22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jerawat Muncul di Usia Dewasa, Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

blokbojonegoro.com | Monday, 02 July 2018 07:00

Jerawat Muncul di Usia Dewasa, Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Seiring bertambah usia, kulit wajah kian berisiko, salah satunya dengan kemunculan jerawat di usia dewasa. Kondisi yang sering disebut sebagai jerawat dewasa itu, menurut ahli tata rias Boardroom Salon for Men, Lauren Rachel, terjadi karena banyak faktor.

Pada beberapa orang, faktor penyebab jerawat bersifat inheren, di mana bisa disebabkan jenis kulit yang sudah ada sejak lahir. Akar jerawat bisa sesederhana karena kulit sensitif, berminyak, kering, atau cenderung berjerawat.

Dan, hal ini tidak bisa berubah seiring bertambah usia. Di sisi lain, masih terdapat beragam cara untuk mengatasi jerawat dewasa.

Menurut Rachel, cara-cara tersebut bisa didapat dengan penggunaan produk yang tepat, serta beberapa perubahan kecil dari kebiasaan sehari-hari. Sebab, beberapa kebiasaan kecil, seperti menyentuh wajah atau tidak mengganti seprai juga bisa menyebabkan jerawat di usia dewasa.

"Jika tangan menyentuh minyak atau kuman, kemudian diletakkan pada wajah, maka dapat menyebabkan pori-pori tersumbat hingga muncul jerawat," kata Rachel. 

Dia menyarankan untuk rutin mencuci tangan, terutama jika sering mendekatkan ke kulit. Mencukur dengan cara yang salah atau menggunakan alat yang salah juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat atau masalah seperti jerawat.

Oleh karena itu, Rachel menyarankan agar menghindari multi-blade razor atau pisau cukur manual, dan menggantinya dengan pencukur listrik. Sebab, pisau cukur manual dapat menyebabkan penumpukan, kotoran, dan kuman, yang semuanya bisa menyebabkan jerawat. Selain itu, kulit perlu terhidrasi.

Kulit, kata dia, membutuhkan kelembapan. Hindari terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol karena bisa membuat kulit kering. Jerawat yang dialami mungkin juga disertai dengan kemerahan. Penyebab kulit semacam ini karena ada kesalahan di kamar mandi.

"Air panas atau dingin dapat menyebabkan kapiler pecah dan karena itu menyebabkan kemerahan," kata Rachel. Terakhir, pastikan untuk tidur cukup.

Apakah olahraga menyebabkan jerawat dewasa?

Saat terlalu keras berolahraga, kita tak jarang mendapati jerawat dan sedikit keras. Hal ini tak lepas dari keringat yang keluar dapat memperparah masalah tersebut. 

Salah satu solusinya adalah memilih pakaian tepat.

"Pakaian berperan mengontrol keringat yang memengaruhi kulit," kata Rachel.

Pilih kain yang breathable seperti katun, dan hindari produk ketat yang tidak memungkinkan kulit bernafas, dan dapat menyebabkan jerawat di dada atau punggung.

Setelah olahraga, jangan lupa untuk mandi dan bersihkan tubuh sebelum kenakan pakaian lagi.

Menggunakan sikat panjang untuk menggosok punggung saat mandi dapat bermanfaat untuk membersihkan jerawat tubuh.

Menggosok daerah-daerah yang sulit dijangkau membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Saat ingin tidur, pastikan seprai rutin diganti, karena seprai yang tidak bersih dapat menyimpan bakteri yang menyebabkan jerawat di dada, punggung, dan lengan.

Mengatasi jerawat


Setelah memastikan rutinitas sehari-hari sudah ramah kulit, maka berlanjut melakukan aktivitas sederhana lain yang hanya membutuhkan waktu sebentar.

Aktivitas yang juga harus dirutinkan ini terdiri dari beberapa langkah dasar:

1. Membersihkan 

Ada baiknya memulai pagi dan mengakihiri malam dengan pembersih yang berkualitas.  Bukan membersihkan dengan air atau sabun biasa, ya.

Pilih pembersih yang cukup kuat untuk membersihkan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan menyingkirkan semua penumpukan. Oleskan ke wajah kemudian bilas degan air hangat.

2. Toner

Setiap pagi dan malam setelah membersihkan wajah, gunakanlah toner untuk membersihkan secara mendalam kotoran di bawah permukaan.

Basahi kapas dengan toner, gosokkan di wajah dan leher, dan biarkan kering untuk membersihkan pori-pori lebih dalam.

3. Melembapkan


Setelah membersihkan dan menggunakan toner, kulit mungkin terasa kering. Nah, sangat penting untuk melembapkan setiap pagi dan malam untuk menjaga agar kulit tidak bersisik atau haus. Kulit kering bisa menyebabkan jerawat.

4. Eksfoliasi


Rachel mengatakan pria minimal ekfosiliasi dua kali dalam seminggu, dan lebih baik digunakan sebelum bercukur. Disarankan untuk mengaplikasikan scrub ke wajah basah.

Perlu diingat, jangan menggosok terlalu keras.  Eksfoliasi dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat