08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |   16:00 . Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Akan Gugat KPU Bojonegoro   |   15:00 . KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal   |   14:00 . TP PKK Sarangan Gelar Pelatihan Racik Ramuan Toga   |   12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |  
Mon, 20 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lintas Agama Gelar Doa Bersama di Gereja Santo Paulus

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 May 2018 22:00

Lintas Agama Gelar Doa Bersama di Gereja Santo Paulus

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sekitar 100-an lebih masyarakat Kabupaten Bojonegoro dari berbagai agama baik Islam, Kristen, Konghucu dan Budha menggelar jagongan dan doa bersama atas peristiwa teror yang terjadi di 3 gereja di Surabaya, Polrestabes Surabaya dan Polda Riau. Aksi jagongan dan doa bersama ini digelar di halaman Gereja Santo Paulus, Minggu (20/5/2018) malam.

Ketua pelaksana, Iwan Sukmono mengatakan, aksi yang digelar ini bertujuan untuk mendoakan para korban teror yang sempat mengguncang beberapa daerah di Indonesia. Serta menyampaikan rasa duka kepada korban, baik korban meninggal, luka, korban materiel maupun korban lainnya.

"Kita juga sampaikan bahwa masyarakat Indonesia, khusus Bojonegoro masih memegang nilai toleransi bersama dan semakin solid untuk menjaga sesama," terang pria yang juga sebagai pendeta tersebut.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan yang lebih penting bukan terletak pada musibah pengeboman yang telah berlalu. Melainkan, bagaimana membangun rasa solidaritas mulai dari nol lagi dan semakin mempererat tali persaudaraan. Sebab, sejujurnya, lanjut Pendeta Iwan, masih ada umat non muslim yang masih trauma jika bertemu dengan orang yang memakai cadar.

Akan tetapi, rasa trauma tersebut sedikit demi sedikit sudah mulai hilang lantaran dukungan moril yang diberikan oleh masyarakat Bojonegoro, khususnya Gusdurian Bojonegoro yang memberikan sebuah suntikan semangat maupun kepercayaan. Bahkan, Gusdurian Bojonegoro juga pernah menawarkan aksi dan doa bersama setelah 3 gereja di Surabaya menjadi target bom.

"Saya mengapresiasi dan sangat salut sekali kepada mereka, padahal kami yang kena musibah, malah mereka yang ngotot mau membuat aksi pengecaman kepada para teroris," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, perwakilan dari Gusdurian Bojonegoro, Su'udin Aziz menambahkan, bahwa sebagian besar pelaku pengeboman memang berasal dari umat islam. Sehingga dengan adanya peristiwa itu ia mewakili dari umat muslim meminta maaf kepada seluruh umat dan seluruh masyarakat Indonesia.

Namun, sekali lagi dirinya menegaskan bahwa di dalam ajaran Islam sendiri sejatinya tidak ada ajaran untuk melakukan peneroran maupun merugikan orang lain ataupun tidak membenarkan berjihad dengan cara kekerasan.

"Kami minta maaf yang sebesar besarnya atas kejadian tersebut dan kedepannya ayo kita bagun lagi agar kejadian serupa tidak terulang," tutup pria yang juga sebagai dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Bojonegoro ini. [din/mu]

Tag : doa bersama



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat