Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

341 Pusaka akan Dipamerkan pada Festival Pusaka Nusantara

blokbojonegoro.com | Thursday, 15 November 2018 10:00

341 Pusaka akan Dipamerkan pada Festival Pusaka Nusantara

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Ratusan benda pusaka nusantara akan dipamerkan pada Festival Pusaka Nusantara 2018 di Pendopo Malowopati Kabupaten Bojonegoro dan Kahyangan Api pada 16 sampai 18 November ini. Pameran benda pusaka ini termasuk dalam rentetan acara Hari Jadi Bojonegoro yang ke 341, sehingga jumlah benda pusaka yang ditampilkan juga sama dengan jumlah tahun HJB.

"Jumlahnya mencapai 341 lebih pusaka, mulai keris, pedang, tombak maupun kujang ada di Pendopo Malowopati dan akan ditutup di Sumur Blekutuk, di Kahyangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem," ungkap Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid.

Menurutnya, aneka pusaka yang dipamerkan merupakan peninggalan dari berbagai masa, mulai dari zaman kerajaan hingga pusaka yang dibuat pada masa setelah Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pusaka yang akan dipamerkan berasal dari berbagai daerah di Tanah Air, yang merupakan koleksi komunitas Senapati Nusantara," lanjutnya.

Selain itu, seluruh desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 430 desa atau kelurahan, juga akan ikut memaerkan benda pusaka yang dimiliki dengan ketentuan masing-masing desa atau kelurahan membawa satu benda pusaka.

Selain dalam rangka memperingati HJB, kegiatan pameran pusaka tersebut, juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat maupun pelajar terhadap sejarah maupun perkembangan benda-benda pusaka yang ada di Indonesia dari masa ke masa. 

Sebab, lanjut Amir pengenalan tersebut penting dilakukan agar generasi penerus bangsa mengetahui dan mau melestarikan warisan leluhur yang memiliki nilai seni maupun sejarah yang tinggi, serta juga telah diakui Unesco sebagai warisan dunia.

"Kita juga berharap festival tersebut juga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung di wisata Bojonegoro, sebab untuk jamasan pusaka akan dilakukan di Kahyangan Api," pungkasnya.[din/lis]

Tag : pusaka, festival



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini