi garda terdepan mengawal Kyai dan Ulama' Nahdlatul Ulama (NU)dan kita merenengi apa kita masih dalam jalur yang lurus atau belum," harapnya.
 
Sedangkan Ketua PK PMII Sunan Giri Bojonegoro, Siti Ainur Rodhiyah dalam sambutannya berharap  mahasiswa pergerakan harus memiliki spiritual yang tinggi dan juga harus peka terhadap isu-isu sosial dan mengawalnya.
 
Peran santri itu sangat berpengaruh pada Negara ini " Santri kui kudu ngerteni lan ngajeni marang kiai" (Santri itu harus mengerti dan menghormati Kiai)," ungkap wanita semester VII jurusan PAI ini.
 
Sementara itu K. Agus Sholahudin, S.Pd.I, M.H.I selaku Narasumber dan pembedah film "SANG KIAI" menjelaskan pentingnya peran santri dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebenarnya santri sudah terlibat aktif mengawal kemerdekaan, contoh kecilnya syair "Syubanul Whaton" karya KH. Abdul Wahab Hasbulloh pada tahun 1937 M.
 
"Santri harus melek dalam geo politik dan geo ekonomi Nasional dan jangan mudah terprovokasi dalam bentuk propaganda-propaganda," imbuhnya.
 
Hal itu bisa dilakukan jika santri tidak terlalu mudah termakan isu dan memperbanyak literasi. "Artinya kita harus perjuangkan konsep nasionalisme, wawasan kebangsaan, dan peta geo politik dan geo ekonomi," pesannya. [lis]

Tag : Hari santri, indonesia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat