20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ayo Beso Bareng

Beso Bareng, Fokus untuk Regenerasi Anak Muda Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 September 2018 22:00

Beso Bareng, Fokus untuk Regenerasi Anak Muda Bojonegoro

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Minimnya kesukaan generasi muda pada budaya Indonesia tidak hanya disebabkan karena intervensi budaya luar. Kurangnya perhatian generasi muda juga diakibatkan mereka tidak dikenalkan dengan budayanya sendiri.

Melihat hal tersebut, membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro menjadi khawatir, sebab jika terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan budaya yang ada di Indonesia ataupun di Bojonegoro bakal semakin asing di telinga masyarakat, dan bahkan malah bisa hilang pada tahun-tahun mendatang.

Oleh karena itu, Disbudpar menggelar Pagelaran Tayub yang di Pendopo Malowopati Bojonegoro, Sabtu (29/9/2018) malam.

Acara yang dikuti oleh 29 waranggono dan empat pangrawit dari Bojonegoro ini, dikemas dalam rangkaian beso bareng bertajuk "Ayo Beso Bareng Waranggono sak Kabupaten" (ayo menari bersama waranggono se kabupaten).

"Sebenarnya ada 30 Waranggono yang akan tampil, tetapi yang satu tidak bisa ikut dan tadi bilang izin," terang Kepala Dispudpar Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid.

Selain dihadiri oleh Bupati Bojonegoro baru, DR. Hj. Anna Mu'awannah, juga turut hadir puluhan anak sekolah dari SMA yang ada di Kota Ledre. Pasalnya, Waranggono Tayub sendiri sebenarnya ditujukan atau diperkenalkan kepada anak muda sebagai regenerasi kedepannya.

"Biasanya Tayub itu dilaksanakan pada tengah malam, sehingga sedikit pemuda yang melihatnya. Sehingga, kami mengadakan tidak larut malam, dan juga mengundang anak sekolah, sehingga mereka bisa melihat dan mengetahui bahwa tayub itu seperti ini," lanjut Amir Syahid kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, kesenian Tayub sendiri di Kabupaten Bojonegoro bisa dikatakan sangat membutuhkan regenerasi. Sebab, dalam acara ini usia dari Waranggono sangat jauh terpaut dengan pemuda yaitu 22 tahun dan yang tua berusi 55 tahun.

"Saya berharap dengan acara ini banyak pemuda yang tertarik dengan kesenian tayub dan berharap kepada pemuda juga ikut menghidupkannya," tutup Amir. [din/mu]

tayub2

Tag : waranggono, tayub



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat