18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Hujan Punya Cerita tentang Kita

blokbojonegoro.com | Saturday, 17 November 2018 06:00

Hujan Punya Cerita tentang Kita

Peresensi: Puput Kumala

Novel “Hujan Punya Cerita tentang Kita” ini adalah karya ketiga Yoana Dianika. Yang lahir pada tanggal 18 Januari. Yoana Dianika adalah anak kedua dari tida bersaudara. Dia pernah mengenyam pendidikan Sastra Jepang di Universitas Airlangga Surabaya. Seperti halnya orang-orang umum. Yoana Dianika juga seorang dreamer yang mempunyai banyak sekali keinginan yang ingin dicapainya. Salah satu adalah ingin menjadi seorang penulis. Yoana Dianika suka berekspresi lewat tulisan, mencatat apapun hal yang dihasilkan alam bawah sadarnya kedalam tulisan dan diubahnya menjadi sebuah karangan yang menarik. Yoana Dianika menyukai seni dan suatu hal yang berhubungan dengan foto candid. Dia juga suka memberikan nama-nama pada benda-benda kesayangannya. Dia paling tidak suka dengan minum kopi.

Kisah ini bermula ketika disebuah Universitas di Surabaya mengadakan KKN di Bojonegoro, Dander. Dalam kelompok KKN setiap kelompok beranggotakan mahasiswa dengan jurusan yang berbeda-beda. Kinanthi yang kerab dipanggil Kie adalah salah satu anggota di kelompok 5 yang merasa asing dengan kelompok KKN nya. Untung saja ada Krisanti yang satu jurusan dengannya dan menjadi satu kelompok bersamanya. Walaupun tidak teman dekat, setidaknya ada yang dia kenal di kelompoknya. 

Krisan yang memiliki darah campuran turki dengan paras cantiknya yang membuat dirinya menjadi model dimajalah-majalah saat itu. Krisan memiliki sahabat sejak kecil bernama Rangga. Laki-laki yang hobi backpacking dan fotografer itu dan juga pecinta hujan. Rangga juga menjadi salah satu anggota kelompok 5. Satu kelompok dengan Krisan dan Kie. 

Sejak berkumpul untuk brifing KKN di aula kampus, untuk pertama kali Rangga melihat Kie yang diperkenalkan oleh Krisan. Penampilan Kie yang sederhana namun anggun membuat Rangga tertegun dan terpukau. Brifing kali ini ditujukan agar saling mengenal antar anggota dan menyusun program kerja untuk KKN nanti. 

Saat pemberangkatan menuju Bojonegoro, di dalam bus. Sesekali Rangga mengambil foto candid Kie dengan menuangkan setiap perasaan Rangga. Menurutnya, setiap foto yang diambil dengan perasaan maka foto yang dihasilkan akan bagus dan serasa bisa hidup, menggambarkan perasaan sang fotografer. 

Sesampainya di Bojonegoro. Para KKN disambut hangat di Pendopo. Setelah pidato sambutan di Pendopo Bojonegoro, kini mereka harus berangkat ke desa yang dituju, Dander. Saat menuju Dander, Rangga menawari Kie untuk berboncengan dengannya, sedangkan Krisan yang melihatnya merasa ada sesuatu antara Rangga dan Kie. 

Disela-sela menjalankan progam kerja KKN, Kie mencoba mengenal satu sama lain. Memang susah, pasalnya Kie memang orang yang pendiam dan tidak ingin tahu urusan orang lain. Tidak sengaja waktu menjalankan program kerja, Kie bersama dengan Azar. Entah mengapa Kie marasa nyaman dan enjoy dengan Azar. Kie memutar otaknya untuk mengingat-ingat sosok Azar, apakah dia pernah bertemu dengannya Azar sebelumnya. Walaupun seperti baru bertemu, membuat Kie nyaman dengan Azar. 

Disetiap kesempatan lain Rangga selalu mencoba mendekati Kie. Suatu siang setelah mengajar anak-anak SD, Rangga dan Kie menunggu motor Rangga yang dipinjam Azar kembali. Mendung semakin gelap dan sebentar lagi akan turun hujan. Kie sangat takut dengan hujan. Saat itulah Rangga mengetahui sisi lain dari Kie. Selama empat minggu menjalankan KKN di Bojonegoro, Rangga menjadi lebih dekat dengan Kie begitupun dengan Azar yang memang tidak sengaja selalu bersama dengan Kie. 

Krisan menyadari perasaan Rangga terhadap Kie. Krisan tidak rela melihat Rangga bersama dengan Kie. Rangga adalah sahabat kecilnya hingga menjadi orang yang dicintainya. Rangga lah yang mengetahui seluk-beluk latar belakang Krisan. Dari Krisan yang hanya menjadi anak dari hubungan gelap ibunya dengan orang lain yang sudah beristri. Dan tragedi naas yang menimpa Krisan waktu SMA yang diperkosa bebarapa orang mabuk. Setelah KKN berakhir semua orang kembali ke kegiatan kuliah semula. Tak jarang Rangga menghampiri Kie yang gedung kelasnya berdekatan dengan gedung kelas Rangga. 

Suatu hari Kie diajak mama nya untuk ke Bali untuk reuni dengan teman-teman mamanya. Saat direuni, Kie lebih memilih menjauh, Dia tidak suka keramaian. Kie berjalan ditepian pantai sampai dia berhenti dibawah pohon kelapa. Sebuah panggilan dari Rangga tersambung, dengan senang hati Kie mengangkat panggilan tersebut. Rangga tidak pernah absen melaporkan cuaca didaerahnya pada Kie. Rangga pulang ke Yogya dan dia selalu memberikan laporan jika cuaca hujan. Karena dia suka hujan. 

Setelah menutup panggilan, tak disangka hujan turun. Entah dari mana Azar datang dan memeluk Kie yang ketakutan karena hujan dengan kilatan petir yang menyambar-nyambar ditengah lautan. Azar menenangkan Kie dan mengantarkannya pulang kerumah Kie. Sesampainya disana, Azar mendapati mamanya dan mama Kie sedang bersama. Ternyata mama Azar dan mama Kie adalah teman dalam berbisnis mereka. 

Sepulang dari Bali, Rangga mengadakan Reuni untuk anggota KKN di Yogya. Seluruh anggota diharuskan datang. Sedangkan Azar hendak mengajak Kie bareng ke Yogya. Azar sudah meminta izin dari Rangga. Walaupun sebenarnya mereka berdua delum menjalin hubungan yang resmi. Setelah dari Reuni tersebut barulah Kie menjadi pasangan Rangga, dan hal itu menjadi topik hangat di antara anggota KKN yang dulu ikut di Bojonegoro.

Rangga hanya memiliki ayah dan ibunya sudah meninggal. Sedangkan Kie hanya memiliki ibu dan ayahnya sudah meninggal. Orang yang tahu ayahnya sudah meninggal adalah Azar, dia tidak sengaja berbicara pada Azar waktu KKN. Karea dia terlalu nyaman berbincang dengan Azar. Tak disangka mama Kie dan ayah Rangga memiliki hubungan spesial, dan mereka ingin menikah. Hal itulah yang membuat hati dan perasaan Rangga dan juga Kie sangat hancur. Jalinan cinta yang tulus itu harus berakhir dengan sebatas adik dan kakak. 

Kie dijodohkan dengan Azar. Sedangkan perasannya masih seutuhnya untuk Rangga. Tetapi Kie juga ingin melupakan perasaannya terhadap Rangga yang sekarang menjadi kakak tirinya. Hati Rangga serasa hancur mendengar Kie menerima perjodohannya dengan Azar. Sehari sebelum hari pertunangan Kie dengan azar. Kie membuktikan cintanya yang begitu besar dengan Rangga. Suatu hubungan terlarang di malam yang hujan. Sesuatu yang akan menjadi rahasia besar bagi Rangga dan juga Kie.

Setelah Kie dan Azar menikah, akhirnya mereka memiliki anak bernama Kelvin. Rangga sangat menyayangi Kelvin. Karena Kevin adalah rahasia terbesar bagi Rangga dan Kie atas kisah cinta mereka. Seharusnya Rangalah yang dipanggil “Papa” oleh Kelvin, bukan Azar. Namun takdir tidak bsia dirubah. Hubungannya hanya menjadi paman Kelvin untuk saat ini dan selamanya. Sekaligus menjadi saudara Kinanthi.

Novel ini sangat menarik karena penulis mampu mengajak pembaca berimajinasi mengenai karangannya. Penggambaran latar yang jelas dan menggunakan alur mundur. Pengemasan buku yang bagus dan menarik. Buku ini layak dibaca kalangan remaja yang sedang jatuh cinta maupun yang sedang patah hati. Penggunaan bahasa yang ringan sehinga mudah dipahami. Namun, banyak penggunaan kalimat yang panjang dengan inti yang sedikit serta banyak penulisan yang rancu maknanya sehingga membuat pembaca bingung. 

 

 

Identitas Buku

Judul Buku : Hujan Punya Cerita Tentang Kita

Pengarang : Yoana Dianika

Penyunting : Widyawati Oktavia

Penerbit : Bukune

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Cetakan : Cetakan Pertama

Ukaran Dimensi : 13x19 cm

Tebal Buku : vi+278 Halaman

ISBN : 602-220-041-5

 

Tag : blok buku, resensi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat