18:00 . Tanah Samping Kali Avour Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terendam   |   18:00 . Video Tanggul Sungai di Kanor Jebol   |   17:00 . Inilah Juara Turnamen Bulu Tangkis Piala Bupati Ormada Bojonegoro   |   16:00 . Tanggul Jebol, Beberapa Desa di Kanor Terkena Dampak   |   15:00 . Dinpora Berharap Mahasiswa Bojonegoro Lebih Mencintai Daerah   |   14:00 . Tanggul Penahan Kali Avour di Kanor Jebol   |   13:00 . Kemendag Lepas Ekspor Produk Unggulan Desa dari NTB Senilai Rp700 Juta   |   12:00 . Tren Turun, Bengawan Solo Masih Siaga II   |   11:00 . Selamat Jalan Mbah Yai Imam, Husnul Khotimah   |   10:00 . Reses Masa Sidang 1 Politis Fraksi Garuda DPRD Bojonegoro Dengarkan Keluhan Warga Kanor   |   09:00 . Tandatangani Pakta Integritas, Dinsos Siap Wujudkan Pelayanan Terbaik   |   08:00 . Tanggul Bengawan Solo di Kanor Ambruk   |   07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

blokbojonegoro.com | Thursday, 23 November 2017 07:00

6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Nyamuk jadi musuh manusia. Tidak hanya gigitannya yang membuat kulit jadi bentol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti DBD (demam berdarah dengue) dan malaria.

Untuk mengusirnya, orang seringkali mengunakan obat berbahan kimia yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, mengapa Anda tidak mencoba alternatif lain untuk menggunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah?

Ternyata ada beragam tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk. Apa saja? Berikut ini tanaman-tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk di rumah Anda.

1. Serai wangi                                                                     

Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangiy-studio Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangi
Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lemon balm

Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat invasif, atau memiliki pertumbuhan yang cepat.

3. Lavender

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan tanaman bunga lavender di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

4. Catnip

Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang sering digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Setelah kontak dengan tanaman ini, kucing Anda mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku yang semakin aktif. Namun, hal ini tidak berlaku bagi nyamuk. Pasalnya, catnip merupakan tumbuhan yang sangat ditakuti nyamuk.
Penelitian menundapati bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide), yaitu unsur kimia yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan.  

Tanaman ini bisa tumbuh tinggi, jadi jika Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya tanamlah di area yang tidak akan menghalangi pandangan.

5. Bawang putih

Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah. Agar tidak terlalu beraroma menyengat Anda bisa menambahkan minyak esensial lavender atau lainnya sesuai dengan selera.

6. Geranium

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.
Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.


Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/22/182647020/
6-tanaman-pengusir-nyamuk-yang-bisa-ditanam-di-rumah

Tag : tanaman, usir, nyamuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat